MENGENAL ANATOMI JAM TANGAN ‼️ Panduan Buat PEMULA - BEGINNER GUIDE

by Timeindo Indonesia on 25 November 2019

 

HALOO BROO

Hari ini gua kembali lagi back to basic gua tau pesis tidak semua dari kalian itu expert soal jam tangan, gua yakin dari kalian masih banyak yang pemula yang baru mulai mencintai jam tangan dan belajar mendalami jam tangan makanya hari ini gua mau kasih topic yang super ringan topic yang sangat basic yaitu mengenai ANATOMI JAM TANGAN dan juga memahami istilah yang berhubungan dengan bagian-bagian jam tangan tersebut.

Oke langsung ke topic sekarang mari kita bicara anatomi jam tangan khusus untuk para pemula sebenernya bagian utama dari sebuah jam tangan adalah CASE, BEZEL, CROWN, CRYSTAL, DIAL, HANDS, STRAP, dan MOVEMENT nahh setelah itu baru kita bicara lebih detil lagi dibreakdown remaind parts tadi yang gua sebutin jadi part yang lebih detil lagi.

CASE

Case adalah bagian utama jam tangan dimana case sebuah jam tangan ini menjadi tempat buat parts lainnya pada sebuah case jam tangan itu ada bagian yang LUG, LUG adalah tempat strap jam tangan mengikat pada casenya. Selain itu pada sebuah case jam tangan juga ada yang disebut dengan case back yaitu bagian penutup belakang dari sebuah jam tangan yang rata-rata konstruksinya terpisah agar bisa dibuka untuk melihat bagian movementnya atau mempermudah kalau kalian mau service. Caseback sebuah jam tangan pada umumnya ada dua yaitu ada yang DISPLYED dimana kalian bisa melihat bagian bagian parts dalam movementnya.

 

BEZEL

seperti yang gua jelaskan dibeberapa pembahasan gua sebelumnya, bezel itu adalah bagian lingkaran atau ring yang berada disekeliling luar dari crystal jam tangan yang menjadi bagian atas dari case jam tangan dan bezel itu ada yang FIX, ROTATING BEZEL artinya bezel ini bisa diputar satu arah atau dua arah dan biasanya dipakai dijam tangan diver, gmt dll.

 

CROWN

Fungsinya adalah untuk mengoprasikan jam tangan itu sendiri sperti setting waktu, tanggal, atau hari kalau ada fitur harinya atau untuk handwinding kalau jam tangannya automatic, bagian jam tangan yang juga lekat dengan crown adalah Crown Guard sesuai dengan Namanya ini untuk melindungi crownnya.

 

CRYSTAL

Untuk jenis crystal gua udah pernah bahas disebelumnya, selain bahan crystalnya bentuk dan finishing crystalnya juga berbeda beda ada yang FLAT artinya bagian atasnya rata, ada juga yang single domed bagian atasnya doang yang cembung dan bawahnya flat, dan setelah itu ada juga Namanya Double Domed Crystal jadi bagian atasnya cembung dan bagian bawahnya juga cembung. Crystal disebuah jam tangan terutama yang berbahan SAPPHIRE itu biasanya ada yang dilapisi Anti reflective coating yang tujuannya untuk mengurangi pantulan ada satu sisi dari bagian bawah dan ada juga dua sisi yang biasa disebut dengan double anti reflective coating.

 

DIAL & HANDS

Ada beberapa bagian penting yang ada pada di jam tangan yaitu dial, yang pertama adalah hour marker atau biasa disebut dengan hour index atau indices yaitu indicator jam tangan, selanjutnya yang dibagian dialnya yaitu minute market nahh jenis ini ada yang ditaro dial ada juga yang ditaro dibagian lain yaitu yang ada didekat dial yang merupakan keliling luarnya yaitu biasanya disebut skx chapter ring dan biasanya chapter ring ini removable atau bisa dilepas atau diganti seperti yang ada di beberapa jam tangan Seiko atau Orient nahh istilah lain dari bagian dial ini juga disebut dengan yang Namanya REHAUT, ini biasanya FIX tidak bisa diganti atau diremove dan ini intergrated sama casenya.

Lalu dibagian dialnya juga ada jarum jam atau disebut denga hands, nahh ini udah tidak perlu dibahas lagi ada jarum menit, jarum detik, dann ada jarum jam dll. Hands ini jelas fungsinya adalah untuk sebagai penunjuk fitur dari jam tangan tersebut.

 

STRAP

Untuk sebagai awalnya gua harus tunjukin bahwa dibagian strap atau bracelet ini ada bagian yang bernama end link, end link itu pangkal strap yang biasanya berbentuk link yang terpisah yang tugasnya mengikatkan strap atau tali jam tangan kecasenya dan end link ini biasanya ada di tali jam angan berjenis bracelet atau rantai ada yang solid end link artinya padat, dan ada juga hollow end link atau ada rongganya. Nahh sekarang ini tidak Cuma bracelet doangleather strap atau pun rubber strao juga ada yang pakai handling seperti di ROLEX DAYTONA atau dibeberapa jam tangan lain.

 

MOVEMENT

Kemudian adalah inti dari kehidupan pada jam tangan adalah yaitu Movement, yaitu sebuah mekanisme yang memiliki sumber bertenaga atau mampu menciptakan sumber tenaga dari gir gir mekanik maupun elektrik yang membuat jam tangan ini menjadi hidup.

Oke broo segitu dari pembahasan dari gue, semoga pembahasan apa yang gua sampaikan sangat bermanfaat buat kalian.

 

Untuk pembahasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan MENGENAL ANATOMI JAM TANGAN  ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI