Pesona Rolex untuk Ronaldo
Blog

Pesona Rolex untuk Ronaldo

Siapa yang tidak kenal Cristiano Ronaldo, pemain bintang hasil cetakan Sir, Alex Ferguson yang sebelumnya bermain untuk liga inggris Manchester United , dan semakin di kenal setelah dia berkarir di Liga spanyol, dan kini pemain bintang tersebut mendapat gaji yang besar di liga italia yaitu Juventus, pada tahun lalu Ronaldo di sebut sebagai Miliarder sepak bola pertama, tidak heran jika sebagai publik figur Ronaldo sangat mementingkan penampilan terutama di pergelangan tangan, Ronaldo sendiri mengakui menyukai jam tangan Rolex dan sering beberapa kali dia menunjukan jam tangan luxury tersebut di acara yang dia datangi, jam tangan tersebut adalah Rolex GMT Master Ice 116769TBR yang di baluti oleh emas putih 18k dan 30k. dengan harga retail (saat jam tangan pertama kali dirilis) ditetapkan pada $485,350 USD. Atau sekitar 7 miliar.

Jam tangan Rolex GMT-Master Ice meskipun dilapisi berlian, mampu menahan tekanan air hingga 100 meter (330 kaki). terdapat mesin otomatis kaliber 3186 yang dapat berputar sendiri dengan 31 jewels. Meskipun ini adalah movement  otomatis, jam ini mempunyai power reserve hampir  50 jam. Dial memiliki fitur GMT yang memungkinkan pemakainya untuk mengatur dan melihat zona waktu kedua.

Apa yang membuat model Rolex ini begitu menarik secara visual adalah banyaknya berlian yang menghiasi case, brecelet, dial, dan bezel. case dan lug emas putih 18 karat diatur dengan 79 berlian bezelnya, juga terbuat dari emas putih 18 karat, ditata dengan berlian potongan baguette.

Jam tangan ini dilengkapi dengan bracelet Oyster emas putih 18 karat yang serasi, seluruhnya dilapisi berlian.meskipun mewah, arloji ini juga memenuhi standar ketat Rolex, menawarkan fitur-fitur canggih seperti GMT dan waterproff. Jam  ini juga dikenal dengan presisinya, terlepas dari design mewah visualnya. Rolex GMT Master Ice adalah perpaduan yang sangat sempurna antara kemewahan yang luar biasa dan inovasi teknologi.

Terlepas dari itu semua, jam tangan ini adalah jam tangan termahal rolex hingga saat ini, meskipun bukan jam tangan termahal di dunia, yang saat ini masih di pegang oleh Graff Diamonds lainnya yaitu seri Diamonds Hallucination dengan berlian 110k, seharga $55 juta atau sekitar Rp 787 Miliar yang di lanjutkan oleh jam tangan Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 dan dibanderol seharga $31 Juta atau sekitar Rp 449 Miliar. dan jika saya bertanya, jika kalian di berikan kesempatan untuk meminang salah satu jam tangan termahal di dunia apa yang akan anda lakukan?

Rolex Dan Fenomenanya
Blog

Rolex Dan Fenomenanya

Buat sebagian orang jam tangan Rolex overprice dengan harga yang terus melambung untuk sebuah "Barang Bekas", Namun tahukah kalian bahwa sejujurnya harga retail dari jam tangan Rolex untuk sebagian orang mereka yakin dengan harganya yang cukup masuk akal, terus kenapa untuk sebuah barang bekasnya harganya justru “mahal”. Harga retail ROLEX di entry level mulai dari IDR 60 juta, dan IDR 100juta ke atas sampai 200juta untuk seri ROLEX Submariner, GMT dan Daytona Jadi ada variasi yang luas di dalam harga sebuah ROLEX, Tetapi meskipun harganya mahal, jam tangan ini masih sangat laku di kelas Luxury, tentu saja ROLEX bisa sekaligus sebagai investasi karena dalam beberapa tahun Rolex akan mempertahankan nilainya melebihi harga sebuah mobil. 

Apakah ROLEX adalah jam tangan terbaik di dunia? jawabannya tentu tidak, karena banyak Brand lain yang sebetulnya mempunyai kualitas yang sama atau bahkan lebih, bahkan dengan harga pasaran Luxury watch yang lebih masuk akal, kemudian kalau kita tanya apakah jam terbaik di dunia? mungkin pendapat kebanyakan orang akan menjawab ROLEX. Bahkan ROLEX seringkali di jadikan sebagai sebuah lambang dari kesuksesan dan pencapaian, pertanyaan mendasar kenapa harus ROLEX? mungkin karena brand yang satu ini adalah salah satu merek yang paling langsung dikenal di dunia serta menjadi salah satu yang paling dicintai di dunia Luxury. Tetapi mengapa Rolex begitu mahal? Apakah karena branding dan pemasaran mereka yang sangat cerdas atau justru karena faktor fitur dan kualitas jam tangan Rolex yang memberi mereka harga tinggi?

Seperti yang kita ketahui ROLEX adalah jam tangan Luxury yang di kenal di berbagai dunia. terlepas dari nilai historikal ROLEX itu sendiri, meskipun tidak sedikit juga yang membenci brand ini hanya dengan sebuah alasan krusial " Overprice " namun tetap saja ROLEX banyak di cintai oleh orang banyak, terutama para Kolektor yang tidak jarang memanfaatkan Harga ROLEX yang relatif naik sebagai investasi di kemudian hari. 

Mungkin buat sebagian orang adalah hal tidak lazim untuk membeli sebuah jam tangan dengan harga Ratusan juta, bahkan Milyaran. " ya itu untuk harga sebuah jam tangan " kita kesampingkan hal itu dari segi investasi. karena pada dasarnya harga setiap jam itu relatif, tidak mahal maupun tidak murah, tergantung bagaimana kita membeli jam tangan itu dan tujuannya, sebagai gambaran orang yang membeli jam tangan untuk investasi tentunya tidak akan pernah menjadikan jam tersebut sebagai daily diver mereka, karena faktor durability tentunya, yang padahal fungsi dari jam tangan itu sendiri adalah untuk di pakai, apakah semata mata ROLEX hanya sebuah trend luxury? tentu saja tidak.

Selama tahun 1910, Rolex adalah jam tangan pertama yang menerima Sertifikat Presisi Swiss oleh Pusat Penilaian Jam Tangan Resmi di Bienne, ROLEX kemudian dianugerahi sertifikat kelas A oleh Kew Observatory di Inggris. dan Sejak saat memperoleh sertifikasi itu, ROLEX menjadi merk yang selamanya akan dikaitkan dengan akurasi dan kualitas. salah satu faktor ini yang membuat jam tangan ROLEX sangat bernilai, dan faktor lain seperti Historikal dari setiap jam tangannya yang sangatlah banyak, sebagai mahakarya tentunya tidak lepas dari Factory ROLEX yang sangat luar biasa, sudah banyak artikel dan media yang mebahasnya, ROLEX bukanlah merk yang setiap bulannya ada model terbaru ROLEX di kenal selalu berinovasi dalam hal desain jam tangan mereka, dan mereka tahu apa yang harus dilakukan dalam proses desain untuk menciptakan sesuatu yang istimewa. dan sangat melihat bagian-bagian kecil yang rumit dan membutuhkan banyak waktu, pengembangan, demi menghasilkan sebuah jam tangan. Salah satu pesona ROLEX berikutnya adalah sebuah tagline karena jam ROLEX di rancang untuk bertahan seumur hidup, jam tangannya tidak akan pernah ketinggalan jaman dalam beberapa tahun, jam tangan tersebut dibuat untuk bertahan sangat lama bahkan faktanya kalau kita bisa merawatnya jam ini dapat bertahan hingga 100 tahun.

ROLEX mahal itu adalah hal yang sangat Objektif karena Merk ini membangun reputasi sebagai pemimpin di industrinya, Suka atau tidak anda terhadap jam tangan ini hanya satu hal yang pasti, ROLEX tetap akan menjadi merk yang di cari para kolektor jam tangan, ROLEX akan terus sanggup melambungkan harganya, yang untuk sebagian orang hal ini menggiurkan sebagai investasi, yang sebetulnya hal ini tidak salah dan juga tidak benar, karena bicara soal Horology adalah bagaimana cara kita menilai jam tangan dan kecintaan kita terhadap jam itu sendiri. kalau kita mencintai jam tangan karena faktor investasi hal tersebut juga tidak salah namun sebagai Watch Enthusiast cintailah jam tangan itu dari sejarahnya dan fungsinya. saya akan bertanya balik kepada anda, di level mana anda berada untuk jam tangan ini? apakah anda setuju dengan ROLEX yang overprice? 

 
Industri Swiss Watch Menghadapi Pandemi Covid19
Blog

Industri Swiss Watch Menghadapi Pandemi Covid19

Pandemi Covid19 tidak hanya merusak kesehatan jutaan umat manusia tetapi juga merusak tatanan perekonomian jutaan umat manusia lainnya dimuka bumi. Termasuk diantaranya umat manusia yang mengadu nasibnya di jam tangan baik itu sebagai produsen atau konsumen yang terpaksa harus menjual koleksi jam tangannya untuk bertahan hidup.

Industri Swiss Watch sebelum pandemi Covid19

Swiss merupakan negara produsen jam tangan terkemuka di dunia. Kurang lebih 95% dari jumlah keseluruhan supply jam tangan mewah di dunia adalah produksi Swiss. Sejak tahun 2000, industri jam tangan negara ini terus mengalami peningkatan dari yang sebelumnya ‘hanya’ 9 miliar franc Swiss di tahun 2000 menjadi 20,5 miliar franc pada tahun 2019

Sebetulnya trend peningkatan ini tidak terjadi secara konstan dari waktu ke waktu. PAda tahun 2008-2009 sebagai akibat dari krisis keuangan dunia, pendapatan ekspor jam tangan mewah ini sempat anjlok hingga 22%. Namun pada tahun 2010, industri ini mulai bangkit lagi karena permintaan dari Cina dan Hongkong yang tinggi.

Sempat melambat pada tahun 2015-2016, jumlah pendapatan ekspor jam tangan Swiss ini kembali meningkat sebelum akhirnya kembali melambat pada 2019 dan anjlok akibat pandemi. Meskipun mengalami peningkatan, besaran peningkatan pendapatan industri jam tangan Swiss pada tahun 2019 hanya sebesar 3% Jumlah ini tentu lebih kecil daripada peningkatan pendapatan pada tahun sebelumnya yang mencapai 6%.

Dilansir dari artikel yang ditulis oleh George Arnett di majalah Vogue pada agustus 2019 penurunan ini disebabkan oleh beberapa hal. Pertama Hongkong yang menjadi salah satu negara importer jam tangan Swiss paling utama di dunia mengalami konflik internal. Kedua, adanya peningkatan penjualan di pasar gelap. Ketiga, minimnya investasi pada pemasaran digital karena selama ini distribusi Swiss Watch masih bergantung pada retailer termasuk di Indonesia.

Belum sempat memperbaiki penyebab penurunan pendapatan pada tahun 2019, industri jam tangan Swiss kembali diguncang resesi berupa covid19. Pandemi ini tidak hanya semakin melemahkan Hongkong, salah satu negara tujuan utama ekspor jam tangan Swiss tetapi juga ekonomi seluruh dunia termasuk negara Swiss sendiri.

Akibatnya pendapatan ekspor jam tangan Swiss menurun sebanyak 22% dari yang awalnya sebesar 21,7 miliar Franc pada tahun 2019 menjadi 16,9 miliar Franc pada tahun 2020.

Industri Swiss Watch ketika pandemi Covid19

Lembaga konsultan keuangan dan ekonomi terkemuka dunia, Deloitte mengeluarkan hasil penelitian mengenai hal ini pada  2020 lalu. Insight dari laporan hasil penelitian ini adalah 85% pejabat eksekutif perusahaan jam tangan Swiss masih belum bisa memastikan kapan industri ini akan membaik pasca Covid. Covid19  tidak hanya menyebabkan permintaan ekspor turun tetapi juga permintaan domestik turun akibat lockdown.

Selain Covid19, para eksekutif tersebut juga menyebutkan bahwa ancaman ancaman eksternal lain seperti protes di Hongkong, Brexit dan lain lain juga turut melemahkan insdustri ini pada tahun 2020. Oleh karena itu tidak heran apabila pendapatan industri ini menurun lebih dari 20% akibat pandemi.

Meskipun demikian, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa brand brand jam tangan mewah (high end dan premium) seperti Rolex, Audemars Piguet atau Cartier cenderung lebih tahan terhadap goncangan pandemic. Lain halnya dengan brand brand independen yang menarget pasar kelas menengah atau kebawah yang mau tidak mau harus berusaha lebih keras untuk bertahan.

Pandemi Covid19 juga ‘memaksa’ agar produsen jam tangan dari negeri tersebut mau dan mulai berpindah ke digital platform. Hal ini karena banyak butik butik intenasional terutama di Cina dan Hongkong terpaksa tutup selama kurang lebih empat sampai enam bulan.

Padahal selama ini distribusi jam tangan Swiss sangat bergantung kepada distribusi offline melalui retailer. Namun tampaknya digitalisasi ini masih merupakan proyek coba coba. Sebab produsen tidak ingin membuat konsumen setianya berpindah ke brand lain karena pengalaman yang mereka dapatkan ketika membeli jam secara daring berbeda dengan pengalaman yang mereka dapatkan ketika membeli jam secara luring.

Industri Swiss Watch pasca pandemi Covid19

Seperti yang disebutkan di atas, banyak eksekutif yang memperkirakan bahwa penurunan pendapatan ekspor jam tangan Swiss masih akan mengalami penurunan akibat pandemi covid19 dalam beberapa waktu kedepan. Namun disisi lain statistik pada laman statista.com memperkirakan bahwa industri ini akan terus tumbuh hingga tahun 2025.

Terlepas dari itu semua, industri ini mengalami beberapa masalah selain covid19 seperti pasar gelap, penjualan jam tangan pre owned di e-commerce dan lain lain.. Namun covid19 mau tidak mau memukul industri ini paling telak sehingga mengalami tingkat pertumbuhan terburuk sejak 80 tahun lalu.

Covid19 mendorong pelaku industri jam tangan mewah di Swiss untuk terus berinovasi terutama untuk distribusi. Harapannya perusahaan perusahaan tersebut mampu membuat solusi digital terbaik sehingga pelanggan dapat membeli jam tangan Swiss asli dari internet dengan tanpa pergi ke retailer terdekat dan tidak kecewa.

Industri Jam Tangan Dunia
Blog

Industri Jam Tangan Dunia

Saat ini jam tangan tidak hanya berperan sebagai penunjuk waktu belaka, tetapi juga menjadi komoditas aksesoris yang berharga untuk dijual-belikan. Oleh karena itu, industri jam tangan menjadi industri yang menjanjikan baik jam tangan bekas (pre-owned) maupun jam tangan baru.

Segmentasi Pasar Jam Tangan Dunia

Menurut laporan dari Fossil group, secara garis besar segmentasi produk jam tangan di dunia dapat dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

  1. Fine watches atau luxury watches. Jam tangan jenis ini biasanya diproduksi menggunakan bahan-bahan khusus seperti metal atau perhiasan tertentu. Hampir semua Fine watches dibuat di Swiss. Anda dapat mendapatkan produk-produk jam tangan ini dengan membeli jam tangan dari brand terkemuka seperti Rolex, Omega dan lain-lain. Untuk mendapatkan jam tangan ini, Anda harus merogoh kocek cukup dalam mulai dari 4000 USD hingga lebih dari 20000 USD.

  2. Premium and designed watches. Harga yang ditawarkan oleh perusahaan untuk jam tangan jenis ini memang sedikit lebih murah daripada jam tangan kategori pertama. Tetapi kualitas yang dimiliki jam tangan ini tidak kalah dengan kualitas Luxury Watches di atas. Dengan mengeluarkan biaya sebesar 500 USD hingga 4000 USD, Anda bisa mendapatkan jam tangan kelas ini. Beberapa brand besar yang memproduksi jam tangan kategori ini adalah Gucci, Movado, Seiko, Tag Heuer dan Tissot.

  3. Digital dan analog watches yang dibuat di Asia seperti Timex, Casio, Armitron. Harga jam tangan yang masuk ke dalam klasifikasi ini berkisar antara 7 USD hingga 60 USD.

  4. Contemporary watch. Contemporary watch adalah jam tangan yang dibuat untuk mendukung bisnis fashion kontemporer. Jam tangan ini dibuat oleh beberapa brand fashion terkenal seperti Guess, Michael Kors, Armani Exchange dan lain-lain. Harga yang dipatok untuk jam tangan jenis ini bervariasi mulai dari 60 USD hingga 1000 USD.

Selain dibagi berdasarkan jenis produk, segmentasi konsumen pasar jam tangan dunia juga di bagi ke dalam berdasarkan beberapa aspek lain mulai dari aspek geografis, hingga jenis movement dan produsen.  Apabila dilihat dari sisi segmen berdasarkan geografis, industri jam tangan dunia mengalami perkembangan pesat di negara-negara Asia timur seperti, Cina dan Hongkong serta berkembang pesat di India.

Segmentasi ini diperlukan oleh perusahaan agar jam tangan yang mereka buat sesuai dengan selera target konsumen. Namun demikian, hanya terdapat beberapa perusahaan yang berhasil menjadi market leader di industri ini secara keseluruhan.

Market Leader Industri Jam Tangan Dunia

Jika Anda perhatikan lebih lanjut, Industri jam tangan dunia hanya dikuasai oleh 15 holding company. 14 holding company tersebut tidak hanya membuat jam tangan untuk satu segmen pasar saja, tetapi mereka juga membuat jam tangan untuk konsumen pada segmen kategori lain. Berikut ini 14 perusahaan induk (holding company) yang mendominasi industri jam tangan dunia:

  1. Richemont Group. Richemont group adalah perusahaan induk yang menaungi beberapa merek jam tangan terkenal seperti Cartier, IWC, Officine Panerai, Vacheron Constantin dan lain-lain.

  2. the Swatch Group. Group ini adalah perusahaan yang didirikan oleh watchmaker asal Swiss, yaitu Nicholas Hayek untuk menghadapi Quartz Crisis pada pertengahan tahun 1970an. Swatch Group memproduksi jam tangan dengan merek Swatch, Breguet, Omega dan Tissot.  

  3. LVMH (LVMH MOET HENNESSY-LOUIS VUITTON S.E). Perusahaan berbasis di Paris Prancis ini menaungi produksi beberapa brand jam tangan terkenal seperti Bvlgari, Hublot, Zenith dan Tag Heuer.

  4. Kering Group. Kering Group adalah perusahaan yang memproduksi jam tangan merek Girrard-Perregaux dan Ulysse-Nardin. Selain jam tangan, perusahaan ini juga memproduksi perhiasan dan tas dengan merek terkenal seperti Gucci, Saint Laurent dan Balenciaga.

  5. Seiko Group. Seiko Group adalah perusahaan jam tangan asal Jepang yang membuat dan mendistribusikan jam tangan merek Seiko dan Orient.

  6. Fossil Group. Beberapa merek jam tangan yang diproduksi perusahaan ini adalah jam tangan merek Fossil, Adidas, Emporio Armani dan Michael Kors.

  7. Movado Group Inc. Selain memproduksi jam tangan merek Movado, perusahaan ini juga memproduksi jam tangan dengan brand Concord dan Hugo Boss.

  8. Citizen Group. Citizen group adalah perusahaan jam tangan dari Jepang yang tidak hanya memproduksi jam tangan buatan negeri sakura tersebut tetapi juga membuat jam tangan dengan label Swiss Made seperti jam tangan merek Arnold & Son dan Frederique Constant.

  9. Timex Group. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini menaungi produksi beberapa brand jam tangan seperti Timex, Nautica dan Guess.

  10. Franck Mueller Group. Sesuai dengan namanya, group ini membuat jam tangan dengan merek Franck Mueller dan beberapa jam tangan lainnya.

  11. Binda Group.  Perusahaan asal Italia ini memproduksi beberapa jam tangan mewah seperti, Kenneth Cole dan Breil Milano.

  12. Citychamp Group. Setelah pada awalnya hanya menjadi distributor barang barang mewah untuk pasar Cina dan Hongkong, City champ group mulai merambah pada produksi dan distribusi jam tangan dengan membeli jam tangan merek Eterna pada tahun 2011 dan jam tangan Corum pada tahun 2013.

  13. Festina Group. Group ini merupakan produsen jam tangan yang berbasis di Barcelona Spanyol dan memproduksi jam tangan merek Festina & Parelet.

  14. Rolex S.A Group. Selain menaungi produksi dan distribusi jam tangan merek Rolex, perusahaan ini juga menaungi produksi dan distribusi jam tangan merek Tudor.

Hasil penelitian dari Morgan Stanley Research pada tahun 2019, Rolex S.A masih menjadi market leader dalam industri jam tangan buatan Swiss dengan mengantongi market share lebih dari 23%. Di posisi kedua dikuasai oleh brand jam tangan dari the Swatch Group yang memiliki sekitar 20% market share.

Hal ini bukan berarti Rolex menjadi market leader industri ini secara keseluruhan, karena segmen pasar brand ini hanyalah untuk jam tangan mewah saja. Terlebih lagi data di atas lebih fokus pada jam tangan yang dibuat di Swiss dan bukan industri jam tangan secara keseluruhan.

Pasar jam tangan dunia hingga saat ini masih merupakan yang highly concentrated ke dalam 14 holding company di atas. Akan tetapi beberapa tahun belakangan ini banyak brand jam tangan mikro (micro brand) yang meramaikan industri ini sehingga jam tangan tidak hanya bisa dipakai oleh kalangan tertentu saja, melainkan oleh semua lapisan masyarakat.

Ingin Jual Jam kesayangan? ini yang perlu Anda Ketahui Sebelum Menjual Pre-Owned
Blog

Ingin Jual Jam kesayangan? ini yang perlu Anda Ketahui Sebelum Menjual Pre-Owned

Jam tangan kini tidak hanya menjadi barang fashion atau aksesoris, tetapi juga aset yang perlu diperhitungkan jumlah nilainya. Terlebih pada saat pandemic covid19 seperti ini tentu jam tangan bisa menjadi aset yang dapat Anda jual atau gadaikan dengan segera jika memang Anda sedang perlu cash, Namun menjual jam tangan mewah bekas (Pre-Owned) tidak seperti menjual barang bekas lainnya. Menjual jam tangan mewah Pre-Owned seperti layaknya menjual emas. Anda harus pergi ke toko tempat jual beli jam tangan yang tepercaya agar jam tangan Anda mendapatkan harga yang layak, Sayangnya tempat jual beli jam tangan bekas offline di Indonesia hanya ada di kota-kota besar sehingga Anda akan kesulitan untuk menjual jam tangan bekas milik Anda. Salah satu solusi dari kesulitan ini adalah dengan menjual jam tangan Anda secara online atau langsung ke calon pembeli.

Menjual jam tangan mewah secara online atau in-person pasti memiliki tantangan sendiri. Artikel ini akan membahas beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menjual jam tangan mewah Anda.

Kumpulkan Dokumen yang Terkait Dengan Pembelian Jam Tangan Anda

Sama halnya dengan Emas, Anda juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti bukti pembelian, kotak asli jam tangan Anda, kartu reparasi, kartu garansi dan lain-lain. Sebenarnya tidak masalah jika Anda lupa di mana meletakkan semua dokumen tersebut dan menjual jam tangannya saja. Hanya saja, dengan memiliki dokumen tersebut proses penjualan jam tangan Anda bisa jadi lebih cepat karena pembeli atau dealer bisa langsung mengetahui keaslian produk yang Anda jual.

Selain itu, dengan memiliki dokumen-dokumen di atas harga jam tangan Anda bisa lebih mahal 15%- 25%. Jadi, ketika Anda membeli jam tangan mewah, pastikan Anda menyimpan surat surat di atas, ya.

Ketahui model, nomor seri dan tahun pembuatan jam tangan Anda

Banyak seri jam tangan yang diproduksi sejak puluhan tahun lalu dan setiap kali diproduksi ulang, terdapat perbedaan fitur yang seringkali signifikan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui nomor seri dan tahun pembuatan jam tangan Anda sehingga proses penjualan jam tangan menjadi lebih cepat karena informasi yang diberikan lengkap.

Nomor seri ini dapat Anda peroleh di buku panduan jam tangan Anda atau di badan jam tangan itu sendiri. Beberapa brand jam tangan mewah juga memberi nomor unik pada masing-masing jam sehingga keaslian jam tangan tersebut bisa lebih terjamin, Ketahui Biaya-Biaya Tersembunyi (Hidden Cost) dan Tentukan Harga Jam Tangan Anda

Harga jual diperoleh dari biaya ditambah keuntungan. Rumus sederhana ini bisa Anda aplikasikan juga ketika menjual jam tangan bekas milik Anda. Dalam hal ini, Anda harus menanggung sejumlah biaya tersembunyi yang timbul akibat penjualan tersebut.

Biaya-biaya tersembunyi tersebut seperti, ongkos kirim, biaya jasa dealer, pajak dan lain-lain. Jangan sampai besaran biaya-biaya tersebut membuat pendapatan yang Anda peroleh dari hasil penjualan lebih rendah daripada ekspektasi Anda sebelumnya.

Faktor lain yang menentukan harga jual jam tangan mewah selain biaya yang harus Anda tanggung adalah kondisi jam tangan dan kerumitan struktur jam tangan. Semakin terawat dan rumit struktur jam tangan tersebut, maka semakin mahal pula harga jualnya di pasar.

Namun yang perlu Anda ingat adalah orisinalitas dalam wristwatches secondary market sangat dihargai. Artinya adalah jika Anda pernah mengganti komponen jam tangan Anda dengan komponen lain yang tidak berasal dari brand jam tangan tersebut, kemungkinan besar harga jam tangan Anda di pasar sekunder akan turun.

Sebagai langkah awal menentukan harga jam tangan, Anda bisa sedikit melakukan riset mengenai harga bekas jam tangan dengan seri yang Anda miliki di internet. Harga yang tampil di layar tersebut bukan pendapatan bersih yang akan Anda dapatkan, tetapi harga jual yang harus dikurangi berbagai macam biaya tersebut di atas.

Tentukan Metode Penjualan Anda

Ada banyak metode penjualan yang bisa Anda coba untuk menjual jam tangan Anda. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, Metode pertama yang bisa Anda coba adalah menjual jam tangan Anda secara langsung baik melalui dealer, marketplace atau langsung ke calon pembeli. Metode yang kedua adalah Anda bisa mencoba untuk menggadaikan jam tangan tersebut ke Pegadaian. Kedua metode ini cocok untuk Anda apabila Anda membutuhkan uang cash secepat mungkin. Kekurangannya adalah umumnya uang tambahan yang Anda peroleh melalui metode ini akan lebih kecil daripada dua metode lainnya.

Anda selanjutnya bisa mencoba metode konsinyasi dan lelang (auction). Konsinyasi adalah tindakan memberikan hak perawatan, penjagaan dan penjualan suatu barang kepada pihak lain sampai barang tersebut terjual. Dalam metode konsinyasi, penjual hanya dikenakan biaya perawatan oleh dealer sehingga keuntungan bersih yang diperoleh penjual bisa lebih tinggi daripada metode penjualan langsung.

Kelemahan metode konsinyasi dan lelang adalah Anda harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan uang tunai hasil penjualan jam tangan Anda. Lebih dari itu dalam metode lelang Anda juga harus mempertimbangkan biaya jasa rumah lelang tempat Anda menjual jam tangan Anda.

Pilih metode penjualan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih juga jalur penjualan Anda. Apakah Anda memilih menjual jam tangan Anda secara online atau offline.

Pahami Kebijakan Pengembalian Yang Ditetapkan oleh Dealer

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum menjual jam tangan Anda adalah Anda harus memahami kebijakan pengembalian (return) jika Anda memutuskan untuk menjual jam tangan Anda melalui dealer. Hal ini penting untuk diketahui agar ketika konsumen mengembalikan barang yang Anda jual karena satu dan lain hal, Anda sudah tahu siapa yang harus mengembalikan uang yang dibayarkan oleh konsumen tersebut.

Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjual Pre-Owned Wristwatches

Menjual jam tangan kesayangan memang memerlukan pengorbanan tersendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan hal-hal penting di atas agar pengorbanan Anda tidak sia-sia.

Apa sih Faktor-Faktor yang Membuat Harga Jam Tangan Swiss Mahal
Blog

Apa sih Faktor-Faktor yang Membuat Harga Jam Tangan Swiss Mahal

Harga sebuah jam tangan berlabel ‘Swiss Made’ bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan, untuk jam tangan yang diperdagangkan di rumah lelang, harga jam tangan Swiss bisa mencapai ratusan milyar rupiah.

Jumlah ini tentu memiliki alasan. Mengingat Swiss atau Switzerland memang terkenal sebagai market leader industri jam tangan dunia bahkan sejak ratusan tahun lalu. Akan tetapi apakah alasan tersebut make sense untuk membuat harga sebuah jam tangan bisa lebih mahal dari sebuah rumah? Untuk mengetahui hal ini mari kita bahas terlebih dahulu faktor-faktor yang menentukan harga sebuah jam tangan.

Faktor-Faktor Penentu Harga Jam Tangan

1.Material atau Bahan Baku

Faktor pertama dan yang paling jelas adalah material atau bahan baku sebuah jam tangan. Jam tangan yang terbuat dari baja (stainless steel) tentu memiliki harga yang berbeda dengan jam tangan yang terbuat dari titanium.

Beberapa bahan baku yang sering dijadikan material jam tangan selain baja dan titanium adalah perunggu, emas, forged carbon, ceramic dan kuningan. Masing-masing material memiliki kelemahan dan kelebihan sendiri-sendiri yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah jam tangan. Material ceramic misalnya, meski sedikit lebih mahal dari jam tangan berbahan baku baja, jam tangan dengan material ceramic lebih mudah pecah.

2.Kondisi Fisik Jam Tangan

Harga jam tangan baru tentu lebih mahal daripada harga jam tangan bekas. Meskipun demikian, ada jam tangan bekas tertentu yang dijual dengan harga yang sangat mahal. Biasanya jam tangan bekas seperti ini merupakan jam tangan yang sudah tidak diproduksi lagi dan memiliki nilai historis yang kuat seperti jam tangan Rolex Submarine milik Paul Newman.

3.Kerumitan Fitur Jam Tangan

Semakin banyak fitur yang dihadirkan oleh sebuah jam tangan, maka semakin advance pula sumber daya baik sumber daya teknologi atau sumberdaya manusia yang digunakan untuk membuat jam tangan tersebut. Akibatnya harga jam tangan tersebut lebih mahal dibandingkan jam tangan lainnya yang hanya memiliki fitur standar yaitu, jam, menit, detik dan tanggal.

4.Biaya Produksi dan Biaya lain-lain

Biaya produksi adalah sejumlah uang yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi suatu barang termasuk jam tangan. Biaya ini termasuk biaya beli bahan baku, beli atau sewa teknologi, biaya gaji tenaga kerja dan biaya listrik dan transportasi.

Selain biaya produksi, ada juga biaya lain yang mempengaruhi harga sebuah jam tangan terutama jika jam tangan tersebut didistribusikan ke luar negara produsen. Biaya lain-lain ini seperti biaya transportasi distribusi dari perusahaan ke konsumen, biaya tes kapabilitas jam, biaya pajak import dan barang mewah, biaya kerja sama dengan retailer dan lain-lain.

Salah satu penyebab jam tangan microbrand memiliki harga yang jauh lebih murah daripada jam tangan dari brand kenamaan seperti Rolex atau Omega adalah produsen jam tangan tersebut mampu memangkas biaya produksi dan biaya lain-lain ini.

5.Level kualitas

Level kualitas disini dapat diartikan sebagai kualitas finishing jam tangan tersebut. Ada kalanya dua buah jam tangan yang memiliki bahan baku dan biaya produksi yang sama memiliki harga yang berbeda karena faktor ini. Namun sebagai seorang konsumen, untuk mengetahui level kualitas ini ada baiknya Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan ahli jam atau rekan Anda yang lebih mengerti soal jam.

6.Movement yang digunakan

Movement yang dipakai untuk operasi sebuah jam tangan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu, Third Party Movement dan In-house MovementThird Party Movement adalah movement yang diproduksi dan dijual secara massal oleh sebuah perusahaan sehingga movement jenis ini dapat dipakai oleh brand jam tangan di luar jam tangan yang diproduksi perusahaan tersebut. Contoh dari movement jenis ini adalah Miyota movement dan ETA movement.

In-house Movement adalah movement yang khusus diproduksi oleh sebuah perusahaan jam tangan untuk mendukung produksi jam tangan perusahaan tersebut sendiri. Contoh movement jenis ini adala Rolex Caliber 3135 dan Rolex Caliber 3186.

Harga Third Party Movement umumnya lebih murah daripada In-house Movement karena diproduksi untuk publik. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk melihat movement yang digunakan oleh sebuah jam tangan untuk mengukur kesesuaian harga jam tangan tersebut dengan kualitas yang diberikan.

7.Brand Heritage

Harga sebuah jam tangan akan lebih mahal jika jam tangan tersebut diproduksi oleh perusahaan ternama .Merek-merek terkenal seperti, Rolex, Patek Philippe, Omega tentu lebih dikenal oleh masyarakat daripada brand dari jam tangan microbrand. Sebab perusahaan-perusahaan tersebut sudah berdiri sejak puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun lalu, dan jam tangan edisi lama mereka terus dicari oleh para kolektor.

8.Permintaan Pasar (Market Demand) dan Ketersediaan (Availability)

Sesuai dengan hukum permintaan-penawaran, semakin tinggi permintaan pasar akan sebuah barang, maka semakin tinggi pula harga barang tersebut dan begitu pula sebaliknya. Sama halnya dengan prinsip kelangkaan yaitu, semakin langka sebuah barang (terutama barang-barang mewah dan bahan pokok) maka semakin mahal pula harga barang tersebut.

Patek Philippe Grandmaster Chime Ref 6300 A-010 tidak akan terjual seharga 31 juta USD di auction house apabila jam tangan tersebut diproduksi secara masal. Jam tangan ini terjual dengan harga tersebut karena memang hanya diproduksi sekali dan hanya ditujukan untuk acara lelang tersebut.

9.Strategi Marketing

Produk yang bagus belum tentu berhasil jika tanpa didukung strategi marketing yang bagus pula. Dalam rangka mengenalkan produk terbaru ke pasar, sebuah brand jam tangan bisa jadi mengeluarkan ratusan juta rupiah atau bahkan, milyar rupiah untuk membangun lini marketing yang handal misalnya, dengan menyewa seorang brand ambassador, atau content creator di media sosial.

Alasan harga jam tangan buatan Swiss mahal

Jam tangan buatan Switzerland terutama jam tangan mewah buatan negara tersebut memiliki nyaris semua alasan untuk membuat produk mereka dijual dengan harga mahal di pasaran. Alasan yang pertama adalah produk jam tangan Swiss diproduksi oleh perusahaan yang memiliki brand heritage puluhan hingga ratusan tahun dan kualitas hasilnya diuji oleh otoritas terkait di negara tersebut. Hal ini membuat kualitas jam tangan Swiss baik dari sisi material maupun finishing terjamin.

Alasan yang kedua adalah biaya produksi yang mahal. Industri jam tangan adalah industri yang menggabungkan teknologi mutakhir dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk membeli mesin-mesin dan memperkerjakan individu terbaik tentunya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi movement yang diproduksi di negara tersebut seperti ETA juga lebih mahal daripada movement yang lain selain In-house movement.

Alasan yang terakhir adalah jam tangan Swiss terbilang memiliki strategi marketing yang berhasil sehingga mampu membangun komunitas penggemar khusus penggemar jam tangan Swiss di seluruh dunia. Hal ini berakibat pada permintaan jam tangan Swiss di seluruh dunia terbilang tinggi dan stabil.

Harga mahal memang tidak menjamin kualitas. Namun, dengan mengetahui alasan mengapa sebuah jam tangan memiliki harga yang mahal diharapkan Anda dapat memilih jam tangan yang paling cocok dengan anggaran Anda.

Custom Watches: Desain Jam Tangan Anda Sendiri
Blog

Custom Watches: Desain Jam Tangan Anda Sendiri

Banyak orang yang menampilkan kepribadian mereka dari apa yang mereka pakai. Mulai dari jas, tas, baju hingga jam tangan. Maka tidak heran jika komoditas komoditas fashion tersebut dibuat seunik mungkin karena si pemilik merupakan orang yang unik atau ingin sesuatu yang berbeda dari yang lain, Sama halnya dengan jam tangan. Sejak lima atau hingga tujuh tahun kebelakang mulai banyak bertumbuhan perusahaan perusahaan yang menyediakan jasa dan produk custom atau bespoke watches. Dengan menyewa jasa perusahaan ini, Anda bisa membuat jam tangan mewah Anda terlihat tidak hanya cantik secara desain tetapi juga unik sebab dibuat hanya untuk diri atau kelompok Anda sendiri.

Produk bespoke watches banyak digunakan untuk keperluan keperluan yang membutuhkan jam tangan khusus dan seragam seperti militer, pilot atau perawat. Tetapi banyak juga yang dipesan untuk keperluan individual. Beberapa selebriti seperti Tiger Woods juga pernah terlihat memakai produk jam tangan yang dibuat khusus untuk dirinya sendiri.

Jika Anda tertarik pada jam tangan jenis ini, berikut ini beberapa perusahaan custom atau bespoke watches terbaik.

Brand custom watches terbaik

1.Undone

Undone adalah perusahaan jam tangan custom asal Hongkong. Meskipun baru mulai beroperasi pada tahun 2016, perusahaan ini sukses mendapatkan namanya di kalangan komunitas pecinta jam tangan.

Dengan mengunjungi website perusahaan ini di undone.com, Anda bisa hanya membeli jam tangan hasil rakitan perusahaan ini atau membeli sekaligus mengubah desain dan komponen jam tangan tersebut. Jika Anda ingin mengubah desain dan komponen jam tangan, Anda tinggal membeli komponen yang Anda inginkan secara terpisah karena Undone juga menjual komponen komponen jam tangan dengan berbagai ukuran, desain dan warna.

2.Eoniq

Sama seperti halnya Undone, Eoniq juga merupakan perusahaan yang melayani pembuatan jam tangan custom asal Hongkong. Kelebihan yang ditawarkan oleh brand ini disamping brand brand lain adalah Eoniq menawarkan banyak opsi untuk Anda pilih termasuk jika Anda ingin memasukkan teks atau gambar ke bagian tertentu jam tangan Anda.

3.Bruggler

Bruggler adalah perusahaan jam tangan Swiss yang juga menawarkan jam tangan custom. Brand ini memiliki spesialisasi untuk membuat jam tangan chronograph mekanik custom. Hanya saja, untuk membeli jam tangan ini Anda harus membuat desainnya terlebih dahulu dan mengirimkan hasil desain tersebut ke perusahaan untuk mendapatkan daftar rincian harganya.

Selain membuat jam tangan chronograph, keunikan bruggler yang lain adalah Anda bisa memesan movement yang Ana inginkan. Brand ini menawarkan tiga movement yaitu ETA movement dengan tingkat akurasi -/+ 12 detik per hari, Dubois Depraz 2222 chronograph dengan tingkat akurasi -/+ 6 detik per hari dan yang paling akurat, Quartz movement.

Semakin akurat movement yang Anda pilih, maka semakin mahal pula biaya yang Anda tanggung. Tetapi untuk sebuah jam tangan unik dan berlabel Swiss Made tentunya harga tidak jadi masalah bukan?

4.Unity

Unity adalah custom watches brand  yang berasal dari Barcelona Spanyol. Sama halnya dengan Bruggler, Anda juga bisa memilih movement yang Anda inginkan jika Anda membeli custom watches dari brand ini.

Adapun movement yang ditawarkan oleh brand ini adalah ETA 2824.2 dan Valanvron V24.2. Secara garis besar movement ETA 2824.2 lebih mahal dibanding Valanvron V24.2. Selain movement, Anda juga bisa memilih strap, crystal, dan komponen jam tangan lainnya untuk diri Anda sendiri. Hanya saja dibanding dengan tiga brand di atas, opsi warna yang ditawarkan oleh Unity cukup terbatas dan mayoritas hitam putih.

Soal harga, berbeda dengan Bruggler, harga jam tangan Anda langsung tampil begitu Anda memilih opsi komponen jam tangan Anda. Harga tersebut sudah termasuk pajak dan ongkos kirim.

5.Bamford Watch Department

Berdiri sejak tahun 2003, Bamford Watch Departemen adalah perusahaan bespoke watch  yang berbasis di London dan memiliki spesialisasi mengubah beberapa jam tangan mewah untuk dibuat sesuai keinginan pemesan.

Dahulu perusaahaan ini pernah menerima pesanan untuk mendesain ulang jam tangan merek Rolex. Saat ini brand ini menerima personalisasi jam tangan merek Tag Heuer, Zenith dan Bvlgari. Selain menangani jam tangan mewah, mereka juga memiliki koleksi jam tangan hasil desain sendiri.

Selain kelima perusahaan di atas ada banyak perusahaan jam tangan yang menawarkan produk serupa. Termasuk diantaranya adalah produsen jam tangan asal Swiss yaitu SWATCH yang menawarkan lini customized watch milik mereka sendiri.

Terlepas dari pangsa pasar dan keuntungan yang besar, industri customized watch ini pada awal perkembangannya mendapatkan banyak kontrversi. Kontroversi tersebut seperti permasalahan originalitas hingga masalah apakah customized watch bisa disebut sebagai bagian dari horologi dan seni horologi.

Namun demikian, customized watch adalah opsi yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda ingin jam tangan Anda unik dan memiliki desain yang Anda inginkan. Tentu opsi ini lebih baik daripada jika Anda membongkar pasang jam tangan Anda sendiri bukan? Terlebih jika Anda bukan seorang ahli jam tangan.

 

5 Brand Jam Tangan Swiss Terbaik Menurut Jumlah Market Share
Blog

5 Brand Jam Tangan Swiss Terbaik Menurut Jumlah Market Share

Swiss dikenal sebagai salah satu negara produsen luxury watch ternama di dunia. Jam tangan merek apapun yang memiliki label Swiss Made boleh dibilang memiliki jaminan kualitas terbaik. namun demikian pasti ada jam tangan terbaik dari terbaik yang memimpin pasar luxury watch  terutama Swiss Watch di Indonesia. Artikel ini akan membahas 5 brand jam tangan Swiss yang paling kuat memiliki basis konsumen di Indonesia.Tetapi sebelumnya mari kita bahas dahulu mengenai kondisi pasar jam tangan di Indonesia secara keseluruhan.

Sebagai negara berkembang, barang barang yang di impor Indonesia mayoritas adalah barang barang modal yang tidak bisa diproduksi di dalamnegeri dan barang barang kebutuhan pokok yang ditujukan untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

Sementara itu, impor jam tangan mewah dari Swiss pada tahun 2019 hanya bernilai 22% dibandingkan jumlah impor non migas secara keseluruhan pada tahun yang sama, Pada periode tersebut, Indonesia mengimpor 746081 Wrist watch dari negara Eropa Barat tersebut.

Menurut data dari statista.com, pendapatan (revenue) yang diperoleh oleh hasil impor ini menurun pada tahun 2020 akibat pandemic covid19. Namun demikian diperkirakan pada tahun 2021 pendapatan ini akan kembali naik dan mencapai puncaknya pada tahun 2025.

Menurut wawancara CPP-Luxury.com dengan pemilik Time International, retailer jam tangan mewah dan perhiasan terbesar di Indonesia, Irwan Mussry pada tahun 2014 sepanjang tahun 2010 hingga tahun 2014, pasar barang mewah di Indonesia mengalami peningkatan signifikan.

Mussry menyebutkan bahwa orang orang Indonesia lebih menyukai jam tangan dengan kesan yang kuat dan sporty daripada jam tangan dengan desain klasik. Oleh karena itu menurutnya, jam tangan mewah dari Swiss yang memiliki basis konsumen kuat di negeri ini adalah Rolex, Tag Heuer, Audemars Piguet, IWC dan Panerai.

Rolex

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya Rolex adalah market leader industri luxury watch bahkan hingga saat ini. Hingga tahun 2019, diperkirakan brand ini 23,4 menguasai pasar jam tangan mewah di seluruh dunia, Apabila data ini digabung dengan data anak perusahaannya yang memiliki brand Tudor, maka Rolex setidaknya menguasai 24,8% market share industri jam tangan Swiss

Rolex tidak hanya menawarkan jam tangan dengan kualitas dan fungsi yang berkualitas tinggi tetapi juga jam tangan dengan desain yang indah. Oleh karena itu tidak heran meskipun harga jam tangan dan komponen jam tangan dari Rolex mahal, Rolex masih memiliki pengguna setia di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Tag Heuer

Tag Heuer adalah brand jam tangan mewah asal Swiss yang berdiri pada tahun 1860 oleh Edouard Heuer. Pada tahun 1999 sebagian besar saham perusahaan ini dibeli oleh salah satu perusahaan produsen barang barang mewah terkenal yaitu Louis Vuitton group.

Meskipun cukup memiliki nama dikalangan pecinta jam tangan di Indonesia, market share brand ini masih jauh di bawah Rolex. Menurut data dari statista.com,, pada tahun 2019 Tag Heuer hanya mampu memiliki 3,4% industri jam tangan mewah di seluruh dunia.

Audemars Piguet

Audemars Piguet adalah brand asal Swiss yang berdiri pada tahun 1875. Nama brand ini sendiri diambil dari nama belakang kedua pendirinya yaitu Jules Louis Ademars dan Edward Auguste Piguet.  Brand ini mulai lebih banyak dikenal oleh para pecinta jam di seluruh dunia pada dekade 1970-an dengan dirilisnya Ademars Pigues seri Royal Oak.

Setiap tahunnya Audemars Piguet hanya memproduksi sekitar 40 ribu jam tangan. Sehingga tidak heran jika market share jam tangan merek ini di seluruh dunia sama dengan market share  Tag Heuer yaitu 3,4%.

IWC

International Watch Co. adalah produsen jam tangan mewah dari Swiss yang sudah berada di industri ini sejak tahun 1868. Selain dikenal karena jam tangan seri Portugieser yang telah dirilis sejak tahun 1939, brand jam tangan ini juga dikenal sebagai brand yang mampu memproduksi jam tangan terbaik untuk pilot.

Tidak hanya itu, IWC juga merupakan satu satunya produsen jam tangan Swiss yang beroperasi di bagian timur negara tersebut. Hal ini tentunya membuat IWC memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya di Indonesia.

Market share brand ini tidak jauh berbeda dari Tag Heuer dan Audemars Piguet. Tercatat IWC mampu menguasai 3,2% pasar jam tangan mewah di seluruh dunia.

Officine Panerai

Berbeda dengan beberapa brand di atas yang mayoritas ‘asli’ Swiss atau memindahkan pabrik dan perusahaannya ke Swiss, Officine Panerai adalah brand jam tangan mewah yang berasal dari Italia namun mengadaptasi teknologi pembuatan jam tangan dari Swiss.

Di dalam negerinya sendiri brand ini memiliki sejarah panjang sejak tahun 1860 namun baru masuk dominasi pasar jam tangan mewah dunia ketika diakuisisi oleh Richemont Group atau Vendome Group pada tahun 1997. Hingga tahun 2019, brand ini berhasil memiliki sekitar 1,9% market share industri jam tangan mewah dunia.

Itu tadi 5 brand jam tangan mewah dari Swiss yang ‘diperkirakan’ memiliki pengaruh kuat dalam industri jam tangan mewah di Indonesia. Selain Rolex, kelima brand jam tangan tersebut tidak termasuk 5 besar market share industri jam tangan dunia. Adapun 5 besar brand jam tangan mewah di dunia adalah Rolex, Omega, Longiness, Patek Philippe dan Cartier Watches.

Selain dari Swiss, Indonesia juga mengimpor jam tangan dari Jepang. Akan tetapi karena ketidak tersediaan data yang terbuka untuk umum, besaran kapitalisasi pasar industri ini di Indonesia masih belum dapat dihitung.