8 HAL PENTING yang membedakan JAM TANGAN ‼️

by Timeindo Indonesia on 27 November 2019

HALOO BROO

Hari ini gua coba lagi ke topic yang rigan, yang belakangan ini yang lumayan mengganggu gua karena banyak sekali orang yang nanya dan bingung bagaimana membedakan jam tangan ada yang murah, ada yang mahal, ada yang konsepnya simple, ada yang ribet, ada merk yang terkenal, dan ada yang tidak nahh makanya di pembahasan kali ini gua mau coba cover hal hal tersebut yang bakal gua bahas adlah perbedaan jam tangan dilihat dari beberapa resprektif atau sudut pandang, dan tujuan gua adalah biar kalian bisa lebih apple to apple kalau ngabandingin jam tangan yang kalian mau karena gua sering banget dapet pertanyaan “bro, alexander christie sama Seiko skx bagusan mana??” nahh ini lahh yang mengganggu gua. Karena ini bukan apple to apple untuk dibandingin untuk menilai sebuah jam tangan dibandingkan dengan jam tangan yang lain gua harus membagi beberapa kriteria yang bisa jadikan acuan sebelum kalian bandingin.

Oke langsung aja gua mulai dari yang pertama

1. Dari sudut pandang jumlah produksi.

Kalau menurut gua ada dua jenis jam tangan merk apapun kalau dilihat dari sudut pandang ini yang pertama adalah jam tangan yang diproduksi secara masal artinya jam tangan ini diproduksi sekaligus dalam jumlah bayak, banyak contohnya jam tangan yang terdapat saat ini yang diproduksi secara masal nahh contohnya : Daniel wellington, Alexander Chirstie, atau SKMEI, INVICTA, G-SHOCK kalau kalian perhatiin itu banyak banget modelnya dan sampai bingung karena kebanyakan dan terus diproduksi ulang sampai sekarang, coba aja kalian iseng browsing di google ketik nama merk jam yang tadi gua sebutin.

Lalu yang kedua ada jam tangan yang diproduksi secara terbatas, beberapa model jam tangan dari satu merk tertentu ada yang memang diproduksinya terbatas contohnya : jam tangan microbrand jumlahnya tidak akan banyak satu model atau varian paling Cuma 300 sampai dengan 500pcs aja, abis itu mereka buat lagi model yang baru, dan ada juga yang limited edition diproduksi lebih terbatas seperti contohnya BOLDR EXPEDITION LE INDONESIA yang Cuma dibuat 49 pcs dan dikasih nomor urut dibagian belakangnya.

 

2. Dari sudut pandang metode produksi.

Ada yang distribusinya masal, artinya mereka tidak menunjuk satu agen ekslusif tidak boleh lagi dijual dichannel lain melainkan mereka bebas mendistibusikan secara masal disemua negara, disemua marketplace apapun contohnya adalah merk besar seperti SEIKO, CASIO, CITIZEN, ORIENT dll coba kalian cek di web web marketplace lainnya pasti banyak sekali yang keluar dan dapat diproduksi disitu.

 

3. Dari sudut pandang pemilik merk.

Ada yang dimiliki oleh perusahaan besar dalam skla besar atau sebuah group perusahaan contoh SEIKO EPSON & SEIKO HOLDINGS, SWATCH GROUP, RICHMONT GROUP dll tidak Cuma perusahaan merk tertentu yang merk menengah kebawah pun tidak jarang dimiiliki oleh sebuah perusahaan yang besar tidak udah jauh-jauh gua yakin merk SKMEI ini adalah dimiliki oleh perusahaan yang sangat besar dichina atau merk merk yang lain lalu selain itu ada juga jam tangan yang diproduksi oleh per orangan atau perusahaan independent dengan skala kecil contohnya adalah beberapa jam tangan microbrand yang diproduksi oleh perusahaan kecil yang independent atau Cuma perorangan.

 

4. Dari sudut pandang konsep.

Gua bedain jadi dua yang pertama adalah yang high spec dengan spesifikasi yang tinggi bahannya premium, crystallnya sapphire, movementnya swiss, luminousnya bagus dll, biasnya konsep high spec ini diusut oleh model model jam tangan bekonsep tools seperti jam tangan divernya, atau jam tangan pallet dll. Lalu yang kedua adalah yang berkonsep stylish/casual jadi jam tangannya ini memang menggunakan ke passion trend, berkonsep casual tidak mengedepankan spesifikasi yang penting designnya kece, dan menarik secara kualitas ada yang bagus ada juga yang iasa aja bahkan ada yang jelek jam seperti ini disebut juga fashion watch, casual watch, trendy watch, stylish watch dll.

 

5. Dari sudut pandang metode produksi.

Yang petama adalah traditional watch making yaitu jam tangan yang di produksi secara tradisional memadukan teknologi dan hands crafting biasa di model model luxuryyang terkenal seperti PATEK PHILLIPE, BREGUET dll. Lalu yang kedua ada juga metode produksinya adalah industrial artinya benar benar diproduksi oleh mesin dalam sebuah factory yang besar nahh ini ada kaitannya dengan prdouksi masal juga yang tadi gua bahas, dan yang ketiga ada yang murni handmade atau hand cfrafter nahh ini pembuatannya benar benar total pakai tangan Russia yang dibantu oleh alat alat yang lebih sederhana biasanya jam tangan tradisional ini harganya lebih mahal disbanding jam tangan berproduksi pabrikan dan lebih mahal lagi kalau full handmade.

 

6. Dari sudut pandang inspirasi design.

Yang pertama adalah jam tangan yang mengacu ke design jam tangan masa lalu, yang iconic dan dan tidak asing biasanya ini disebut dengan konsep homages contohnya jam tangan OCEAN X ini terispirasi sama ROLEX DEEPSEA HOMAGES. Yang kedua adalah exlusive design jam tangan apapun dimasalalu untuk yang ini contohnya banyak banget, dan waktu itu banyak yang nanya ke gua “kenapa sihh merk microbrand banyak berkonsep homages?” jawabannya sebenernya simple dengan memilih design yang fantastis dengan model yang terkenal akan membantu penjualan lebih mudah disbanding harus kerja keras maupun perkenalkan design baru yang benar benar baru dan untuk perlu over branding dan market yang luar biasa.

 

7. Dari sudut pandang HOROLOGY

Ada yang punya sejarah Cuma mengaku ke passion dan trend iasanya yang sejarah udah pasti merk terntentu yang udah lama berkecinbung dalam dunia horology untuk jam tangan merk sekarang automatis tidak ada sejarahnya, tapi biasanya mereka menyelipkan cerita dibalik design jam tangan lainnya mengacu ke model iconic masalalu paling engga ada ceritanya lalu ada juga jam tangan yang benar benar lifestyle, fashion, dan trend yang sama sekali tidak punya nilai sejarah dan tidak ada ceritanya dari jam tangan tertentu dan memang begitu konsepnya.

 

8. Dari sudut pandang target pasar.

Ini yang menurut gua yang sangat penting, karena kalian disini harus tau dulu siapa kalian dan jam tangan apa yang disajikan oleh merk merk yang cukup banyak yang berkonsep yang berbeda beda yang cocok buat kalian. Yang pertama adalah jam tangan yang diproduksi untuk para watch and enthusiast jadi para pecinta jam tangan yang benar benar mendalami jam tangan dari dunia horology nahh biasanya model jam tangan yang disajikan untuk orang orang ini adalah jam tangan yang berkonsep, punya cerita, punya sejarah, sepcnya tinggi tidak hanya sekedar merk. Yang kedua adalah jam tangan yang target pasarnya berbasi pendapatan ada yang high-end watches ditargetkan untuk orang orang kelas atas pejabat pejabat yang punya penghasilannya yg besar pengusaha kelas atas yang kadang mereka beli karena gengsi bahkan tidak tau apa apa saol jam tangan ang mereka beli pokoknya harganya mahal dan berkelas, ada juga yang pendapatan yang medium-high/low sepeti misalkan SEIKO,ORIENT, microbrand dll. Yang ketiga adalah target pasarnya professional seperti diver, pilot, pembalam dll untuk yang ini sudah jelas fitur-fiturnya menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. Dan yang keempat adalah jam tangan yang banyak pasarnya adalah newbe/tidak ngerti horology dan faktanya kategori inilah yang paling banyak orang pakai jam tangan dan tidak tau sama sekali tentang dunia perhorologian.

 

Oke broo itu Cuma beberapa contoh saja kalian bisa pilih jam tangan lain dan lakuin seperti gua bahas diatas, segitu aja dulu dari gua semoga pembahasan dari gua bermanfaat buat kalian semua.

 

Untuk pembahasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk 8 HAL PENTING yang membedakan JAM TANGAN ‼️ ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI