20 Recent Blog

by Timeindo Indonesia on 08 November 2019

HALOOO BROOOO

Kali ini gua bukan ngereview jam tangan, kali ini gua bakal ngebahas tentang 10 Jenis Bezel Jam Tangan dibeberapa merk dan beradar dari dulu sampai dengan sejkarang, oke di pembahasan kali ini ngebahas 10 jenis bezel yang umum digunakan oleh beberapa merk jam tangan dari dulu sampai dengan sekarang. Apa itu bezel?? Gua yakin kalian udah pada tau semua bezel adalah bagian dari jam tangan yang benbentuk lingkaran atau ring yang mengelilingi crystal dan merupakan bagian atas dari case jam tangan tersebut pada umumnya ada dua jenis bezel yang secara umum digunakan oleh jam tangan.

1. FIXED BEZEL

Yaitu bezel yang konstruksinya menyatu dengan case tidak bisa dilepas dan tidak bisa diputar jadi bener bener integrative sama casenya.

2. FLEXIBLE BEZEL

Yaitu bezel yang kostruksinya terpisah dari kostruksi case dan ini bisa di putar sesuai dengan kebutuhan yang biasanya disebut dengan rotating bezel.

3. BEZEL BEDASARKAN POSISI

Ada bezel dengan posisinya diluar dan Ada juga bezel yang posisinya didalam yang disebut dengan INNER BAZEL.

Oke itu adalah jenis bezel yang sering digunakan dengan kita untuk sehari hari, nahh kali ini gua bakal sebutin jenis jenis bezel dan fungsinya :

1. COUNT UP BEZEL

Ini adalah bezel yang fungsinya indikatornya adalah untuk menghitung maju, bezel ini juga disebut diving bezel yang biasa kalian sering temukan pada jam tangan dive watch pada umumnya.

2. COUNT DOWN BEZEL

Nahh ini adalah kebalikan dari COUNT UP BEZEL markernya pada bezel ini adalah itu juga di balik dimulai dari angka 55 dan berakhir diangka 5 karakteristik lainnya sama seperti COUNT UP.

3. TACHYMETER

Bezel seperti ini fungsinya adalah untk menghitung kecepatan terhadap jarak tempuh atau sebaliknya beberapa karakter dari bezel ini adalah biasanya bezelnya fixed, tidak bisa diputar dan yang kedua biasanya lekat dengan fitur chronograph karena memang cara mengoprasikan berkaitan dengan fitur stopwatch.

4. TELEMETER

Ada beberapa jam tangan yang masih pakai bezel telemeter seperti ini seperti contohnya TAG HEUER 18, fungsi bezel ini adalah untuk menghitung jarak antara dua tempat walaupun tempat satunya sangat jauh dari posisi dari karakteristiknya adalah bezel luarnya biasanya polos Cuma bezel rehautnya didalam itu penuh dengan indicator telemtal.

5. DUAL TIME / GMT BEZEL

Untuk bezel model ini sampai sekarang masih banyak digunakan masih sering dipakai doel jam tangan dibeberapa merk fungsinya adalah untuk mengetahui waktu negara lain disbanding dengan waktu kita atau dibandingkan dengan waktu GMT karakteristik bezel ini adalah baiasanaya bisa diputar dua arah dan yang kedua markernya biasanya 24 jam muali dari angka 2 sampai dengan angka 22 perpaduan dengan dot atau garis.

6. WORLD TIMER

Karakteristik dan cara penggunaaannya kurang lebih sama dengan GMT tapi biasanya dibezel ada nama kota besar seperti contohnya yang ada di BOLDR GLOBETROTTER ini dan ini fungsinya adlah untuk mengetahui waktu dikota yang tertulis dibandingkan dengan waktu kita.

7. COMPASS BAZEL

Konsep ekspedisi biasanya juga dipakai dengan HIGHKER, TRACKER dan pecinta OUTDOOR ACTIVITY dibezelnya jelas ada marker arah mata angin, cara menggunakannya adalah Cuma bisa disetting di siang hari karena patokannya adalah matahari bukan magnet seperti kompas biaasa, jadi kalau malam kalian tidak bisa pakai.

8. PULSOMETER

Mulai digunakan 1920an oleh para dokter ahli medis atau perawat untuk mempergerakan rate detak jantung pasien pada era itu bezelnya seperti biasa polos tidak bisa diputar dan biasanya berfitur chronograph indicator telemeternya itu biasaanya ada dibagian dalam dial yang berisi skala dari 40 sampai dengan 200.

9. SLIDE RULE BEZEL

Nahh ini adalah bentuk bezel yang paling ribet kelihatanya dan yang paling intimidate dan udah kebayang pusingnya gimana, bezel seperti ini fungsinya banyak banget, salah satunya adalah menghitung kecepatan, jarak, waktu terbang bahkan untuk menghitung perkalian, menghitung exponensial maupun logaritma, tingkat kosumsi bahan bakar dll.

10. DECIMAL BEZEL

Jenis ini mirip dengan TACHYMETER bezel walaupun tidak sepopuler TACHYMETER yang gua ketahui ada OMEGA SPEED MASTER tahun 60an yang pakai bezelnya decimal selain itu ada juga TAG HEUER sama seperti OMEGA, bezel markernya dibagi 60 menit dikala 100 jadi markernya ada angka 10 sampai dengan 100 dan biasanya dipakai oleh para ilmuan untuk menghitung waktu luxy efesiensi dll.

Oke broo itu saja dari gua semoga materi yang gua bahas bermanfaat buat kalian.

Untuk pembahasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Sejarah & Jenis - Jenis JARUM JAM TANGAN ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 08 November 2019

HALOO BROOO

Oke kali ini gua bakal review satu micro brand baru dari Singapore yang merupakan sister companynya ZILOS sebuah microbrand yang suda sangat terkenal dengan kualitas yang sangat bagus. Merk jam tangan ini adlah AXIOS watches.

Untuk gua review jam tangan ini adalah AXIOS IRONCLAD DEEPBLUE dengan warna biru yang sangat kalem dan tidak terlalu terang dan seperti yang kalian lihat jam tangannya Digambar bawah ini. Sesuai dengan ekspetasi gua merk ini bener bener PREMIUM, bulid qualitynya sangat solid, well finished, advance spec.

Oke mari kita liha lebih dekat lagi gimana bagusnya jam tangan ini, overall untuk designya casenya ini jelas banget terispirasi dari designnya classic dive watch terutama ROLEX SUBMARINER dimensinya tidak besar sebagai ciri khas jam tangan diver iconic dimasalalu, dan yang menarik dari sisi designnya adlah keseimbangan design antara bezel dengan dial tidak terlihat terlalu ramai tapi juga tidak kelihatan terlalu kosong, dialnya clean tidak banyak oranamen an tulisan eksekusi dialnya juga keren dengan efek sunburst yang menambah aksen mewah untuk jam tangan ini dan ini kelihatan agus banget pas kena cahaya dan dilihat angle yang berbeda-beda.

 

Lalu masuk kebagian bezel jelas ini inspirasinya adlah classic dive watch bergaya coin edge dengan grigi khasnya submariner onstruksi bezelnya sangat solid tidak ada goyang dan ini tidak terlalu tinggi selain itu untuk finishing juga sangat halus dan dan sangat rapih. Kemudian untuk bahan bezel insertnya berbahan quality ceramic warnanya biru selaras dengan dialnnya dengan marker bezel insert perpaduan dengan antara angka both dan stick marker.

 

Untuk bagian case gua ga akan bahas bentuk casenya karena ini jelas banget inspiratifnya yang gua garis bawahi adalah eksekusi finishingnya disominasi oleh brush finish yang sangat halus dan rapih selain itu kalau kalian perhatiin feedment andlingnya itu benar benar feed submariner case.

 

Masuk ke movement, movement yang digunakan untuk model IRONCLAD ini adalah SWISS movement yaitu SELITA CALIBRE SW-200 running dengan 28000 VPH, PR : 39 Hours, 26 jewels udah tidak diragukan lagi untuk jam tangan ini realable dan best movement, water resistant yang disupport adalah 500M dan jam tangan yang mempunya water resistant 500M biasanya ada Helium Escape Valve tapi ini kok tidak ada?? Nahh ini adalah salah satu alasan yang AXIOS lakukan adlah mengamankan jam tangan divernya dengan DOUBLE SEAL.

 

Untuk bagian luniousnya adalah jam tangan ini menggunakan SUPERLUMINOVA C3 & BGW9 hasilnya sangan responsive terang banget dan sangat durable.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Jam Tangan AXIOS IRONCLAD 40 ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 08 November 2019

Halooo broo

Oke kali ini gua bakal ngebahas salah satu bagian terpenting dari sebuah jam tangan analog tanpa ini tidak mungkin sebuah jam tangan analog bisa menunjukan waktu topik yang bakal gua bahas adalah seputar jarum jam atau hands, gua yakin diantara kalian ada yang mikir ngapain bahas jarum jam tangan, Emang ada sejarahnya? Terus apa yang mau dibahas tadinya gua juga mikir seperti itu tapi ternyata setelah gua teliti bagian kecil yang penting ini ternyata punya sejarah dan punya bentuk-bentuk yang iconic sejak dunia horology mulai dan beberapa jenis jarum jam tangan ternyata sangat popular dari dahulu sampai dengan sekarang, okay langsung aja kita pembahasannya.

Oke lanjut ke pembahasan, setelah gua galih ada ga sih sejarah dari jarum jam tangan ini dan ternyata ada, walaupun tidak banyak data yang bisa gua temuin karena jarang banget ada yang bahas tapi menurut sumber yang gua dapat pabrik jarum jam tangan pertama ini ada di SWISS pada tahun 1812 nama perusahaannya bernama WAGNON FRERES founder dari perusahaan ini bernama CHARLES WAGNON yang kemudian pada tahun 1878 cucunya bernama AMY WAGNON mulai memperkenalkan produksinya di Watch Expedition di Paris lalu pada tahun 1883 juga ikutan expedition di Zurich & Chicago sampai akhirnya sejak tahun 1896 WAGNON FRARES kurang lebih 400 jenis jarum jam untuk mensuply nahh industry ini dilirik oleh beberapa pengusaha sehigngga sejak tahun 1900an diSwiss sudah ada 60 lebih pabrik jarum jam tangan yang supply industry jam tangan disana.

Jarum jam tangan terbuat dari metal strip bisa terbuat dari metal seperti gold platinum atau Cuma berbahan stainless steel biasa dan proses pembuatannya itu lebih 20 tahapan nahh disni gua tidak akan menjelaskan secara detil tekniknya apa aja, karena gua juga tidak terlalu paham.

Setelah gua coba research beberapa hari ternyata ada banyak banget jenis style dari jarum jam tangan ini tapi disini gua tidak akan coba bahas semuanya gua coba kerucuti dengan memilih beberapa yang popular aja yang gua kumpuin jadi 15 yang mungkin kalian sering lihat tapi tidak tahu apa itu Namanya.

1. ALPHA / LANCE HANDS

Bentuknya didominasi oleh aksen runcing yang kedua ujung jarumnya dan bagian tengahnya lebar diatas area yang deket dengan opinion, hands ini digunakan oleh merk jam tangan OMEGA untuk model SPEEDMASTER.

2. ARROW HANDS

Nahh ini bentuknyagampang sekali dikenali berbentuk anak panah dibagian ujungnya dan ini sering banget dipakai di OMEGA SEAMASTER, BREITLING.

3. BATON / STICK HANDS

Bentuknya simple berbentuk garis lurus biasa dari ujung ke ujung beberapa contoh jam tangan yang pakai BATON ini adalah GLASSUTTE, ROLEX GMT MASTER yang lam, SEIKO dll.

4. BREGUET HANDS

Nahh dari Namanya juga udah jelas yaitu bentuk jarumnya biasa dipakai oleh BREGUET, jarum ramping yang ada linkaran diujungnya yang bolngnya tidak simetris dan ini khas banget jarumnya BREGUET.

5. CATHEDRAL HANDS

Bentuk hands ini terispirasi oleh ukiran kaca yang biasa ada diCATHEDRAL dieropa dengan aksen lekukan yang simetris yang garis-garis membagi beberapa sigmen pada dekat ujung handsnya CATHEDRAL hands biasa juga disebut dengan SKELETAL atau SQUELETTE hand dan ternyata lumayan banyak jam tangan yang pakai hand seperti ini seperti merk LONGINES, HAMILTON dll.

6. DAUPHINE HANDS

Jarum tangan ini juga termasuk sering dipakai sama merk jam tangan terkenal dari dahulu bentuknya simple dan kaku meruncing dibagian ujungnya dan tengahnya agak gemuk seperti contohnya ada di ROLEX, SEIKO, GRAND SEIKO dll.

7. LEAF HANDS

Sesuai dengan Namanya bentuk handsnya sama seperti daun yang melengkung dikedua sisinya dan melancip dibagian ujungnya biasanya dipakai beberapa merk jam tangan IWC, MOSER & CIE, OMEGA dll.

8. SPADE HANDS

Sesuai dengan Namanya juga jarum jamnya berbentuk skop dimana bagian ujungnya lebar dan meruncing sisahnya jarumnya ramping sampai keujung satunya, jenis hands seperti ini biasanya juga dipakai dibeberapa merk classic dan elegant separti PATEK PHILIPPE, GALSSHUTE, ULYSSE NARDIN dll.

9. SWORD HANDS

Jenis jarum bergaya sword ini sering banget ditemukan dijam tangan diver military dan gua yakin pertama kali dipopulerkan oleh ROLEX dimodel SUBMARINER yang jarum jamnya berbentuk sword.

10. SYRINGE HANDS

Nahh bentuk hands seperti ini terispirasi dari jarum suntik bernetuk tabung dibagian tengah yang rata dan ujungnya dikasih jarum yang tipis dan runcing bentuk jarum jam tangan seperti sering kali dipakai model PATEK PHILIPPE, SINN dll.

11. PLONGEUR HANDS

Bentuk hands ini karakternya bener bener gemuk dan tegas untuk mempermudahkan dilihat oleh para diver saat menyelam, untuk model jarum jam tangan ini digunakan oleh merk OMEGA, BOREALIS dll.

12. SKELETON HANDS

Bentuk jarum seperti ini lazim ditemukan dijamtangan modern beberapa contoh dimerk HUBLOT dll.

13. SNOWFLAKE HANDS

Sudah tidak diragukan lagi ini adalah style hands yang sangat iconic yang dimulai oleh merk TUDOR dibeberapa model lainnya.

14. MERCEDES HANDS

Khas banget ini sebagai iconnya jam tangan ROLEX dari dulu sampai dengan sekarang.

15. FLEUR DE LYS

Yang bentuknya classic banget dan jarum jam ini dipakai dengan CZAPEK GENEVE.

 

Oke broo gua rasa segitu aja dari gua mudah mudahan pembahasan gua kali ini bermanfaat bagi kalian semua.

 

Untuk pembahasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Sejarah & Jenis - Jenis JARUM JAM TANGAN ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 07 November 2022

HALOO BROO

kali ini gua bakal ngereview sebuah jam tangan yang merknya adalah CRAFTER BLUE, model yang bakal gua bahas adalah mecanic OCEAN 300M ada dua pilihan strap ada yang RUBBER dengan model reference MOS002.SB.R dan juga opsi strapnya adalah satainless steel bracelet dengan model reference MOS002.SB.RB gua yakin banget merk CRAFTER BLUE ini bukan merk yang asing buat kalian apalagi kalo kalian pecinta jam tangan SEIKO DIVER, merk CRAFTER BLUE ini lekat banget tapi pada awalnya memang merk ini bukan terkenal dijam tangan melainkan dikenal sebagai merk VULCANIZE RUBBER STRAP for SEIKO DIVER. Merk ini memang bikin strapnya juga tidak main main bahkan disebut sebagai WORLD FIRST CURVED and RUBBER STRAP for SEIKO DIVE watch, curved end ini untuk menutup penuh dengan presisi jadi benar-benar sesuai dengan kontur jam tangan yang dia support selain itu juga dikasih insert didalamnya Seiko hingga mengikat dengan kuat dengan kontur lug jam tangannya. Tidak Cuma designya yg bagus kualitasnyapun sangat premium.

 

Oke lanjut ke topic gua mulai dari mulai kemasan, mereka cukup detil dan kemasananya cukup ekslusif bahannua juga lumayan premium, ukurannya juga tidak terlalu besar dengan logo crafter blue yang diprint dengan dengan sangat tegas dibagian outer box bagian atas setelah gua buka masih ada satu cover lagi yang ada tulisannya HK logo naganya khas Hongkong, jadi merk ini benar benar mengumumkan secara Bahasa kalau mereka ini berasal dari Hongkong.

Kesan pertama gua saat lihat jam tangan ini, jujur cukup impresif designnya sporty tanpa ngilangin classic dive watch designnya sepintas kalo gua lihat mirip seperti ROLEX DEEPSEA walaupun banyak perbedaan selain designya yg bagus juga ada beberapa hal kalo menurut gua ini unik, dibagian dalam bezel insert atau dibagian luar crystalnya itu dikasih lempengan satu lagi dengan tulisan propektif professional diver 300M dan juga ada tulisan yang dibawahnya helium escape valve dan ini diingrave sangat baik dan rapih.

 

Lebih dekat lagi kebagian dialnya pertama yang akan gua bahas adalah warna biru dialnya itu keren banget effect sunburstnya sangat bagus kelihatan mewah. Semua markernya apply dengan design yang khas banget jam tangan dive watch dikasih frame warna silver dan kemudian logo CRAFTER BLUENYA dengan warna putih diprint dengan sangat rapih dibagian atas dial.

 

Bagian bezelnya bergaya vintage coin edge bezel dengan grigi berbentuk blok jadi tidak lancip dengan finishing yang kalo menurut gua bagus banget rapih dan presisi konstruksi bezelnya juga tidak terlalu tinggi, lalu dibagian insertnya berbahan Alumunium dengan painting warna biru yang ngedoff jadi ini tidak mengkilap dan dari mulai markernya 12 sampai dengan 20 ini warnanya merah dan perpaduan warna merah dan bitu ini memang cukup iconic yang biasa disebut dengan pepsi.

 

Movement yang digunakan model ini mereka menggunakan dan mereka menyebutnya adalah CALIBRE 3531 yang sebenarnya ini adalah movement SEIKO NH35A yang dimodifikasi dan diganti rotornya.

 

Luminousnya pasti tidak akan kelewat, model ini menggunakan SUPERLUMINOVA BGW9 warnanya biru sangat responsive, sangat terang dan sangat durable.

Oke broo segitu aja dulu dari gua, kesimpulannya adalah build qualitynya sangat solid, eksekusi finishing yang sangat bagus dan spec yang sudah advance sebagai jam tangan diver.

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan CRAFTER BLUE MECHANIC OCEAN ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 25 October 2019

HALLO BROOO…

Kali ini gua bakal review salah satu model yang cukup berbeda dari merk PHOIBOS kalau biasanya mereka buat yang stainless steel kali ini mereka buat yang BRONZE untuk model yang pernah mereka buat yaitu EAGLE RAY dan tidak Cuma itu saja mereka juga hasil opsi dial yang belum pernah mereka pakai sebelumnya yaitu meteorite dial dua variannya ada Digambar bawah ini, yang sebelah kiri ada PY018F sedangkan sebelah kanan adalah EAGLE RAY BRONZE dengan model reference PY018D bedanya Cuma dijenis dialnya aja sisahnya sama.

 

Kalo menurut gua overall sebenernya tidak ada bedanya dengan yang EAGLE RAY STAINLESS STEEL yang pernah gua bahas, bentuk dan dimensi casenya kurang lebih sama Cuma ada beberapa perbedaan terutama casenya yang sekarang ini adalah berbahan BRONZE benrjenis CSN8 dan juga untuk ukuran diupgrade akhirnya dimodel BRONZE ini crownnya ukurannya lebi besar, lebig gampang banget untuk dioprasikan, selain itu markernya dibezel insert juga ada sedikit beda tidak dikasih luminous tapi diinggrave cukup dalam dan bertekstur dengan aksen warna emas.

Untuk yang Meteorite dulu, memang tidak ada yang ngalahin keunikan tekstur Meteorite Dial ini tekstur warna yang berbeda kalo kalian lihat dari Angle yang dari berbeda-beda.

 

Nahh kalo kalian tidak suka dengan Meteorite Dial, mereka juga menyediakan yang model Dialnya polos. Dengan dial yang polos ini jadinya kelihatan dialnya clean banget karena tidak ada tekstur didialnya.

Untuk model ini crystal yang digunakan adlah Double Domed Sapphire Crystal dengan tiga layer bergaya top hat jadi agak melengkung sedikit keatas kelihatan sangat clean dan pastinya keren.

Oke sakarang masuk dibagian bezelnya dari model EAGLE RAY ini design bezelnya sangat unik bergaya BLADE dengan konstruksi sedikit agak tinggi, bezel yang berdesign blade ini selain bentuknya unik banget juga secara durability kalian akan lebih mudah mengoprasikan bezelnya.

Untuk bagian case tidak ada perubahan kalau dari bentuknya sama bedanya Cuma ini menggunakan BRONZE jenis CUSN8. Kemudian disisi satunya lagi itu ada crown yang ukurannya diperbesar kalo menurut gua ini upgrade yang bagus karena akan lebih mudah dalam mengoprasiannya.

Jenis rubber yang sering banget dipakai dibeberapa microbrand yaitu adalah Tropic Rubber dan jam tangan ini menggunakan Movement yang lebih premium yaitu SELLITA SW-200 28,800 VPH 500M jadi secara movement udah gua bilang ini lebih sempurna

Diameter untuk jam tangan ini adalah :

  • Diameter 41MM

  • Ketebalan 14MM

  • Lug to lug 47MM

Untuk luminousnya sebenernya gua gabisa bahas banyak tentang luminousnya yaitu menggunakan superluminova C3 pada bagian dial dan handsnya.

Oke broo segitu aja untuk pemahasan review EAGLE RAY BRONZE dari gua, kesimpulannya adalah model ini penyegaran untuk merk PHOIBOS yang selalu focus ke stainless steel selain itu opsi sub dial juga kalo menurut gua jadi pilihan yang fresh buat merk PHOIBOS, spec lainnya juga tidak diragukan lagi bentuknya unuk dan movement yang digunakan adalah yang premium yaitu SWISS SELLITA SW-200.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan PHOIBOS EAGLE RAY BRONZE  ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 23 October 2019

Hallo Broooo..

Kali ini gua ga bakal ngebahas tentang review jam dan kali ini gua akan membawakan topic ringan yaitu Strap dari jam tangan dengan 20 ICONIC Strap & Bracelet Jam Tangan Versi Horology Story.

Oke mari kita mulai bro gua mulai dari pertama dulu yaitu :

1. NATO STRAP

Soal ini gua pernah bahas diakun youtube gua, tapi tidak masalah gua highlight sedikit originally strap NATO ini didevelop untuk British Army sekitar tahun 1970an dan dulu Namanya bukan NATO strap melainkan G10 STRAP dan sejak perang dingin berakhir G10 Strap ini surplus banyak sekali dan mulai dijual ke public, bagaimana setiap strap surplus tersebut dikasih kode Namanya NATO surplus RUBBER makanya sampai sekarang STRAP yang bergaya seperti ini disebut NETO STRAP. Normalnya NATO strap ini berbahan nilon atau kanvas.

2. ZULU STRAP

Tidak ada banyak terlalu data asal usul dari strap zulu ini yang pasti ini dipatenkan sama strap making company yaitu MARATAC dan ini terispirasi dari NATO strap, dan bahan yang digunakan adalah amoustly juga sama Cuma bedanya adalah hardware yang digunakan itu ada pakemnya yaitu rounded atau oval.

3. RALLY STRAP

Design strap seperti ini terispirasi dari sarung tangan balapan jaman dahulu yang berlubang, dan rally strap ini gampang banget jika diindentifikasi karena pada strap ada juga lebih lobang yang besar lalu mengecil kebawah pada bagian tengah strapnya beberapa merk jam tangan yang berkonsep retro racing sport biasanya pakai strap yang rally tapi sekarrang ini udah banyak banget yang lobangnya lebih kecil biar kelihatan bagus secara estetika.

4. PILOT STRAP

Strap ini mulai saat perang dunia ke dua oleh pilot dari negara Germany originalnya strapnya itu Panjang sekali biar bisa covertablenya jaket pilot dan pliot strap ini pasti selalu dibandingin sama pilot watch yang biasanya ukurannya juga besar.

5. BUND STRAP

Ceritanya kurang lebih sama seperti PILOT STRAP, BUND STRAP ini popular dipakai oleh Angkatan udara Germany di era perang dunia kedua dan yang khas banget dari BUND STRAP ini adalah tambahan layer yang melindungi case back yang juga dikuatkan leh keeper sebagai penguat dua pcs strap diatasnya idenya adalah melindungi bagian caseback bersentuhan langsung dengan tangan jadi pas keringetan tetap nyaman.

6. TROPIC STRAP

Strap ini asal usulnya didevelop diera tahun 60an sebagai alternative yang lebih murah menggantinya metal bracelet dulu ini sering dipakai sama SPORT lainnya ROLEX TODOR berbahan RUBBER yang flexible dengan beberapa lubang kecil dibagian bawahnya STRAPNYA yang lebih memungkinkan lagi fitment pada saat dipakai karena banyak opsi lubang untuk ukuran jam tangan yang beda beda.

7. PERLON STRAP

Cerita awalnya sama seperti Tropic Strap yaitu didevelop diera tahun 60an sebagai opsi murah dari bracelet berbahan trad atau benang dengan pateern basket grave tanpa lubang karena seluruh bagian strap ini bisa kalian colok sesuai ukuran pergelangan tangan kalian, inilah membuat kalian PERLON STRAP ini sangat digemari karena bisa fleksibel untuk semua ukuran pergelangan tangan.

8. WAFFEL STRAP

Strap ini sangat bersejarah untuk SEIKO mengunakan strap ini diawal tahun 1970an, dan waffle strap ini menjadi icon SEIKO diver dan Seiko lah yang dianggap menggunakannya, strap seperti ini ditahun tersebut langsug laku keras setelah uali dijual kepublic secara terpisah sampai sekarang pun masih sangat digemari dan masih banyak yang di pakai oleh beberapa microbrand.

9. DOUBLE RIDGE STRAP

Jenis strap seperti ini mulai dipopulerkan sama merk OMEGA, bentuk strapnya sangat khas yaitu ada dua padding dipinggir strap walaupun strap ini tidak popular dengan strap lainnya tapi masih banyak digunakan dibeberapa merk tertentu, strap ini berbahan leather atau kulit.

10. NASA STRAP

Strap ini bentuknya sangat Panjang dan dibuat sedemikian rupa untuk mensupport astronot menggunakan bahan yang lentur dan ngiketnya juga lebih mudah tanpa buckle pin jadi tidak harus dicolok dan hanya direkatkan saja.

11. MN STRAP

Untuk jenis strap ini berbahan parasut quarz dengan fleksibility yang sangat bagus juga sangat nyaman dipakai.

12. OYSTER BRACELET

OYSTER BRACELET sangat popular dan kalo menurut gua OYSTER BRACELET ini yang sekarang paling banyak beredar didunia maksud gua adalah designnya seperti itu karena oyster bracelet ini hadir ditahun 1930 yang dipakai sama ROLEX OYSTER.

13. PRESIDENT BRACELET

PRESIDENT BRACELET ini dipakai di ROLEX DAY-DATE 1965 disebut sebgai PRESIDENT karena ROLEX pernah kasih DAY DATE ini ke PRESIDENT AMERIKA yang ke-34 yaitu Dwight D. Eisenhower. Hamper berbentuk lingkaran, selain itu jumlan linknya juga agak banyak dengan tujuan biar lebih fleksible pada saat dipakai.

14. JUBILEE BRACELET

Bracelet yang konstruksinya sangat unik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1945 oleh rolex dievent 40 tahun Anniversarynya Datejust pertama kalinya hadir dengan bahan gold yang dijadikan image bracelet watch untuk ROLEX karakteristiknya sangat unik perpaduan link besar seukuran linknya PRESIDENT dipadukan dengan link-link kecil dibagian tengah.

15. ENGINEER BRACELET

Design link yang zig zag atas dan bawah yang khas banget bikin bracelet ini kelihatan sangat rapih pada design awalnya memang agak tebal dan Seiko lah yang disebut pertama kali menggunakan bracelet ini bergaya ENGINEERING ini.

16. SHARK MESH BRACELET

Entah kenapa bracelet ini dihubungkan sama predator laut yaitu hiu padahal bentuknya secara fisik tidak ada hubungannya sama sekali shark mesh ini pertama kali dikeluarkan dan dipakai oleh OMEGA dan sekarang ini banyak yang dipakai merk jam tangan.

17. MILANESE MESH BRACELET

Sesuai dengan Namanya MILANESE MESH ini berasal dari Milan Italy sekitar tahun 1920an dan popular sampai dengan tahun 1960an sering dipakai divintage dress watch konstruksinya lebih rapat dan kecil kalau dibandingkan sharkmesh bracelet dan hal tersebut menjadikan strap ini adalah bracelet terhalus dan terlembut dipasaran.

18. BEADS OF RICE BRACELET

Jenis bracelet ini dipopulerkan oleh pabrik bracelet terkenal yaitu GAY FRARERS pada tahun 1940-1970an pada tahun tersebut mereka mensuply bracelet ini ke PATEK PHILIPS.

19. THE LADDER BRACELET

Walaupun jarang kelihatan dipasaran, tapi kalo menurut gua jenis bracelet ini sangat iconic bentuknya sangat unik dengan lobang ditengah braceletnya mirip racing strap diversi bracelet diketahui buatnya sama khusus jam tangan seni tapi karna kurang digemari jadi tidak diproduksi lagi.

20. ICONIC BRAND’S BRACELET

Yang kayaknya Cuma dipakai dengan brand tertentu dan tidak applicable atau tidak dibuat untuk versi umumnya, yaitu ROYAL OAK BRACELET yang begitu iconic merk Audemars Piguet.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk 20 Iconic Strap & Bracelet ini :

 



by Timeindo Indonesia on 07 October 2019

Halooo broo

Gua secara pribadi seneng banget untuk menyentuh productnya sebelum final productnya selesai dan banyak hal positif yang bisa gua certain saat ini masih open pre order dengan harga khusus nanti gua bakalan ada saat productnya selesai, untuk selengkapnya silahkan kalian cek website gua www.timeindo.id .

Sekarang jam tangannya ada Digambar dibawah ini firs impression sangat solid dan varian sangat sangar banget all black dengan design yang pas banget untuk mendapatkan predikat field watch overall designnya mengusung untuk design iconic masa lalu yaitu supercompresor style BOLDR ini bukan microbrand pertamayang mengusung konsep supercompresor tapi gua sangat apresiasi merk BOLDR ini karena tetap menggunakan bentuk case khasnya BOLDR dengan ditambah dua crown yang karakter BOLDRnya tidak ilang khas banget.

SPESIFIKASI :

  • Solid 316L stainless steel

  • Diameter 41MM

  • Thickness 14MM

  • Rotating inner bazel

  • Double domed sapphire with AR

  • Premium EPDM rubber strap

  • Superluminova

  • Movement sellita SW-200 28,800 VPH

  • Water Resistant : 200M

 

Overall sebuah spec yang sangat advance dipadukan dengan build quality yang keren banget.

Oke gua mulai dari yang dialnya terlebih dahulu, sekali lagi ini adalah prototype jadi masih ada beberapa dalam finishing pastinya akan jauh lebih halus difinal product konstruksi dial terdiri dari dua layer yaitu inner bazel sebagai layer paling atas dengan ambush angka lima 10, 15 dan seterusnya sampai 55 ambushnya sangat rapih dan ini dilapisi oleh luminous juga Inner bezel ini juga bisa diputar dengan mengoprasi crown yang diatas. Lalu dibagian dialnya warna hitam finishingnya matte dengan marker  yang sangat rapih dimarker dengan Arabic marker lalu juga ada submarker yaitu angka dibagian dalam markernya indicator 24 jam.

Bagian bazelnya fixed atau static karena yang rotating adalah Inner bazelnya designnya kalo menurut gua bagus tidak bergerigi rapat tapi juga tidak polos dengan konstruksi yang tidak terlalu tinggi dan finishingnya halus. Lalu bagian cyrstalnya menggunakan double domed sapphire crystal yang sudah dilapisi oleh A/R style crystalnya tophat jadi agak menonjol diatas casenya keren banget.

Crown yang bagian atas adalah buat muterin inner bazel dan yang bawah untuk setting jam divarian expedition ini variannya berbeda seperti difinal productnya, bentuknya sama Cuma difinal productnya tidak dikasih aksen warna orange melainkan silver sementara diprototypenya dikasih orange. Jadi sekali lagi crown atas untuk final productnya dikasih aksen warna silver

Case backnya jelas banget menandakan ini adalah para petualang sesuai dengan Namanya EXPEDITION bagian casebacknya diAmbush telapak sepatu ditengah maze sangat unik dan jelas banget model expedition ini dibuat sebagai field watch khususnya untuk arah petualang atau orang orang yang berjiwa petualang ambushnya rapih finishingnya polish dengan detil ingraving yang sangat rapih disekeliling case backnya dan sesuai dengan konsepnya adalah field watch maka strap berbahan rubber adalah pilihan terbaik untuk opsi strapnya costum didesign yang sangat tegas lago BOLDR yang di ambush dibagian strap atas dan kualitas rubbernya sangat premium dan buckle nya adalah premium costum tank buckle dengan logo BOLDR yang khas.

Untuk bagian luminousnya jam tangan ini mengunakan superlluminova

Oke bro segitu aja dari gua, gua harus akui model EXPEDITION ini punya konsep yang sangat bagus solid build quality dimensinya sangat bersahabat.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan BOLDR EXPEDITION ini :

 

 



by Timeindo Indonesia on 07 October 2019

Kali ini gua mau review jam tangan dari homagenya Seiko diver yaitu HEIMDALLR SHARKEY sebuah merk yang berasal dari china yang mengusung konsep homage amously SEIKO diver homages tapi juga ada beberapa submariner homages ada juga omega homages yang gua bakal review adalah homagesnya Seiko diver legendaris yaitu 62MAS dari sisi design ini mirip banget sama SEIKO diver lama dari mulai bentuk design, detil dan dimensi ini benar benar mirip dengan SEIKO.

Oke gua mulai yang 62MAS SHARK terlebih dahulu tidak diragukan lagi model ini terispirasi dari jam tangan diver SEIKO yang pertama kali keluaran tahun 1965 dengan model reference 6127-8000 atau disebut dengan 62MAS yang pasti barangnya udah tidak ada kalaupun masih yang jual harganya bisa mencapai 48jt sangat mahal, lalu model ini juga sempet dibuat isunya yaitu dengan model reference SBDC051 yang harganya sektar 10jtan sedangkan merk SHARKEY ini hadir dengan design serupa dengan harga yang Cuma 170USD yaitu 2,4jtan.

Design dialnya sama dengan inspiratornya yaitu 62MAS bentuk markernya kuat banget dengan silver yang sangat tegas bentuk handsnya juga kurang lebih sama dan sama sama ada fitur tanggal menggatikan marker angka 3 dengan frame silver lalu dibagian atasnya ada logo HAMDALLR SHARKEY yang sangat tegas applied dengan warna silver cukup rapih dan dibagian bawahnya automatic divers 300m.

Oke untuk bezelnya berdesign coin edge dengan grigi kecil, mirip banget dengan design bezel 62MAS dan ternyata setelah gua liat finishingnya juga sangat rapih, sangat halus, benar benar jauh diatas ekspetasi gua finishingnya juga solid tidak terlalu tinggi dan satu hal lagi

Kemudian disisi satunya ada crown yang khas banget 62MAS ukurannya cukup besar menonjol tanpa crown guard, crownnya bergrigi dengan finishing yang cukup halus dan seperti biasa ada logo yang diembosh dengan baik dipermukaan crownnya, lalu bagian case backnya tertutup atau solid dengan logo HEIMDALLR dengan dipolish dengan baik dan dikelilingi oleh patern yang berbentuk segitiga yang menyerupai gigi ikan hiu lalu dibagian paling luarnya diambosh detil sangat rapih ini beda dari jam tangan pada umumnya biasanya diingrave tapi merk ini memilih diambosh overall finishingnnya sangat rapih dan tidak kasar pada saat dipakai.

Bracelet option untuk warna ini overall rubber khasnya SEIKO kualitasnya cukup baik, cukup lentur dan tidak kaku walaupun dibagian tank buckle tidak costume dan tidak ada logo merk HEIMDALLRnya.

Movement yang digunakan untuk model ini adalah SEIKO NH35A 21,600 VPH 21 jewels selain itu juga mendukung waterresistant 200M

Dan terakhir dibagian luminousnya memakai luminous superluminova C3 sangat terang dan responsive warnanya hijau dan superluminova C3 ini sangat durable.

Oke segitu dulu bro dari gua, kesimpulan dari gua jujur dari prokontra dari konsep homagenya build quality jam tangan ini jauh diatas rata-rata dan jauh diatas ekspektasi gua yang harganya segitu buat spec yang advance seperti ini dibandrol Cuma 2,4 jutaan gua nilai ini sangat worth it velue for money.

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan HEIMDALLR SHARKEY ini :

 



by Timeindo Indonesia on 30 September 2019

Kali ini gua bakal kasih topic yang agak ringan, dan tapi kalo menurut gua sangat penting diera digital yang serba online sekarang ini topic yang bakal gua bahas adalah seperti judul yang diatas. Kalo kalian kaloa berada dikota yang sama dengan penjual jam tangan yang kalian mau anggap itu sebuah gift yang memberikan keuntungan buat kalian jadi kalian bisa cobain dengan secara langsung kalo kalian ada waktu dan mau macet-macetan kalo kalian dijakarta atau mungkin ada petugas dari sellernya yang di fasilitasi cash on delivery tapi kalo buat kalian yang berada dikota yaitu berbeda dari sellernya atau bahkan negara yang berbeda bisa jadi pengalaman gua dulu itu terjadi saat sama kalian udah beli jam tangan mahal tapi tidak kepakai karena ternyata ukurannya tidak pas ditangan kalian makanya hari ini gua mau coba share topic ini bedasarkan pengalaman gua yang mungkin bisa kalian jadikan panduan di beberapa point.

oke langsung aja langkah paling pertama sebelum tau ukuran jam tangannya, kalian harus tau dulu ukuran pergelangan kalian dan bedasarkan pengalaman gua yang harus kalian tau bedasarkan pengalaman gua adalah yang pertama :

1. Diameter pergelangan tangan tangan kalian

Caranya kalian ambil sebuah tali lalu lingkarkan ke pergelangan tangan kalian yang biasa kalian pakai jam tangan, jangan terlalu ketat. Normal saja seperti kalian pakai jam tangan biasa setelah itu kalian kasih tanda atau kalian potong lalu ukur panjangnya menggunakan penggaris

 

2. Harus tau lebar pergelangan tangan

Caranya ambil alat pengukur atau sigma lalu kalian ukur lebarnya diposisi biasa kalian pakai jam ttangan contohnya lebar pergelangan tangan gua adalah 50.1 mm nahh setelah kalian tau dengan ukuran pergelangan tangan kalian maka yang kalian harus ketahui adalah beberapa bagian dai jam tangan yang bisa mempengaruhi bagus atau enggaknya kalau dipakai ditangan

 

Semua apa yang tadi gua sebutin kalian udah tau pergelangan tangan kalian untuk ukurannya berapa kemudian kalian udah tau point-point dari jam tangan yang bisa mempengaruhi feedment jamtangan tersebut yang barusan gua sebutin, nahh langkah berikutnya adalah gua akan coba kasih kalian patokan atau panduan bedasarkan pengalaman dan pengetahuan gua dalam menggeluti jam tangan

 

1. Ukuran standar kepantasan

General rules yang pertama adalah sudut pandang kepantaskan secara umum proporsi ukuran jam tangan yang bisa dibilang proposional atau bagus berbanding dengan ukuran pergelangan tangan pada umumnya adlah seperti gambar dibawah ini

 

Nahh ini sekali lagi adalah namaya general rules jadi bukan hukum atau aturan yang pasti karena sekarang ini trendnya adalah pakai jam tangan ang besar bukan lagi proporsi yang dilihat tapi lebih kefasion atau style dalam memakai jam tangan .

 

2. Proporsi diameter berbanding lingkar pergelangan tangan

Untuk bagian ke dua ini adalah mengacuh ke general rules yang pertama dilihat proporsi diameter berbanding ukuran pergelangan tangan dengan asumsi bentuk pergelangan tangannya normal.

 

1. Proporsi lug tip to lug tip berbanding dengan lebar pergelangan tangan

Masih kepantasan di general rules yang pertama yaitu proporsi ukuran lug tip to lug tipnya berbanding dengan pergelangan tangan rulesnya adalah lebar lug to lug tipnya harus lebih pendek dari pada lebar pergelangan tangan kalian, dan ini yang sering gua pakai untuk patokan karena walaupun diameternya cukup dan sesuai dengan general rules yang kedua kadang lug tip to lug tipnya itu Panjang, makanya gua selalu berpatokan kesini karena automatis diameternya akan menyesuaikan proporsiaonal berbanding dengan lug tip to lug tipnya.

 

Oke gua ada beberapa saran untuk kalian pertimbangkan adalah

2. Kalau tangan kalian kecil jangan pakai yang tebel

Jam tangan yang paling tebal yang masih pantas gua pakai adalah 15 mm, seperti jam tangan yang gua pakai saat ini

 

3. Perhatikan bentuk lugnya

Apakah bentuk lugnya datar, atau slowping dan ini sangat penting untuk jadi pertimbangan disamping ukuran diameter dan ukuran lug tip to lug tipnya.

 

4. Pilih strap yang mendukung dimensi jam tangan

Kalau sudah tebal jam tangannya jangan pakai nato strap, itu bakal buat kalian tambah tebel lagi dan bentuk lugnya flat, gua saranin kalian pakai leather atau rubber jangan pakai natto karena bakal menyisahkan gap diujung lugnya.

 

5. Gunakan virtual visualization

Yang ada diwebsite besar contohnya ada di chrono24.com.

 

Oke broo, segitu dulu dari gua dan semoga pembahasan gua lebih bermanfaat bagi kalian. Kalau pakai jam tangan kegedeanpun kalo kalian nyaman yaa boleh boleh saja walaupun secara esthetic kurang okay, kuncinya adalah nyaman dan pede pada saat dipakai dan buat gua ukuran jam tangan yang ideal dan proposional pasti akan buat kenyamanan pas jam tangan itu dipakai makanya kalau gua pribadi selalu berpatokan sama general rules yang gua bahas tadi.

Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk panduan ukuran jam tangan ini :

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan MICROBRAND bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 30 September 2019

Haiii Brooo

Untuk pembahasan kali ini gua mau ngebahas tentang kenapa gua suka banget sama dunia Horology dan sepcsifikasi gua suka banget movement mecanic yang pada pada jam tangan.

Rata-rata orang suka movement mecanic karena keindahaannnya bahkan orang rela bayar mahal untuk keindahan struktur sebuah movement mecanic ini juga salah satu alasan gua kenapa jam tangan mecanic strukturnya kelihatan bagus sekali dan indah banget, tapi ini bukan alasan utama buat gua karena buat gua pribadi ada yang paling menarik dari cara kerja movement mecanic yaitu synergic pada artsnya sampai bisa mengasilkan Gerakan yang akurat dan gua selalu melihatnya sebagai panduan dan acuhan dalam menjalankan kehifdupan gua secara pribadi rumah tangga, bertetangga, atau berkomunitas dalam skala kecil maupun skala besar.

Coba kalian bayangin tanpa sebuah electrical power, semua bergerak sinergi dan menciptakan akurasi sehingga memberikan yang mampu menghasilkan akurasi dan bisa dijadikan acuhan waktu untuk penggunanya, ada beberapa hal dalam mechanical movement yang bsa gua implementasikan dalam kehidupan khususnya untuk gua.

1. Kita perlu tema

Dalam kehidupan manusia naturely kita adalah makhluk social dan masing masing kelompok mempunyai tujuan masing masing misalkan komunitas music, komunitas pengusaha, komunitas jam tangan, dll tanpa sebuah tema tidak mungkin sebuah kelompok bisa dibentuk begitupun sebuah negara nahh didalam dunia jam tangan atau horology kita juga perlu tema, temanya adalah tema quartz, tema kinetic, tema solar, tema automatic, tema spring drive. Apapun jenis movementnya biar bisa bergerak harus memiliki power source untuk menggerakan gir atau komponennya.

 

2. Kita perlu sebuah leader

Setiap kelompok apapun perlu seorang pemimpin yang mampu memberikan arahan tenaga, ide, dan memotivasi yang gua tanya untuk menghidupkan kelompok atau komunitasnya, dalam dunia horologypun sama setiap jenis movement power supply atau sumber tenaga yang gua bisa analogika sebagai ide-ide kreatif dari seorang pemimpin.

 

3. Kita perlu orang-orang inti

Sebuah kelompok harus ada orang-orang inti yang berperan membantu menghidupkan kelompoknya tersebut misalkan tim ahli, bendahara, wakil ketua, dan divisi-divisi lainnya. Nahh pada mechanical movement pun gua juga bisa bilang sama, gua bisa analogika orang tersebut adalah part inti yang ada di build range, ada center wheel, third wheel, forth wheel, yang bekerja sesuai dengan peranannya kuncinya adalah bekerja dengan sesuai dengan peranannya atau rolenya jangan mengambil kerjaan orang lain.

 

4. Kita perlu fungsi control

Kalau tidak ada peran ini dalam sebuah kelompok tidak akan jalan dengan baik dan tidak terarah makanya perlu khusus orang yang melakukan fungsi control biar output dari kelompok tersebut bisa lebih baik dan lebih terarah dengan output yang berkualitas nahh ini juga yang terjadi pada mechanical movement semua energy yang dihasilkan dikeluarkan malalui escape wheel tapi harus dikontrol biar terarah dan stayable melalui peran alat pallet fork yang mengontrol escape wheel dengan konstan sehingga balance wheel bergerak dengan stabil, dan hasil akhirnya atau outputnya sangat terjaga, terjaga akurasi pada movement tersebut.

 

5. Kita perlu menciptakan maanfaat

Kalau semua fungsi dijalankan sesuai dengan perannya memberikan ide-ide dan tenaga dan motivasi lalu orang yang intinya bekerja sesuai rulesnya tanpa ikut campur dengan bagian lain lalu fungsi kontrolnya juga berjalan maka output yang dihasilkan pasti akan menciptakan manfaat untuk orang lain cotohnya komunitas music blues, akan menciptakan music blues yang berkualitas yang bisa dinikmati oleh orang lain begitupun dalam mechanical movement jika semua bekerja baik sesuai dengan para pakarnya maka outputnya adalah akurasi dan akhirnya bisa memberikan manfaat sebagai patokan waktu untuk orang yang menggunakannya.

 

6. Kita perlu bekerja secara team

Dalam sebuah kelompok kalo bekerja diri sendiri tidak ada team work maka kelompok itu tidak akan bisa berjalan begitupun didalam mechanical movement. Jika tidak ada kerja sama yang baik diantara gir girnya maka tidak akan bisa menghasilkan output yang baik dari mulai barrel, center wheel, third wheel, fourth wheel, lalu dilepas dan diescape wheel dan dikontrol melalui palet sehingga balance wheelnya bergerak dengan konstan

 

7. Kita perlu penyegaran atau refreshing

Sebuah kelompok atau komunitas atau terasa boring kalau tidak ada acara-acara bersamaan misalkan gethring atau jalan jalan ketempat rekreasi dll sehingga kedepannya ikatan antara anggotanya semakin terjaga dan jadi lebih fresh untuk kegiatan berikutnya, begitupun dalam mechanical. Perlu penyegaran, kalibrasi, service secara rutin, lubrikasi dllsehingga akan terus bekerja dengan baik dan akurasinya terjangkau.

 

Oke brooo, gua rasa itu aja dari gua semoga pembahasan ini bisa bermanfaat buat kalian walaupun pembahasan ini bukan guide atau review disini gua Cuma share cara pandang terhadap movement mecanic dan hal ini lahh membuat jatuh cinta sama movement mecanic walaupun orang bilang ribet, harus handwinding kala tidak dipakai mati, akurasinya juga tidak se akurat quartz buat gua itu lahh seninya.

Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk HOROLOGY dalam kehidupan ini :

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan MICROBRAND bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 23 September 2019

Halooo broo…

Kali ini gua bakal bahas adalah TREND WARNA BIRU PADA JAM TANGAN yang saat ini mulai banyak dan mulai banyak digemari dan kira-kira kenapa warna biru itu, sekarang sangat digemari dan jadi trend warna jam tangan.

Oke pada era dunia horology khususnya pada saat era jam tangan dimulai yaitu sektar 1904 jam tangan pada umumnya memilih warna putih sebagai warna dialnya karena wakti itu belom ada luminous, lalu berkembang sampai tahun 1930an warna ivory atau cream jadi pilihan dan berkembang lagi keaksen warna gold sampai dengan tahun 1950an, masih belum banyak jam tangan yang pakai dial hitam hanya ada beberapa aja salahsatunya adalah ROLEX dan PANERAI udah mulai buat yang black dial, lalu berkembang lagi ke era jam tangan diver nahh pada saat itu warna dial hitam mulai banyak diproduksi karena sudah ada fitur luminousnya pada saat itu, gua bisa bilang sampei pada era 1960an warna dial hitam mulai mendominasi sampai akhirnya ROLEX keluar dari zona itu dengan memilih dial warna biru untuk Datejust 1603 dan omega pun sama tahun 1960 mengeluarkan seamaster yang dialnya biru dan sejak itulah mulai banyak bermunculan blue dial, seperti patek philippe 3548, TUDOR, TISSOT dll.

Maraknya jam tangan dengan aksen warna biru terutama pada dial, ternyata di respon dengan positif baik oleh kalangan pecinta jam tangan sampai dengan sekarang.

Banyak survey membuktikan bahwa warna yang paling banyak yang digemari adalah warna biru baik laki-laki maupun perempuan dan ternyata hampir disemua negara warna biru secara general adalah warna yang paling disukai dibandingkan dengan warna lain.

Urutan 5 keatas yang digemari warna-warna adalah :

  • BIRU
  • MERAH
  • GREEN
  • UNGU
  • BLACK

Dan data ini gua ambil hasil survey salah satu situs yaitu the top 5, menurut gua pribadi beberapa alasan gua mengacuh ke color psycology kenapa orang suka warna biru.

  1. Warna biru adalah cerminan ketenangan dan calmness, warnanya tidak nyolok bukan warna yang mengancam.
  2. Warna biru cerminan melankolik, cerminan dari kesedihan cerminan keacuhan makanya ada music blues yang menyayat ada juga lagu-lagu yag diidentikan oleh feeling blue, blue Monday dll.
  3. Warna yang bikin produktif, kantor dengan nuansa warna biru katanya membuat produktifitas kerjanya lebih baik.
  4. Warna biru juga sebagai symbol stability & realibility
  5. Warna biru juga sebagai warna alam yaitu warna langit yang menyejukan dan enak dilihat

Oke itulah dari sudut pandang warna yang gua ambil dari beberapa referensi, kalo dari sudut pandang jam tangan gua rasa ada beberapa hal menurut gua jadi beberapa alasan kenapa produsen maupun konsumen memilih warna biru bahkan sekarang ini dikasih sebutan BLUE IS THE NEW BLACK didunia jam tangan oke yang pertama adalah :

  1. Orang udah bosen dengan warna hitam atau putih
  2. Warna biru adalah warna kesukaan orang pada umumnya
  3. Warna biru memberikan warna tone yang lebar untuk para produsen jam tangan
  4. Warna biru itu lebih sporty dan casual
  5. Warna dial biru cocok dengan banyak warna strap
  6. Warna biru masih dekat dengan warna hitam yang konvesional
  7. Warna biru juga bisa tampil formal

Nahh itulah fenomena yang terjadi didunia jam tangan sekarang ini banyak produsen jam tangan yang memprodusen warna biru pada jam tangan tidak Cuma merk mainstream di microbrand pun trandnya adlah banyak yang menggunakan warna biru untuk model jam tangannya. Dan sekali lagi warna adalah preferensi pribadi dan kalian sendiri yang punya hak untuk mengartikan apa arti warna yang kalian pilih itu.

 

Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Trend Warna Biru Pada JAM TANGAN KENAPA BIRU ini :

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan MICROBRAND bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 20 September 2019

HALO BROOO......

Oke kali ini gua gabakal review untuk jam tangan apapun, gua disini Cuma mau jawab beberapa request dan pertanyaan dari beberapa subscriber gua dan gua bakal kupas secara tuntas tentang MICROBRAND dari mulai sejarah, merk-merknya, komunitasnya, kualitasnya, dll. Gua harus jujur ga banyak data yang valid dari perjalanan industry MICROBRAND WATCH ini tapi gua coba bahas bedasarkan hasil riset data dan pengalaman gua selama menggeluti dunia MICROBRAND.

 

A. DEFINISI MICROBRAND

MICROBRAND WATCHES atau jam tangan Microbrand adalah sebuah yang didesign atau diproduksi oleh perorangan atau perusahaan skala kecil yang independent tidak terikat oleh perusahaan atau grup perusahaan lain apapun bisa Cuma 2 orang, 3 orang atau 5 orang yang oprasiin perusahaan dan produksinya juga juga terbatas paling Cuma antara 300 s/d 2000 pcs maximum dalam satu tahun saat ini ada ratusan merk jam tangan MICROBRAND yang available di pasar dan sedikit sekali yang ngebahas soal industry MICROBRAND secara tuntas karena sulit sekali buat mendapatkan data yang valid, dan gua sendiri ngikutin dunia MICROBRAND WATCHES ini dari sejak tahun 2010 dan gua ngeliat perkembangannya pesat banget sampe akhirnya gua memutuskan menjalanani hobby gua ini menjadi sebuah bisnis mulai bulan maret tahun 2019 sampai sekarang.

 

B. SEJARAH MICROBRAND

Tidak diketahui jelasnya kapan MICROBRAND ini dimulai dan oleh siapa karena tidak ada yang melalukan research secara khusus buat industry ini sejak awalnya yang pasti sejak era internet dimulai sekitar pertengahan tahun 2000 mulai bermunculan merk jam tangan MICROBRAND yang dijual secara langsung melalui internet, pada awalnya ini bukan sebuah industry seperti sekarang hanya bisnis yang bersbasi hobby buat orang-orang yang suka buat design jam tangan yang membuatnya dalam jumlah sangat terbatas dan dijual secara langsung melalui internet, pada saat itu ebay adalah platform terbaik buat mereka selai itu tidak diketahui merk pertama dalam industry MICROBRAND karena pasar jam tangan mulai melihat MICROBRAND sebagai industry yang terpisah itu setelah tahun 2000 padahal banyak merk-merk jam tangan yang udah cukup lama tapi bisa dikategorikan MICROBRAND pada saat itu contohnya merk MONTA, INVICTA, STEINHART, AUTODROMO dan beberapa brand lain dengan skala kecil tapi belom ada kategori MICROBRAND pada saat itu, dan beberapa merk yang tadi gua sebutin udah tidak bisa lagi dikategorikan sebagai MICROBRAND karena produksi mereka sudah mulai masal seperrti contohnya, STEINHART udah tidak bisa lagi dibilang MICROBRAND.

 

C. PERKEMBANGAN INDUSTRI MICROBRAND

Pasar Amerika lah yang memulai membesarkan industry MICROBRAND ini banyak sekali brand-brand MICRO yang berasal dari USA yang muali dikenal dipasar USA sejak tahun 2010 sebut saja merk DAN HENRY, HALIOS, GORILLA WATCHES, CHRISTOPER WARD. Bahkan mereka punya wadahnya buat show off jam tangan MICROBRAND mereka seperti WORN & WOUND, WINDUP, dll lalu dunia digital terus berkembang dan industry Crowdfunding pun mulai marak dibuktikan dengan bermunculan Crowdfunding platform seperti KICKSTARTER, dan INDIGOGO yang menjadi tempat terbaik buat para pemilik project jam tangan untuk mendapatkan dana di awal biasanya costumer belinya pre order dan mereka menunggu produksinya selesai baru akan dikirim, bisa sampai 2 bulan atau 3 bulan kemudian Crowdfunding seperti KICKSTARTER ini sangat dibantu buat merk-merk microbrand karena kebanyakan dari produksi MICROBRAND tidak memiliki kapital yang cukup nahhh dari sejak itu mulailah bermunculan merk-merk jam tangan ang kita tidak pernah tau muncul di KICKSTARTER mendapatkan dana lalu mendapatkan costumer dan pre order kemudian produksi dan akhirnya distribusi gua bisa bilang 95% MICROBRAND sekarang ini lahir dari platform tersebut yaitu KICKSTARTER atau pun INDIGOGO, tidak Cuma dari USA tapi dari berbagai macam negara seperti Prancis, Italy, England, New Zeland, Singapore, Australia, Hongkong, Swiss, dll saat ini gua tidak bisa nyebutin ada beberapa merk MICROBRAND ynag udah beredar karena udah banyak banget yang mungkin bisa bermunculan setiap hari.

 

D. KENAPA MICROBRAND ??

Kenapa industry jam tangan MICROBRAND muli dilirik dan dipilih oleh produsen konsumen penggemar jam tangan, nahh gua menduga ada beberapa alasan yang pertama adalah :

1. GAP antara LUXURY WATCHES dengan CHEAP WATCHES terlalu jauh.

Dilevel tengah para watches antusias lihat SWISS watches terlalu mahal dan tidak semua orang mampu tapi juga mereka tidak mau membeli jam tangan murah, maka alternative terbaik mereka adalah cari merk tengah yang menyajikan kualitas dari design yang bagus dengan harga yang terjangkau, maka mulai mereka melihat jam tangan merk MICROBRAND.

2. Udah mulai bosensama design jam yang gitu-gitu aja.

Dan model yang bisa disajikan juga tidak terlalu beragam makanya mereka mulai ngelirik jam tangan MICROBRAND yang merupakan salahsatu alternative untuk mencari design jam tangan yang berbeda, unik, stand up from the crowd, bahkan keluar dari konsep design jam tangan yang konvensional.

3. Maraknya jam tangan replica yang harganya mahal.

Nahh pada produsen jam tangan melihat ini sebagai opportunity begitu juga orangnya yang memiliki jam tangan mewah, sampai beli yang replica yang harganya lebih dari 5jt sampai dengan 10jt, nahh dengan memilih jam tangan MICROBRAND mereka mendapatkan jam tangan dengan kualitas yang asli designnya juga bagus bahkan sering terinspirasi oleh merk-merk terkenal seperti ROLEX, dll dari pada mereka beli KW.

4. Dukungan digital yang murah dan mudah.

Sehingga branding marketing bukan lagi budget yang tidak terlalu mahal untuk memperkenalkan merk jam tangan baru dengan budget produksi yang terbatas seperti jam tangan MCROBRAND apa lagi sekarang ada facebook, Instagram, youtube untuk sangat mudah buat produsen jam tangan dalam menjangkau pasarnya dan memperkenalkan jam tangannya.

 

E. FAKTA KARAKTERISTIK MICROBRAND

Setelah gua melakukan riset ada beberapa karakter daridari jam tangan microbrand yang beredar saat ini yang pertama adalah :

1. Skala produksinya kecil

Biasanya mereka Cuma bikin satu model dalam jumlah 500pcs maximum itupun udah dengan beberapa varian warna atau dial dll, setelah itu mereka biasanya stop produksi dan memilih model lain untuk produksi berikutnya.

2. Dioprasikan perorangan dengan jumlah orang yang sedikit

Dioprasikan dengan kantor kecil atau dirumah, biasanya ownernya langsung in touch sama costumernnya, untuk costumer seperti gua ngobrol sama faunder jam tangan ini sebuah experience yang menarik dan dapat cerita langsung dari pemiliknya karena gua tidak mungkin ngobrol sama pemiliknya ROLEX atau merk tertentu karna lain kalua walaupun mereka masih hidup.

3. 100% MICROBRAND dibuat di China.

Jadi kalau mereka bilang US watches, Italian watches, dll gua bisa jamin micro brand semua produksi di China dengan label yang agak manis yaitu dibuatnya di Hongkong padahal di China, gua sendiri pernah meriset dan kontak langsung dengan beberapa factory yang memproduksi beberapa MICROBRAND sampai akhirnya gua memutuskan untuk bikin satu brand sendiri dalam waktu dekat, lalu kenapa China? Gua rasa tidak perlu dijawab emang tempatnya disitu pendukung produksinya lengkap, dan biaya produksinya jauh lebih murah selain itu produsen microbrand itu tidak punya capital untuk buat factory sendiri.

4. Jarang yang punya butik khusus rata-rata online.

Jalur distribusinya langsung ke user atau melalui authorize retellernya seperti GNOMON, WATCHCAUGE, SERIOUSWATCHES, PAGE&COOPER, dll beberpa negara yang berbeda termasuk juga TIMEINDO.ID untuk Indonesia, tapi ada juga beberapa merk yang memilih distributor sendiri seperti contohnya DAN HENRY yang memutuskan tidak mau partnership dengan reteller karena menurut mereka marginnya udah terlalu kecil, lalu juga ada satu lagi merk microbrand retilnya lumayan besar buka butik khusus seperti contohnya MELBOURNE WATCHES di Australia.

5. Design nya terispirasi jam tangan iconic.

biasanya jam tangannya terispirasi dari merk terkenal misalkan NETHUNS sangat SEIKO banget, OCEANX yang ROLEX banget, PHOIBOS yang ROLEX banget dll nahh ini adalah level amannya mereka karena lebih mudah dikenal dan orang-orang cendrung suka contohnya untuk merk Phoibos yang laku adalah model Homage SUBMARINERnya lalu OCEANX yang laku adalah homage DEEPSEAnya dll. Setelah itu mereka mulai mencoba design yang eklusif tapi juga hati-hati takut nya tidak laku, kalau mereka dari awala memproduksi yang bener-benr beda designnya akan sulit buat merka dan harus branding dengan baik contohnya PHOIBOS akhirnya mengeluarkan GREATWALL yang designnya totally ekslusif itupun setelah sukses dan konsep SUBMARINER homagenya.

6. Menggunkan movement umum yang dibuat pihak ketiga.

Hamper semua MICROBRAND menggunakan mesin pihak ketiga seperti SEIKO, MIYOTA, SELLITA, atau ETA, ketika memulai mempelajari MICROBRAND maka kalian akan sering mendengar movement-movement yang sering dipakai seperti NH35, NH36, NH38, MIYOTA 9015, SW200, ETA 2824, dll karena tidak mungkin untuk mereka punya NH movement opsi premium mereka biasanya menggunakan mesin SWISS seperti SELLITA atau ETA contohnya seperti jam tangan BOLDR GLOBTTROTER yang memakai mesin ETA 2893 atau model ODDYSEY dan EXPEDITION yang memakai SELLITA SW 200.

7. Rata-rata focus pada kualitas dan specs

Dengan harga yang terjangkau berbanding dengan spec tersebut contohnya OCEANX yang gua punya ini specnya udah tinggi banget dari mulai case, crystal, luminous, dll dan dibandrol Cuma 5 jutaan dengan spec yang udah tinggi.

 

F. KELEMAHAN MICROBRAND

Gua melihat ada beberapa kelemahan dari jam tangan MICROBRAND atau pun indusri microbrand secara keseluruhan :

1. Rata-rata online tidak bisa cobain jamnya.

Jarang yang punya butik rata-rata online bayangin aja brandnya baru, belom pernah lihat, jarang orang-orang lain pakai dan tidak bisa kalian coba jadi Cuma ngandelin revienya dari youtube, Instagram, dll.

2. Costumer support tidak bagus

Bali lagi mereka paling hanya running dari kantor kecil Cuma 3 sampai dengan 5 orang kada tidak berpengalaman dalam handing costumer service jadi akan sedikit sulit kalau kalian mau mendapatkan level costumer service yang bagus didalam industry microbrand.

3. Tidak ada kepastian

Merk jam tangan microbrand rata-rata lahir dari KICKSTARTER ataupun INDIGOGO, walaupun mereka sangat sukses di model awal belum ada jaminan apakah mereka akan terus produksi ataupun perusahaannya akan tetap jalan atau bahkan mereka akan stop lalu quit dari industry karena banyak sekali yang sudah mati dan udah quit dari industry microbrand jadi garansi satu tahunataupun dua tahun, kita tidak tahu itu perusahaan masih ada atau tidak dalam waktu kedepan.

4. Re-sell value nya rendah

Ini udah bisa dibilang pasti karena brandnnya tidak terkenal maka nilai nya pun akan jatuh jadi gua saranin kalo kalian mau beli microbrand bkan cari re-seller value sampai ada marketplace yang bisa memfasilitasi khususnya dinegara kalian.

Lalu apa solusinya untuk kelemahan seperti diatas??? Saran dari gua adalah cari lah jam tangan microbrand yang ada authorize dellernya di negara kalian, jadi kalian bisa datengin kantornya, bisa cobain jamnya, bisa dibayar ditempat, claim garansi, ngobrol sama costumer servicenya dan bisa lebih mendapatkan jaminan atau garansi kalau ada kerusakan kedepan walaupun merknya udah exist lagi.

 

G. KELEBIHAN MICROBRAND

Selain dari kelemahan yang tadi gua sebutin pasti ada kelebihannya juga dari MICROBRAND watches sehingga banyak digemari, kalo menurut gua ada beberapa hal positif dari jam tangan MICROBRAND yang pertama adalah.

1. Berdiri dari orang lain

Kalian pakai jam tangaan orang yang tidak pakai jadi ada yang bisa kalian cerita dari jam tangan kalian.

2. Spec dan harga tinggi terjangkau

Solid bulid finishing, perfect finishing, ceramic insert, superluminova, sapphire crystal, water resistant 300M atau lebih, solid bracelet, reliable movement. Nahh ini lah salah satu specisifaksi impian jam tangan tapi kalo mau spec yang bagus, dimerk yang terkenal kalian harus bayar mahal banget mungin bisa sampai ratusan juta, tapi pada jam tangan microbrand paling juga dibandrol antara 5 sampai dengan 10 jutaan.

3. Ada yang bisa costum design

Beberapa microbrand dicostumize sesuai dengan yang kalian mau contohnya merk UNDONE yang kalian bisa pilih designnya bahkan dikasih nama kalian bisa selain itu juga banyak design yang esklusif yang khusus dijual dinegara tertentu seperti contohya di Indonesia seperti LOVE INDONESIA atau BOLDR EXPEDITION LIMITED EDITION untuk Indonesia yang sebentar lagi akan gua rilis.

4. Bisa jadi alternative hadiah/kado

Dari pada kalian kasih hadiah jam tangan murah apa lagi KW tapi kalo mau beliin ROLEX juga kemahalan, SEIKO kebanyakan orang pakai, maka microbrand bisa jadi alternative yang baik dengan design yang unik dan kualitas yang bagus.

5. Harganya terkontrol dengan baik

Dalam industry microbrand jalur distribusinya sangat terbatas dan ini membuat amoustly jam tangan microbrand harganya menjadi terkontrol semua reteller sepeti gua wajib mengikuti harganya mereka sesuai dengan harga resmi dari website utamanya tidak boleh terlalu rendah dan apalagi terlalu tinggi.

6. Bisa jadi bisnis yang potensial

Salah satu contohnya adalah gua, selain gua suka memang suka jam tangan ternyata jam tangan microbrand bisa menjadikan bisnis untuk gua dan masih Panjang perjalanannya masih lebar opportunity untuk dikembangkan, bahkan bisa dikembanggkan sampai punya merk jam tangan sendiri.

 

H. KUALITAS JAM TANGAN MICROBRAND

Gua harus bilang secara jujurtidak semua jam tangan MICROBRAND itu berkualitas bagus, ada yang biasa-biasa aja ada juga yang jelek bahkan digua ada beberapa jam tangan yang gua gam au jual karena menurut gua kualitasnyya kurang bagus tapi merk MICROBRAND focus ke penyajian kualitas dan spesifikasi yang tinggi untuk para pelanggannya selain itu harganya juga masuk akal dengan spec cukup tinggi rata-rata prusahaan jam tangan microbrand itu tidak spend budget buat marketing jadi costnya itu bisa dipotong sangat tinggi dan akhirnya harganya menjadi terjangkau gua pernah bilang divideo gua dan gua yakin kalian kalian udah tau bahwa yang bikin mahal jam tangan ini karena cost branding dan marketing jauh lebih besar dari biaya produksi itu sendiri dan itu tidak terjadi didalam industry MICROBRAND, selain itu dalam menilai harga tidak semata dalam kualitasnya doang tapi dari konsepnya, idenya, designnya, kompleksitas fiturnya dll nahh itulah yang menarik dari jam tangan microbrand kalian menjadi juri atas harga yang ditawarkan, setelah gua menjalankan bisnis micro brand ini dari bulan maret 2019 ternyata feedback costumer pun juga cukup bagus dan happy dengan kualitas maupun designnya.

 

Jujur gua harus balik lagi kekalian, kalo kalian brand minded silahkan cari mainstream brand apalagi itu jam tangan utama kalian tapi kalau kalian mau beda dari orang lain anti mainstream dan focus pada jam tangan spec gua bisa saranin kalian untuk mencoba MICROBRAND watches tapi inget, diskusi dulu sama ahlinya karena tidak semua MICROBRAND itu bagus terus kalau ada yang nanya lagi sama gua kenapa tidak ngadain semua merk microbrand?? Sebenarnya ada beberapa alasan pertama adalah kapital yang terbatas, merk tidak open retailer, MOQ ketinggian, kualitas kurang oke. Oke apapun pilihan kalian gua harap itu adalah pilihan kalian bukan karena orang lain mau itu jam tangan MICROBRAND, mainstream brand, japan, hongkong, swiss matte, bukan sebuah masalah movement automatic atau quartz juga bukan masalah, jam tangan itu adalah cerminan dari diri kalian bukan cerminan personality orang lain, beli lah karena kaian suka dan harganya pas bukan karena iklan, pendapat orang lain, atau karna paksaan apapun jam tangannya.

 

Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Menguak FAKTA dan SEJARAH Jam Tangan MICRO BRAND ini :

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan MICROBRAND bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 16 September 2019

HAI BROOO

Gua lagi coba pengen bahas, satu merk jam tangan micro brand yang kalo menurut gua konsepnya sangat menarik dengan menggandeng karakter kartun yang legendaris yaitu PEANUTS SNOOPY merek jam tangan yang gua bahas adalah merk UNDONE dalam kolaborasi dengan PEANUTS yang kalo menurut gua idenya sangat keren.

Dan dua contoh gambarnya dibawah ini. Oke sebelum itu pasti akan bingung kenapa Snoopy ini lekat banget dengan jam tangan khususnya merk OMEGA gimana cerita awalnya ??

 

Oke singkatnya cerita tersebut berawal dari space programnya NASA dengan Appolo Missionnya dan ketika Appolo pertama gagal karena terbakar maka pada tahun 1968 NASA merasa perlu buat rebuild reputasinya dia untuk upload programnya, dan mereka buat berfikir untuk membuat satu mascot yaitu mascot for safety untuk membangun kembali kepercayaan public saat ini, maka nasa mulai mendekati sang penemu PEANUTS yaitu Charles Schulz untuk meminta izin karakternya dijadikan mascot for safetynya NASA dan foundernya pun setuju sehingga NASA mulai manggunakan karakter PEANUTS sebagai mascot of safety untuk space programnya dan Appolo 10 ini lah yang pertama kali menggunakan SNOOPY sebagai Mascot for Safety lalu kenapa SNOOPY??

Pada masa itu kartun PEANUTS sangatlah digemari di Amerika karena SNOOPY ini sangat menggemaskan tapi selain itu di cerita-ceritanya SNOOPY ini adalah tokoh yang menggambarkan jadi astronaut bahkan sampai menutup kepalanya menggunakan aquarium bulat yang sebagai helm astronautnya, dari sejak itu karakter PEANUTS khususnya SNOOPY sangat lekat dengan SPACE PROGRAM dan Astronautnya disisi lain dari sejarah space program NASA jam tangan OMEGA mendapatkan tempat dan memenangkan hati NASA sehingga dipilih sebagai jam tangan yang dipakai oleh para astronautnya ke bulan, maka dari situ lah merk OMEGA dekat dengan bulan begitu dengan NASA.

 

Merk UNDONE menggandeng PEANUTS LLC untuk berkolaborasi dan menggunakan karakter PEANUTS didalam jam tangan, dari mulai yang LIMITED EDITION sampai dengan REGULAR EDITION, memang sayangnya kontrak merk distributionnya mereka batasi hanya dibeberapa negara saja, dan untuk di Indonesia sendiri tidak bisa langsung beli dariUNDONEnya langsung. Sebelumnya masih tetap bisa tetapi kalian harus beli melalui Authorised Distributor dari merk UNDONE ini seperti di Indonesia TIMEINDO.ID adalah AUTHORISED DISTRIBUTOR punya UNDONE untuk pasar di Indonesia, so kalian jangan khawatir kalian masih bisa tetap dapetin jam tangan UNDONE SNOOPY ini melalui TIMEINDO.ID.

Kalo menurut gue pribadi strategi merketingnya cukup berhasil karna ternyata UNDONE PEANUTS yang gua masukin ini sangat laku sekali tidak sampai hitungan minggu bahkan hanya beberapa hari saja sudah sold out.

 

Kedua jam tangan ini sama, tapi beda yang kiri ini full DLC case dan bezelnya, dan yang kanan casenya stailess steel dan bezelnya DLC. Selain itu dikarakter SNOOPYnya juga berbeda yang kanan adalah HAPPY SNOPPY dan yang kiri adalah walking SNOOPY gua ga bahas terlalu banyak karna gua udah pernah ngejelasin dijam tangan UNDONE URBAN, dan TYPE XX secara detil dan secara fisik maupun kualitasnya itu finishingnya sama Cuma beda diStylenya aja.

SPESIFIKASI :  

  • 316L Stainless Steel/Black DLC

  • Diameter 42MM

  • Ketebalan 12MM temasuk Crystal

  • Hardened K1 Crystal

  • Cordura Strap

  • Movement SEIKO MECHA QUARTZ VK61

Untuk konstruksi dialnya sangat rapih finishingnya matte black dengan dua subdialnya diatas dan dibawah salah satunya diangka 6 dan 12, yang diangka 12 adalah Stopwatch per menit dan di angka 6 adalah jarum detik, kemudian dibagian subdialnya agak menjorok kedalam dan paintingnya kalo menurut gua sangat rapih dan ada logo SNOOPY yang di angka 9 yang sengaja dibuat bersentuhan dengan subdial sesuai dengan karakter yang film, selain itu ada tanggal ditaro diposisi yang ketiga dan kalo menurut gua overall paintingnya rapih dan placementnya presisi.

Bezelnya Static atau fixed bezel jadi tidak bisa diputar dengan konstruksi top hat dibagian atasnya agak menonjol keluar disbanding dengan body bezelnya finishingnya juga halus dan ini tanpa grigi, lalu dibagian atasnya diingrive Tachymeter marker sangat rapih, paintingnya juga rapih, kemudian Crystal yang digunakan adalah HAREDENED K1 MINERAL CRYSTAL sengaja dibuat domed atau cembung untuk memunculkan aksen vintagenya.

 

Untuk bagian casenya konstruksinya solid dengan finishing yang bagus sama dengan model UNDONE yang lain di model URBAN, lalu disisi sebelahnya ada crown yang ukurannya kalo menurut gua sangat pas dan ada dua pusher Stopwatch diatas dan dibawahnya crown dan bagian casebacknya tertutup atau solid dengan ingrave karakter SNOOPY yang sangat tegas strapnya berbahan Corduura berwarna hitam kualitasnya sangat bagus nyaman dipakai dan merk UNDONE tetap konsisten quick realese mecanic yang sangan memudahkan ganti strapnya, overall keren banget.

Oke seperti dimerk URBAN pada umumnya, movement yang digunakan SEIKO INSTRUMEN MECHANICAL QUARTZ VK6I HYBRID yang mensupport fitur Chronograph dengan sub dial diangka 6 dan 12 buat kalian yang tidak tau tentang movement ini, ini adalah hybrid movement makanya kalian liat detiknya patah-patah.

 

Untuk luminousnya menggunkan superluminova C1 dan kalo menurut gua luminousnya cukup okay.

Oke broo gua rasa itu aja pembahasan kali ini, kesimpulannya kalo menurut gua adalah merk UNDONE ini sangat smart dalam membaca pasar terbukti kolaborasi PEANUTS dimodel jam tangan ini sangat sukses hamper disetiap negara.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan UNDONE X PEANUTS SNOOPY ini :

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 16 September 2019

HALOO BROOO….

Oke kali ini gua bakal ngereview merk UNDONE dengan Model UNDONE TYPE XX, merk UNDONE ini merupakan salah satu merk microbran yang sangat dynamic dalam menciptakan product-productnya banyak gebrakan-gebrakan yang menurut gua yang sangat bagus seperti kolaborasinya UNDONE terutama dengan UNDONE X PEANUTS dan juga BASECAMP X INDONESIA yang baru di rilis kolaborasi TimeIndo dengan UNDONE.

Salah satu yang gua bilang good movenya UNDONE adalah dengan bikin model TYPE XX FLYBACK CHRONOGRAPH yang gua bakal bahas hari ini dan sepeti kalian lihat pada gambar dibawah ini ada 3 model yang paling kiri ada TYPE XX PADA, yang tengah adalah yang SPECIAL EDITION, dan yang paling kana adalah CLASSIC.

Oke gua lang kenalin dari dekat, mulai dari dialnya terlebih dahulu dialnya yang khas banget dengan marker angka-angka atau Arabic yang sangat tegas dan keren, warna dialnya ada dua warna white dial dan black dial lalu juga ada dua subdial chronograph diposisi angka 3 dan 9 yang sangat tegas dan agak sedik kedalam subdial yang digunakan angka 9 ini adalah untuk hour counter jadi bergeser kalua sropwatchnya udah berjalan selama satu jam, dan subdialnya yang diangka 3 subdial 24, tidak ada jarum detik, Cuma ada stopwatchnya doang.

Yang varian PANDA ini dialnya putih polos tanpa tulisan apapun diatas dan dibawahnya jadi clean banget sedangkan warna subdialnya sangat kontras dengan warna hitam makanya dibilanganya adalah PANDA dial seluruh markernya printed warnanya grey dikasih frame hitam lalu dibagian ada minotracker dengan skala yang sangat kecil dan dikasih angka 10 sampai dengan 60 dan terakhir yang paling bawah ada tulisan UNDONE yang diprint dibawahnya angka 6 menurut gue sangatlah rapih.

Kalo di model SPECIAL EDITION ini warna dialnya adalah hitam, dan dibagian dial bawahnya ada tulisan Chronograph FLYBACK warnanya biru dan putih, kemudian untuk model ini warna subdialnya putih.

Lanjut yang terakhir model CLASSIC untuk dialnya hitam juga tapi tidak sepekat yang SPECIAL EDITION, kemudian Markernya kalo di model CLASSIC ini agak hijau karena lapisan luminousnya beda kemudian subdialnya hitam sama dengan dialnya dan dibagian ada tulisan TYPE XX FLYBACK berwarna merah dan putih menurut gua keseluruhannya sangat keren dan CLASSIC VINTAGE.

Untuk bezelnya ini menggunakan coin edge bezel dengan bergrigi kecil-kecil, berbahan stainless steel bentuknya rounded jadi tidak lurus khas banget TYPE XX bezel, finishingnya gua bisa bilang sangat rapih bangetdan tidak ada bagian-bagian yang terasa tajam, lalu bagian atasnya bezelnya polos Cuma ada segitiga di angka 12nya, bezel ini juga bisa diputar dua arah jadi untuk bagian bezel juga sangat jelas ini sudah memenuhi kriteria sebagai TYPE XX. Dan untuk yang SPESIAL EDITION ini bezelnya dilapisi oleh black DLC untuk finishingnya sangat rapih banget dan overall bentuk sama dan penilaian gua sangat keren.

Untuk bagian case backnya tertutup polos tanpa ingrave dibagian tengahnya dan ada tulisan disekeliling case backnya dengan ingrave yang sangat rapih, dan untuk varian SPECIAL EDITION ini cae,croown,dan case backnya semua dilapisi oleh Black DLC amously finishingnya brush.

Kemudian untuk bagian strapnya untuk varian PANDA ini warnanya adalah grey berbahan Vintage calps skin jadi keliatan bertekstur dan strapnya sangat fleksible dan nyaman banget untuk dipakai, lalu untuk yang SPESIAL EDITION ini strapnya berbahan Cordura warnanya hitam juga sama nyaman dan fleksible, sedangkan untuk varian CLASSIC strapnya juga dikasih vintage calps berwarna vintage green semua strapnya ingrave vintage dengan single stic dan shapenya mengerucut dan satu hal yang sangat gua appreciate dari merk UNDONE ini adalah selain strapnya sangat nyaman dia juga kasih quick realese jadi gonta-ganti strapnya sangat gampang sekali dan kalian tidak perlu menggunkan tools atau strap remover dan kalian tidak perlu takut lecet.

Untuk bagian luminous yang paling unik adalah yang SPECIAL EDITION warnanya biru dan subdialnya dikasi luminous juga, kelihatan sangat bagus, terang, dan sangat durable, dan sedangkan untuk yang CLASSIC dan PANDA warnanya sama hijau juga Cuma marker dan jarumnya aja yang dikasih luminous.

Oke bro gua rasa itu aja dari gua, semoga pembahasan kali ini sangat bermanfaat untuk kalian. Kesimpulan dari gua untuk jam tangan ini adalah jam tangan ini udah kasih kalian design dan kualitas yang sangat baik konsep vintagenya dapet, dan modernnya juga dapat, diluar pro kontra movement mekanik quartz kalo buat gua UNDONE cukup smart milih movement ini biar ringan, ga tebel, realable, dan harganya jadi tidak mahal, dan lebih smart lagi model ini dia sembunyikan detiknya jadi yang terlihhat Cuma automatic swipping hand pada jarum stopwatchnya kalo menurut gua cukup smart.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan REVIEW Jam Tangan UNDONE TYPE XX Flyback Chronograph ini :

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 16 September 2019

Halooo bro…

Sejak awal kerja sama dengan timeindo.id dengan UNDONE gua secara pribadi udah jatuh cinta salah satu modelnya yaitu BaseCamp, gua suka karna modelnya klasik, specnya cukup bagus, dan harganya terjangkau, sporty design dan dipadukan strap bergaya military dan yang sangat personal yang bikin gua suka banget adalah jarum jamnya menurut gua sangat keren.

Beberapa waktu lalu gua telah diskusi dengan merk UNDONE ini buat edisi khusus untuk pasar Indonesia dimodel BaseCamp ini, dan mereka pun setuju, lalu karna gua bangga banget jadi orang Indonesia makanya gua bikin modelnya adalah LOVE INDONESIA special edition yang final decision adalah pakai NATO strap warna merah yang merupakan warna Indonesia banget dan dikasih Printing LOVE INDONESIA dibagian case backnya, setelah gua coba gambar secara gambar design keren banget sangat Indonesia.

Dibawah ini adalah jam tangan UNDONE LOVE INDONESIA jadi gua bikin dua versi yaitu casenya Stainless Steel dan ada juga dengan case yang dilapisi Black DLC atau dikenal dengan Blackout seperti yang dibawah ini.

 

SPESIFIKASI :

  • Diameter : 40mm

  • Thickness : 15mm

  • Transparent Bezel

  • Lexan PolyCarbon

  • 316L Steel / DLC

  • Strap NATO ZULU STYLE

  • SEIKO NH35A

  • 21.600 VPH

  • WR : 50 M

  • OLD RADIUM

Selain dari designnya yang keren spesifikasinya dibuat sangat baik, walaupun tidak memiliki water resistant lebih tinggi tetapi memang konsepnya bukan untuk dive watch, dan lebih kearah klasik military design.

 

Untuk dialnya polos berwarna hitam dengan marker bergaya klasik sangat terispirasi dari dialnya ROLEX EXPLORER. Markernya tidak applied karena memang konsepnya vintage military dan dilapisi old radium jadi warnanya agak sedikit orange, handsnya dan jarumnya sangat unik terutama jarum jamnya mirip banget sama GMTnya ROLEX EXPLORER dengan jarum detiknya bergaya reverse lollipop, dibawah bagian dialnya ada bagian spec water resistant 2 bari dan 2 warna dengan finishing yang sangat rapih dan kemudia ada fitur tanggal diantara angka 4 dan 5, untuk varian warnanya adalah dialnya warna putih dan angkanya hitam, sedangkan untuk yang black out dial tanggalnya berwarna hitam dan angkanya warna putih.

Bezelnya bergaya queen edge, dengan grigi berbentuk blok konstruksi bezelnya sangat solid dan tidak terlalu tinggi, yang menarik juga adalah dibagian bezel insertnya kalo merk lain berlomba-lomba bikin ingraveing yang ramai bahkan sampai dikasih lum segala, merk undone di BaseCamp ini malah memilih polos warnanya hitam dan dilapisi oleh crystal pada bagian atasnya Cuma ada marker segitiga pada bezelnya yang dilapisi oleh superluminova old radium, bezel yang polos ini menyeimbangkan design model jam tangan ini karena bagian dialnya udah cukup ramai dan udah cukup padat, jadi kelihatan sangat seimbang dan keren banget.

 

Kemudian untuk Crystalnya berbahan Domed Lexa Polycarbonate sengaja dibuat cembung, buat nampilin aksen vintagenya jadi kalo kalian lihat bagian dialnya terlihat sangat terdistorsi karena cembungnya crystal jam tangan ini, kemudian design casenya sangat klasik dan sangat simple berbahan solid 316L Stainless Steel dan untuk yang Blackout dilapisi oleh Black DLC dengan finishing Matte kalo menurut gua eksekusi finishingnya sangat rapih, bagian Lugnya meruncing dan agak melekuk kebawah jadi ini bagus banget feedment ditangan, dibagian sisi satunya ada crown tanpa grigi bentuknya dibuat seperti bauta da sudut 8 atau octagon, finishingnya sangat halus dibuat agak menonjol khasnya jam tangan klasik, bagian bezel dan casenya itu kelihatan menyatu banget dan sangat rapih.

Lalu seperti biasa pada permukaan crownnya itu di ambush logo UNDONE yang sangat rapih, bagian case backnya expedition atau displayed berbentuk octagon dengan sudut-sudut yang rapih tidak tajam dan buat edisi special LOVE INDONESIA ini dibagian Crystal Case backnya diprint tulisan LOVE INDONESIA dua warna merah dan putih seperti khas bendera Indonesia, tekstur hurufnya dibuat greyny 3 dimensi dan printingnya bagus, kalian tidak usah khawatir printing ini sangat permanent jadi tidak akan hilang walaupun kalian terus pakai dalam waktu lama.

 

Movement utuk jam tangan ini menggunakan SII CALIBRE NH35A – 21,600 VPH dan hanya mendukung water resistant 50 M. dan strap option yang digunakan pada jam tangan ini dengan warna merah karena sesuai konsep dan menggunakan bahan Red Canvas NATO Zulu Style.

 

Untuk bagian luminous merk UNDONE ini konsisten dalam memunculkan aksen vintagenya luminous yang digunakan adalah Old Radium Superluminova warnanya hijau hasilnya sangat terang dan cukup durable walaupun tidak sehebat C3 atau BGW9 karena memang konsepnya memunculkan aksen vintagenya.

Oke brooo gua rasa itu aja dari review gua kali ini, gua pribadi sangat happy dengan hasil kolaborasi dengan UNDONE, sangat Indonesia, sporty, fresh tapi tetap tidak ninggalin kualitas. Jam tangan UNDONE edisi LOVE INDONESIA ini dibandrol 4 jutaan, harga yang sangat realistis untuk sebuah jam tangan edisi khusus yang orang tidak punya dengan build quality dan spec yang sangat bagus, dan jam tangan ini udah officialy sudah publish.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan UNDONE X TIMEINDO Basecamp LOVE INDONESIA Special Edition ini :

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 02 September 2019

Haloo Bro…

Hari ini gua bakal bahas topic yang singkat dan gua bakal bahas fakta tentang Sapphire Crystal mulai dari, bahan apa buatnya, seberapa kuat, apa itu sapphire asli, dan bagaimana cara ngetestnya.

Sapphire merupakan salah satu jenis batu mulia berasal dari Corundum dengan alumunium Oxside, warnanya biasanya biru tapi ada juga yang kuning, ungu, orange, dan hijau yang ga masuk kategori Sapphire adalah warna merah yang biasanya disebut RUBY, pada dasarnya ada dua jenis Sapphire yang ada saat ini :

 

  • NATURAL SAPPHIRE CRYSTAL

Ini adalah sapphire yang bener-bener dibuat oleh alam dimana berasal dari Corundum atau Alumunium Oxside yang secara alama yang berbentuk sebuah batu langsung diambil dari alam lalu dikasih temperature yang tinggi sehingga menjadi sebuah batu Sapphire, biasanya warna tradisionalnya adalah biru yang disebut dengan Blue Sapphire tapi ada juga warna lain yang tadi gua sebutin di atas. Natural Sapphire harganya lumayan mahal bisa sampai 30 dollar / carat dan Natural Sapphire ini bentuknya tidak sempurna selalu ada Shape Flaws, karena memang langsung diambil dari alam

 

  • LAB CREATED SAPPHIRE CRYSTAL

Bahannya sama yaitu corundum, tapi proses berkembangnya jadi Sapphire dilakukan didalam sebuah environment yang terkontrol dilaboraturium dan environment ini meniru environment alam yang bisa membentuk Natural Sapphire, LAB CREATED SAPPHIRE biasa juga disebut dengan Artificial Sapphire atau Synthetic Sapphire tapi synthetic ini bukan palsu, karna sapphire tidak bisa dipalsukan harus dari Corundum atau Alumunium Oxside Synthetic Sapphire ini biasanya lebih kuat dan lebih keras ini sengaja dibuat karena synthetic sapphire biasanya dibuat untuk mendukung Non Ornamentel Industry seperti construksi, Industri pesawat terbang, jam tangan dll. Jadi disini jelas banget Sapphire Crystal yang di pakai jam tangan adalah LAB CREATED SAPPHIRE a.k.a Synthetic Sapphire bukan Natural Sapphire, harganya memang mahal tapi ga semahal Natural Sapphire biasanya harganya itu sekitar 8 s.d 10 dollar / carat.

Nahh begitulah proses singkatnya Sapphire Crystal pada jam tangan itu dibuat. Terus bagaimana cara Taunya kalo jam tangan kita itu pakai Sapphire Crystal???

 

Memang sudah disebutkan dispesifikasi, jadi kalian tidak perlu menggoreskan pakai pisau atau cara extreme lainnya, ada alat namnya Diamond Selector yang bisa kalian beli dengan harga cukup murah untuk membuktikan jam tangan kalian pakai Sapphire Crystal atau tidak.

 

Oke pada gambar ini gua telah mencoba dengan beberapa jam didepan gua, caranya adalah tempelkan ujung pada alat tersebut ke dial pada jam tangan lalu ketika barnya naik menjadi merah dan berbunyi sesuaatu pada alat detector maka jam tangan itu sudah dipastikan memakai Sapphire Crystal, bahkan sebaliknya jika barnya tidak naik atau tidak bunyi sesuatu maka jam tangan itu tidak memakai Sapphire Crystal, sangat simple bukan?.

Oke bro segitu dulu dari gua semoga pembahasan kali ini bermanfaat buat kalian, kesimpulannya adalah Sapphire Crystal ini sangat lekat dengan jam tangan dan bahkan suka jadiin patokan sebagai jam tangan mahal karena kekuatannya padahal sebernya menurut gua ga juga, buktinya banyak jam tangan merk terkenal yang masih bertahan dimineral Crystal dengan alasan tertentu.

 

 

Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk fakta tentang Sapphire Crystal :

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 28 August 2019

Ini bukan review pertama gua untuk merk OCEANX sebelumnya gua udah Review model SHARKMASTER 600 dan SHARKMASTER 1000, merk OCEANX ini satu group dengan merk NETHUNS berasal dari Hongkong dan OCEANX ini cukup dikenal sebagai jam tangan micro brand berkonsep homages dengan kualitas finishing yang sangat bagus ada homagenya DEEPSEA, ada juga homagenya GMT-Master, dan homagenya Daytona Paul Newman dengan model SPEED RACER yang bakal gua review kali ini.

Diluar prokontra konsep homagesnya gua secara peribadi appreciate sama merk OCEANX ini karena ini bakal jadi alternative terbaik buat kalian suka designnya Paul Newman dengan build quality yang lebih modern dan harga yang sangat terjangkau dari pada kalian harus beli replikanya yang gua sering lihat ada disalah satu marketplace di Indonesia yang sekitar harganya 4 s/d 5 jutaan.

Oke langsung aja dibawah ini ada salah satu jam tangan OCEANX SPEED RACER CHRONOGRAPH

 

Oke gua mulai yang SRS112, model yang satu ini jelas banget megacuh ke ROLEX DAYTONA dngan model reference 6241 PAUL NEWMAN, warna dialnya khas banget dengan warna krim dan black dial pada sub dialnya selain itu bagian ujungnya dialnya dikasih aksen warna hitam dengan garis merah sangat sporty.

 

Nahhh sedangkan model SRS111, ini gua bisa bilang ini homagesnya ROLEX DAYTONA PAUL NEWMAN dengan model reference 6240 black dial, dan alter dial juga berwarna cream dengan garis merah.

SPESIFIKASI :

  • 316L STAINLESS STEEL

  • CERAMIC INSERT

  • DIAMETER : 41.5mm

  • THICKNESS : 14mm

  • LUG TO LUG : 50mm

  • DOMED SAPPHIRE CRYSTAL

  • MIYOTA JS20 QUARTZ CHRONOGRAPH

  • WR : 200M

  • LUMINOUS : SUPERLUMINOVA

 

SPEED RACER ini adalah versi modern dari insporatornya dengan physical buildnya dengan kualitas yang tinggi walaupun Movement yang digunakan adalah QUARTZ dengan pertimbangkan nilai jual.

 

Untuk eksekusi finishing pada dialnya, buat model SRS112 warna dialnya cream tidak terlalu terang creamnya dengan logo OCEANX diprint dengan sangat baik warnanya hitam dan kalo kalian perhatikan dialnya ini terdiri dari dua layer, dan dialnya warna cream ini adalah layer paling atas, kemudian ada tiga sub dial berwarna hitam dengan detil persis banget dengan sub dialnya DAYTONA PAUL NEWMAN dengan marker garis berwarna putih, dimodel SPEED RACER ini sub dial yang deka tangka Sembilan adalah indicator Cronograph per 30 detik, kemudian sub dial yang dekat angka tiga ini subdial indicator 24 jam dan subdial yang deka tangka 6 ini adalah sub dial stop watch beda banget pada jam tangan Cronograph pada umumnya yang biasanya jarum Panjang ini adalah stopwatch tapi dimodel SPEED RACER ini jarum pajang ini adalah jarum detik sedangkan stopwatchnya ada disamping dial deka angka dan jadi ini benar benar PAUL NEWMAN banget.

Yang hitam juga overall sama, finishing dialnya rapih Cuma dibeda warnanya dialnya hitam dengan sub dial berwarna cream, kebalikan dari model SRS112, overall dialnya keren banget finishingnya rapih dan semua detilnya sangat presisi.

 

Bezelnya polos tidak bergrigi, dan tidak bisa diputar alias FIXED BAZEL bahannya terbuat dari Stainless Steel dengan finishing polish sangat halus dan tidak berasa tajam dibagian ujungnya lalu Bezel Insernya berbahan Ceramic sangat premium dengan detil marker di ingrave sangat rapih dan sangat presisi jadi kelihatan sekali merk OCEANX ini sangat detil dengan finishingnya, dan kemudian crystal yang digunakan adalah Domed Sapphire Crystal dengan ketebalan 3,3mm jadi kalo kalian lihat dari samping cembungnya keren banget dan dialnya kelihatan clean banget.

Bentuk casenya sudah tidak diragukan lagi, ini mirip banget Daytona Paul Newman berbahan solid 316L stainless steel dengan finishing polish pada bagian samping dan brush pada bagian Lug atas, finishingnya sangat halus, dan kemudian disisi satunya seperti biasa ada crown dengan ukuran agak besar griginya khas banget ROLEX dan ada dua tombol pusher diatas dan dibawah crown buat ngoprasiin fitur Chronographnya. Fitur yang aman dan sama persis dengan fiturnya DAYTONA PAULNEWMAN sebagai inspiratornya dan seperti biasa ada logo OCEANX yang di Ingrave dengan sangat rapih dipermukaan Crownnya, bagian case backnya tertutup atau solid dengan finishing brush logo OCEANX yang sangat tegas diinggrave dibagian tengahnya kalo menurut gua semua detilnya keren banget.

 

Braceletnya sangat solid berbahan 316L Stainless Steel, finishing untuk braceletnya sangat halus dengan finishing brush dan bagian clapsnya itu designnya ikutin ROLEX model vintage Cuma eksekusi yang lebih premium,

 

OCEANX model SPEED RACER ini menggunakan movement JAPAN MIYOTA JS20 QUARTZ CHRONOGRAPH banyak yang menyayangkan kenapa pakai QUARTZ tapi gua rasa ini lebih ke pricing strategy karna kalo menggunakan movement automatic Chronograph pasti harganya bisa lebih 10jt, dengan spec fisik yang keren seperti ini.

Untuk bagian luminousnya memakai C1, warnanya hijau dan cukup terang terlihat agak redup karena dotnya sangat kecil dan luminous dihandsnya juga tipis.

Oke bro, gua rasa itu aja dari gua. Hampir semua jam tangan ini gua review kesimpulan dari gua adalah secara fisik ini specnya tinggi banget material yang solid, finishing yang halus, crystalnya udah sapphire, bezel insertnya ceramic, dan braceletnya solid banget walaupun banyak yang ngarepin jam tangan ini Movement Automatic Chronograph, tapi itu lah konsekuensi microbrand dengan fitur chronograph selalu menjadi dilemma dalam prising seingga mereka harus memilih opsi bisnis dengan movement quartz lalu fitur luarnya dikasih yang paling tinggi sehingga harganya jadi masuk akal. 

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan OCEANX SPEED RACER ini :

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 26 August 2019

HAI BROOOO

Kembali lagi sama gua udah lama gua ga upload pembahasan blog ini. Oke kali ini gua bakal membahas yang sangat penting bagi kalian untuk pengguna jam tangan khususnya jam tangan diver yaitu Fungsi HELIUM ESCAPE VALVE pada jam tangan diver itu apa sihh? So langsung aja focus on the topic.

Salah satu alasannya yang pernah gua bahas adalah DIVE WATCH IS BEYOND THE WATCH jam tangan diver ga Cuma sekedar penunjuk waktu tapi juga memilki kemampuan untuk bertahan dalam air bahkan dalam Environment dalam yang sangat ekstreme dibawah laut kemampuan menyelam jam tangan diver bermacam-macam dari mulai 10M sampai dengan ribuan meter, dan gua gatau kalian sadar atau engga ada beberapa anatomi jam tangan diver yang sangat dihandalkan dan faktanya dibangga-banggakan para pecinta jam tangan yaitu Bezel yang bias diputar atau Rotating Bazel, Crown yang terkunci atau Screw Down Crown, Luminous, dan satu lagi adalah Helium Escape Valve yang akan gua bahas, lalu apa itu Helium Escape Valve dan apa gunanya? So berikut adalah kegunaan-kegunaan dari Helium Escape Valve tersebut :

 

1. PHYSICAL APPEARANCE

Helium Escape Valve sebuah jam tangan diver biasanya ada dua jenis yaitu :

  • MANUAL HE VALVE

Contohnya ada dibeberapa jam tangan seperti yang sering digunakan di jam tangan OMEGA, jadi seperti ada crown disisi case sejajar dengan marker angka 10 dan biasanya kalo OMEGA dikasih tulisan HE atau (HELIUM ESCAPER).

  • AUTOMATIC HE VALVE

Biasanya bentuk seperti Digambar bawah ini :

Yang mengira mekanisme Automatic Helium Valve ini pertama kali didevelop oleh ROLEX untuk model DEEPSEA, banyak dari jam tangan lain yang lebh memilih untuk menggunakan yang Automatic He Valve dibandingkan yang diputar secara manual karna yang satu menghemat space lalu juga ga perlu diputar kalo kalian menggunakan fiturnya dan secara mekanisme terlihat lebih advance bahkan sampai ke jam tangan micro brand pun banyak yang pakai fitur Helium Escape Valve seperti OCEANX, NETHUNS, dan ada juga model BOLDR ODSSEY.

 

2. DEFINITION & FUNCTION

Pengertian dari Helium Escape Valve ini adalah sebuah fitur atau mekanisme dalam sebuah jam tangan untuk mengeluarkan atau merilis gas helium setelah melakukan penyelaman dalam kondisi tertentu dan waktu penyelaman tertentu, pada kedalaman air yang dalam Environmentnya udah sangat beda, ada campuran gas dalam kedalaman tersebut yang biasanya disebut dengan trimix yang terdiri dari gas helium dan hydrogen dan gas helium ini merupakan partikel gas terkecil yang ada dialam semesta, yang bias tetap masuk kedalaman jam tangan diver walaupun jam tangan tersebut udah dibekali oleh water resistant nah selama kalian berada didalam air tekanan Helium didalam jam tangan itu ga akan membuat jam tangannya rusak karna tekanan gas diluar jam tangan akan sama dengan tekanan helium di dalam jam tangan tapi setelah kalian kembali ke permukaan maka tekanan gas didalam jam tangan yang udah berisi helium itu menjadi tinggi dibandingkan dengan udara dipermukaan air maka jika gas helium itu tidak dikeluarkan akan terus menekan dan bisa saja membuat jam tangan kalian menjadi rusak misalkan Crystalnya lepas dll.

 

3. IS THIS IMPORTANT?

Gua yakin pertanyaan yang muncul adalah :

  • FROM WHAT DEPTH?, jawabannya adalah sebenarnya mulai kedalaman 165 feet atau 50M aja mixture gas itu udah ada dan tidak mesti sampai ratusan meter atau bahkan ribuan meter
  • WHY NOT ALL DIVE WATCH HAVE HE VALVE?, seperti contohnya di SEIKO diver, ROLEX SUBMARINE atau dibeberapa merk lain yang memiliki water resistant 100m atau lebih nahh ini lah inti dari pembahasan gua kali ini Helium akan menguasai jam tangan diver kalian jika pertama kalian menyelam kedalaman yang cukup dalam, yang kedua kalian harus menyelam dalam periode dalam waktu yang berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu nahh ini biasanya dinamakan Saturation Diving yang biasa dilakukan oleh para komersial diver biasanya para Saturation diver ini memang pekerjaannya dibawah laut, misalkan memasang instalasi kabel dibawah laut atau memasang pipa bawah laut sehingga mereka memerlukan waktu yang agak lama berada didalam air ga bolak balik ke permukaan, dan biasanya para saturation diver ini stay disebuah tabung atau chamber untuk beristirahat lalu bekerja lagi sampai kerjaannya beres nahh ini lah yang dinamakan Saturation Diving. Dimana mereka bekerja didalam tekanan udara yang ekstrim dan makesture gas termasuk helium akan mulai menguasai, ga Cuma manguasai jam tangan tapi juga menguasai tubuh mereka makanya mereka dibekali perlengkapan yang sangat canggih untuk tetap dapat bernafas dengan normal dalam kondisi presurerise environment, kemudian pada saat mereka kembali ke permukaan maka Helium Escape Valve ini baru akan berfungsi untuk mengeluarkan helium dari jam tangan mereka jadi kalo kita Cuma nyelam saja 10 atau 15 menit lalu balik lagi ke permukaan itu sih ga perlu Helium Escape Valve.

Nahh itu lah sebabnya ga semua jam tangan diver itu pakai fittur Helium Escape Valve dan biasanya fitur HE Velve ini ada dijam tangan diver yang water resistantnya 500M atau lebih itupun sekali lagi kalo Cuma nyelam biasa saja itu ga aka nada gunanya.

 

 Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Manfaat Helium Escape Valve ini :

 

Oke brooo, gua rasa itu aja dari pembahasan gua kali ini semoga pembahasan kali ini bermanfaat buat kalian, kesmpulannya kalo menurtut gua adalah fitu HE Velve ini ga ada gunanya untuk kebanyakan orang bahkan pada diver sekalipun Cuma buat para pekerja bawah laut atau Saturation Diving fitur HE Velve ini akan sangat berguna sekali, sisahnya kalo gua boleh bilang itu lebih ke tools ke marketingnya aja, secara mekanis yess mekanisnya Advance, secara fungsi? Yess fungsinya keren, tapi secara kegunaan? Buat orang kayak gua atay mungkin orang yang kebanyakan useless ga ada gunanya….

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan microbrand bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI



by Timeindo Indonesia on 20 August 2019

HAI BROOOO.....

Kali ini gua coba review secara kesuluruhan salah satu model dari jam tangan micro brand yang berasal dari hongkong bermerk OCEANX, model yang gua bakal review adalah SHARKMASTER 1000.

OCEANX merupakan salah satu merk micro brand yang berbasis dihongkong Foundernya bernama Angus Yang, dan dia juga mempunya beberapa merk lain yaitu NETHUNS, ANCON yang cukup dikenal dengan baik dan gua atasn nama www.timeindo.id memilih jadi otorise dellernya karna setelah gua lihat dan gua review memang build quality yang mereka sajikan itu sangat baik, diluar presentasi produknya sangat bagus harganya juga sangat masuk akal walaupun konsepnya emang OCEANX ini merupakan Homagesnya ROLEX, gua yakin konsep Homages ini ada yang suka ada juga engga. Tapi buat gua diluar konsep designnnya qualitynya sangat bagus dengan harga yang reasonable.

Seperti yang kalian liat dibawah ini ada beberapa model dari jam tangan OCEANX SHARKMASTER 1000, nahh dan selain SHARKMASTER 1000 ini OCEANX juga mengeluarkan model SHARKMASTER 600 beanya Cuma water resistant dan beberapa delit pada dialnya.

SPESIFIKASI :

  1. 316L Stainless Steel
  2. Diameter 44 x 17 mm
  3. Bezel Ceramic/Carbon Insert
  4. Sapphire Crystal With AR
  5. 316L Stainless Steel Bracelet
  6. Movement SEIKO NH35A
  7. 21.600 VPH
  8. WR : 1000 M
  9. Luminous : Superluminova

 

Oke sekarang kita lihat lebih dekat gua mulai dari yang hitam terlebih dahulu, dibawah ini adalah model SMS1011 warna yang umum dipilih oleh kebanyakan orang sangat neutral soal bentuk case dan datil pada dialnya ga diragukan lagi ini adalah Homagesnya ROLEX dimodel Sea-Dweller Deep Sea dengan model reference 11660, dari mulai detil bezelnya, dialnya, handsnya, fitur tanggalnya, bentuk dan dimensi casenya sangat mirip.

 

Berikutnya ada yang warna biru dengan nomor reference SMS1014 gua suka banget dengan warna birunya, ga terlalu ngejreng dial dan bezel insertnya warna biru dengan sunbursh effect pada dialnya, warna biru ngingetin gua sama warnanya ROLEX SUBMARINER BLUE dengan nomor reference 116610LB.

 

Ada juga yang warna Green dengan model reference SMS1013 ceramic insertnya green, dialnya juga green, dan gua yakin warna ini terispirasi dari ROLEX SUBMARINER HULK dengan model reference 116610LV, tapi yang gua liat yang OCEANX ini warna dialnya juga green dan pada angle tertentu warna greennya kelihatan beda dengan warna bezelnya keren banget.

 

Selanjutnya ada yang warna Blue Black dial dengan model reference SMS1012 fradasi warna biru dan hitam keren banget dan ini mirip sekali dengan ROLEX DEEPSEA JAMES CAMEROON EDITION dengan model reference 116660B perpaduan warnanya keren dan fresh banget.

 

Oke berikutnya ada yang Ice Blue dial model referencenya SMS1015 warna dialnya sangat segar bezel insernya berbahan ceramic hanya saja warnanya coklat dan warna ini sama seperti ROLEX DAYTONA ICE BLUE dengan model reference 116506. Ohh ya warna ini cocok banget untuk kalian yang ingin tampil beda dan terlihat sangat fresh.

 

Nahhh ini dia warnanya sama dengan SMS1012 Blue Black, Cuma yang ini bedanya dibezel insertnya dan untuk model ini bahan insertnya bukan ceramic tapi bahan carbon  finishingnya adalah Matte dan Paternnya sangat kelihatan unik moel reference untuk yang ini adalah SMS1032 dan ini sangat terbatas hanya 125 pcs utuk seluruh dunia.

 

Terakhir agak beda dari yang lain yaitu yang Black DLC dengan model reference SMS1031 sama yang ini limited edition stock terbatas hanya menyisahkan 125 pcs didunia, bzel insertnya juga pakai bahan carbon dan uniknya  dialnya juga pakai carbon viber dengan motif port yang sangat khas, bagi kalian yang suka gaya sporty model ini cocok banget.

 

Oke broo, diluar dari konsep homagesnya gua disini bakal ngebahas cara lebih ke eksekusi finishing dan build quality dari berderetan model SHARKMASTER 1000 ini, eksekusi dialnya kalo menurut gua sangat rapih applied marker dengan frame, logo OCEANX yang sangat tegas dengan tulisan SHARKMASTER 1000 yang juga sangat tegas handsnya bergaya mecedes hands khasnya ROLEX lalu dibagian dial bawahnya juga ada tulisan yang lengkap diprint dengan baik dan ada fitur tanggal sebagai marker angka tiga, semua penempatan detil dialnya sangat presisi dengan kualitas finishing yang sangat rapih, dan Overall kalo menurut gua semuanya keren eksekusi finishingnya bagus banget dibagian atasnya dikasih Helium Escape Valve mirip banget dengan ROLEX DEEPSEA.

 

Untuk bezelnya berbentuk Coin Edge Bezel yang sangat rapih ga ada bagian yang terasa tajam, tingginya pas dengan finishing yang sangat halus kalo menurut gua bezel insert bahan ceramic dengan marker yang mirip ROLEX DEEPSEA kalo gua liat sih rapih banget bedanya kalo di OCEANX ini marker bezelnya dikasi Luminous.

Kemudian yang digunakan crystal adalah Sapphire Crystal dengan intractive Coating tebalnya adalah 4,5mm cukup tebal dan mendukung penyelaman sampai dengan 1000M dan kelihatan sangat clean. Dan untuk casenya jangan diragukan lagi ini ROLEX DEEPSEA banget berbahan Stainless Steel dengan finishing brush yang sangat rapih dan halus dan karna diatas 500M sudah dikasih juga Helium Escape Valve, kemudian crownnya juga mirip ROLEX banget dengan Crown Guard yang khas dan logo OCEANX yang di inggrave dengan baik bagian dipermukaan Crown, bagian case backnya solid atau tertutup dengan logo OCEANX yang khas diinggrave dibagian tengah dan disekelilingnya juga dikasih tulisan-tulisan yang kalo menurutgua inggrave ini sangat baik.

 

Untuk Braceletnya berbahan 316L Stainless Steel solid bracelet bergaya oyster dengan finishing brush terasa sangat solid, dan satu hal lagi yang bagus banget dari model ini adalah Claspnya brushingnya keren dan logonya sangat menyatu dengan Claspnya sangat presisi.

 

Untuk model SMS1031 dan 1032 itu beda sendiri bezelnya berbahan Carbon Bezel Insert dengan finishing Matte teksturnya sangat khas dan patternnya juga sangat unik sangat beda dari jam tangan diver yang mungkin pernah kalian liat terutama untuk model SMS1031 dialnya berbentuk bahan carbon fiber dengan motif sporty yang sangat khas dan kalo kalian lihat dari beberapa angle yang berbea keliatan keren banget, detil dialnya dikasih aksen gold yang kalo menurut gua perpaduannya keren banget case finishingnya juga bagus, finishing DLCnya brush sangat rapih, begitu juga bagian crownnya sangat rapih dan tidak ada masalah dibagian ini.

 

Selain itu untuk model SMS1031 braceletnya juga dilapisi oleh DLC finishingnya solid banget dan untuk model Clapsnya itu berbeda dari yang lain bergaya vintage ROLEX dengan DLC yang bagus mecanisme buka tutupnya juga tidak ada masalah solid banget dan selain itu juga dikasih Micro Adjustment yang lumayan banyak yaitu 7 lubang, jadi enak banget kalo kalian mau adjust bracelet ga harus copot link yang banyak

Dimensi realnya adalah :

  • Diameternya 44,2mm
  • Ketebalan 16,3mm
  • Lug to lug 55,8mm
  • Lebar lug 20,9mm
  • Bagian buckle 18,0mm

Dimensi ini mirip banget dengan dimensinya ROLEX DEEPSEA bahkan kalian bias pakai Rubber Bnya ROLEX DEEPSEA kalo kalian mau dan sangat pas banget ukurannya

Fitur rotating bazelnya udah pasti secara ini jam tangan diver solid banget aksennya ga ada backplaynya sama sekali, satu arah 120 klik, dan seperti biasa ada fitur crown yang terkunci atau Screw Down Crown setelah dibuka posisi satu adalah untuk manual landing, untuk posisi kedua untuk setting tanggal diputarnya kebawah, dan posisi terluar adalah untuk setting jam.

 

Oke masuk kebagian luminousnya merk jam OCEANX ini menggunakan Luminousnya adalah Superluminova C3 untuk warna hijau dan ada yang BGW9 warnanya Biru, dan seperti kalian lihat hasilnya terang banget dan sangat keren.

 

Yapsss, gua rasa itu aja pembahasan dari gua kali ini untuk kesimpulannya adalah kalo menurut gua build qualitynya sangat solid jauh diatas rata-rata kalo untuk konsep homagesnya gua balikin lagi kekalian karna itu murni Cuma masalah selera aja, ada banyak pilihan warna silahkan kalian pilih sendiri sesuai dengan personality kalian.

 

Untuk review lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan OCEANX SHARKMASTER 1000 ini :

 

Oke bro. segitu dulu dari riview gua kali ini semoga bermanfaat buat kalian, kalo kalian mau beli merk OCEANX silahkan kujungi website kami WWW.TIMEINDO.ID gua jamin kalian ga bakal nyesel untuk beli jam tangan ini.



by Timeindo Indonesia on 16 August 2019

HAIII BROOO….

Oke topic hari ini gue pengen bahas berita singkat dari bari beberapa group company atau group perusahaan yang menguasai pasar jam tangan di Dunia, ingat gua gamau ini bilang sejarah karna gua ga bakal bahas sejarahnya secara detil, banyak merk yang terkenal yang sebagian besar orang udah pada tau apalagi pencinta jam tangan. Ohh ya dulu gua pernah berfikir kalo merk itu adalah perusahaan sendiri yang bergerak sendiri, ternyata sebagian besar dari merk tertentu ga berdiri sendiri tapi mereka bernaung dibawahh beberapa group besar Bersama dengan merk jam tangan lainnya.

 

1. RICHEMENT GROUP

RICHEMET GROUP adalah perusahaan yang berbasis di Switzerland perusahan ini berdiri pada tahun 1988 didirikan oleh pengusaha afrika selatan bernama Johann Rupert. RICHEMENT GROUP memproduksi dan menjual Perhiasan ,Jam Tangan, Produk berbahan Leather, Bolpoint, Baju ,Dan Assesoris. Merk jam tangan besar yang berada dibawah naungan perusahaan RICHEMENT ini adalah :

  • A.LANGE & SOHNE sebuah merk jam tangan yang berbasis DEGHLASHOTTE Germany
  • BAUME & MERCIER merk jam tangan yang establish di Geneve Switzerland
  • CARTIER perusahaan yang berbasis di Paris Franch
  • IWC merk jam tangan yang berbasis di Switzerland
  • JAEGER LE COULTRE merk jam tangan yang berbasis sama di Switzerland
  • PENERAI merk jam tangan berbasis di Florence Italy
  • MONT BLANC merk jam tangan berbasis di Paris Franch
  • PIAGET yang berbasis di Geneve Switzerland
  • VACMERON CONTANTIAN yang berbasis di Geneve Switzerland juga

 

2. SWATCH GROUP

Gua rasa kalian telah mengenal perusahaan holding ini dan udah banyak juga bahas tentang Swatch Group ini dichannel lain. Singkatnya adalah SWATCH GROUP limited ini berdiri pada tahun 1983 didirikan oleh seseorang bernama NICHOLAS HAYEK yang merupakan hasil manager dari perusahaan SOCIETE GENERALE DE L’HORLOGERIE SUISSE SA (AUSAG) berdiri pada 1931, dan SOCIETE SUISSE POUR L’INDUSTRIE HORLOGERIE (SSIH) berdiri pada tahun 1930, kedua perusahaan ini mendaji SWATCH GROUP karena dampak dari QUARTZ CRISIS yang berdampak buruk bagi SWISS WATCH MAKING INDUSTRIES, banyak sekali merk jam tangan yang berada dibawah naungan SWATCH GROUP ini seperti yang kalian lihat di gambar bawah ini. Oke story yang ga bisa dilewatkan dari Swatch Group ini adalah pada tahun 1983 dimana pertama kalinya group ini mengeluarkan jam tangan bermerk SWATCH yang sangat terkenal diseluruh dunia, selain itu ada satu cerita lagi yang ga bisa dilewatkan dari Group ini yaitu saat menggabungkan beberapa perusahaan Movement jam tangan yaitu Valjoux & Lemania yang akhirnya membuat sebuah perusahaan Movement yang kita kenal sampai sekarang yaitu ETA SA.

 

3. LVMH GROUP

Perusahaan ini nama resminya adalah LVMH MOET HENNESSY – LOUIS VUITTON SE, perusahaan ini berdiri pada tahun 1987 di Paris Franch yang merupakan gabungan dua perusahaan yaitu LOUIS VUITTON dan HENNESSY dan perusahaan ini dimiliki sahamnya 40,9% oleh Christian Dior perusahaan ini ditidak Cuma focus dijam tangan aja tapi banyak industry yang mereka pegang seperti Wine, Retail, Fashions, Leather Goods, Parfume, Jewerly.

dan beberapa merk jam tangan yang sangat terkenal didunia adalah :

  • BVLGARI
  • CHAUMET
  • HUBLOT
  • TAG HEUER
  • ZENITH

 

4. KERING GROUP

KERING atau sebelum namnya adalah PPR GROUP OF WATCHES pada tahun 2013 namanya berubah menjadi KERING GROUP dan ini merupakan perusahaan Perancis berbasis di Paris yang focus barang barang mewah termasuk jam tangan.

beberapa merk jam tangan terkenal ada dibawah naungan perusahaan ini seperti :

  • ULYSSE NARDIN
  • JEANRICHARD
  • BOUNCHERON
  • GIRARD PERREGAUX

 

5. SEIKO GROUP

Yang pasti SEIKO group ini terdiri dari SEIKO EPSON & SEIKO HOLDINGS, Seiko Watch Corporation ini dibawah naungan SEIKO HOLDING termasuk didalamnya adalah premium lightnya Seiko yaitu GRAND SEIKO kemudian juga ada merk Orient yang berada dibawah SEIKO GROUP tepatnya adalah dibawah pengelolaan SEIKO EPSON.

 

6. FOSSIL GROUP

Ini sebuah perusahaan Amerika taptnya di Texas focus di jam tangan quartz yang hampir semua merk jam tangannya adalah bermesin Japan Quartz tapi sejak tahun 2014 mulai membuat jam tangan Swiss dengan Merk EMPORIO ARMANI.

merk jam tangan yang ada dibawah naungan FOSSIL ini selain EMPORIO adalah :

  • FOSSIL
  • RELIC
  • MICHELE
  • ZODIAC
  • SKAGEN DENMARK
  • ADIDAS
  • BURBERRY
  • DIESEL
  • DKNY
  • MICHELE KORS
  • MARC JACOB
  • EMPORIO ARMANI
  • ARMANI EXCHANGE

 

7. MOVADO GROUP INC

Perusahaan ini berbasis di New Jersey USA, dan perusahaan ini focus membuat jam tangan dan barang luxury lainnya dengan harga yang terjagkau beberapa merk jam tangan yang ada di bawa naungan MOVADO ini adalah :

  • MOVADO
  • EBEL
  • CONCORD
  • HUGO BOSS
  • ESQ
  • SCUDERIA FERRARI
  • TOMMY HILFINGER

 

8. CITIZEN GROUP

Ini adalah sebuah perusahaan terbesar juga di Jepang yang focus pada beberapa Industri yaitu jam tangan Machinary & Electrical, beberapa merk jam tangan yang berada dibawah naungan ini adalah :

  • CITIZEN
  • Q&Q JAPAN
  • ARNOLD & SON
  • BULOVA ACCTRON
  • WITTNAUER
  • BULOVA
  • FREDERIQUE CONSTANT
  • ALPINA

 

9. TIMEX GROUP

Perusahaan ini establish di USA dengan nama formalnya adalah The Temex Group of Middlebury yang dikenal dengan mesh production jam tangan TIMEX

selain TIMEX ada beberapa merk jam tangan dibawah naungan TIMEX ini yaitu :

  • NAUTICA
  • OPEX
  • GC

 

10. FRANK MULLER GROUP

Yang merupakan perusahaan yang berbasin di Switzerland yang terkenal dengan jam tangan yang sesuai dengan nama groupnya yaitu jam tangan FRANK MULLER tapi selain itu ada beberapa merk jam tangan lain yang berada dibawah naungan group ini :

  • PIERRE KUNZ GENEVE
  • EUROPEAN COMPANY WATCH
  • RODOLPHE
  • MARTIN BRAUN
  • BARTHELAY
  • BACKES & STRAUSS
  • PIERRE MICHELE GOLAY
  • SMALTO TIMEPIECES
  • ROBERTO CAVALLI

 

11. BINDA GROUP

Yang merupakan perusahaan Italy yang berbasis di Milan dan perusahaan ini focus untuk menjual barang-barang luxury BINDA group ini adalah bukan perusahaan go public melainkan private company yang awalnya mengakui sisi sebuah perusahaan Amerika bernama GENEVA WATCH GROUP pada tahun 2008, beberapa merk jam tangan yang terkenal dari BINDA GROUP adalah :

  • KENNETH COLE
  • BREIL MILANO
  • MOSCHINO
  • TED BAKER
  • CHRONOTECH
  • ZOOYORK

 

12. CITYCHAMP GROUP

Yang merupakan perusahaan berbasis di Hongkong dan saat ini sudah go Internasional setelah sebelumnya bagus untuk menjual product luxury hanya ke market China dan Hongkong saja, sebelumnya nama perusahaan ini adalah China Hidian, lalu pada tahun 2011 perusahaan ini membeli jam tangan ETERNA, dan pada tahun 2013 perusahaan ini membeli merk jam tangan CORUM, dan beberapa merk jam tangan yang berada dibawah naungan group ini selain CORUM & ETERNA adalah :

  • ROSSINI
  • EBOHR
  • ROTARY

 

13. FESTINA GROUP

Perusahaan ini masih private company dan berbasis Spain tepatnnya di Barcelona pemiliknya bernama Miguel Rodriguez merk jam tangan andalan dari grup ini adalah FESTINA & PARELET untuk dilini atas selain itu juga ada merk lain seperti LEROY, CANDINO, LOTUS, JAGUAR, CALYPSO.

 

14. ROLEX GROUP

Gua ga bakal Panjang lebar dengan pembahasan ini karna gua tau kalian sudah pada tau tentang group ini, singkat cerita pada tahun 1905 dua orang yang bernama ALFRED DAVIS dan saudara tirinya HANS WILSDORF membangun sebuah jam tangan yang bernama Wilsdorf & Davis yang pada akhirnya menjadi ROLEX SA, kemudian pada tahun 1908 brand ROLEX ini resmi menjadi trandment dan jadi nama perusahaan pengganti Wilsdorf & Davis merk yang berada dibawah naungan perusahaan ini sudah pasti ROLEX lalu pada tahun 1946 hans pengen buat brand lain yang terjangkau tapi mirip ROLEX, maka munculah MONTRES TUDER yang selanjutnya menjadi merk jam tangan TUDOR yang kita kenal sekarang.

 

Untuk penjelasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk jam tangan 14 Perusahaan Jam tangan yang menguasai dunia!!! :

 

Oke brooo itulah 14 merk jam tangan yang menguasai dunia lalu kemana AUDEMARS PIGUET, RICARD MILE, PATEK PHILIPPE, BREITLING atau BELL & ROSS??? Mereka berdiri sendiri dan tidak tergabung dalam group-group besar yang tadi diatas gua sebutin, dan Jika kalian minat model jam tangan micro brand dll kalian bisa kujungi website kami WWW.TIMEINDO.ID disitu kalian bisa memilih jam brand lainnya.