10 JENIS BEZEL JAM TANGAN DAN FUNGSINYA ‼️

by Timeindo Indonesia on 08 November 2019

HALOOO BROOOO

Kali ini gua bukan ngereview jam tangan, kali ini gua bakal ngebahas tentang 10 Jenis Bezel Jam Tangan dibeberapa merk dan beradar dari dulu sampai dengan sejkarang, oke di pembahasan kali ini ngebahas 10 jenis bezel yang umum digunakan oleh beberapa merk jam tangan dari dulu sampai dengan sekarang. Apa itu bezel?? Gua yakin kalian udah pada tau semua bezel adalah bagian dari jam tangan yang benbentuk lingkaran atau ring yang mengelilingi crystal dan merupakan bagian atas dari case jam tangan tersebut pada umumnya ada dua jenis bezel yang secara umum digunakan oleh jam tangan.

1. FIXED BEZEL

Yaitu bezel yang konstruksinya menyatu dengan case tidak bisa dilepas dan tidak bisa diputar jadi bener bener integrative sama casenya.

2. FLEXIBLE BEZEL

Yaitu bezel yang kostruksinya terpisah dari kostruksi case dan ini bisa di putar sesuai dengan kebutuhan yang biasanya disebut dengan rotating bezel.

3. BEZEL BEDASARKAN POSISI

Ada bezel dengan posisinya diluar dan Ada juga bezel yang posisinya didalam yang disebut dengan INNER BAZEL.

Oke itu adalah jenis bezel yang sering digunakan dengan kita untuk sehari hari, nahh kali ini gua bakal sebutin jenis jenis bezel dan fungsinya :

1. COUNT UP BEZEL

Ini adalah bezel yang fungsinya indikatornya adalah untuk menghitung maju, bezel ini juga disebut diving bezel yang biasa kalian sering temukan pada jam tangan dive watch pada umumnya.

2. COUNT DOWN BEZEL

Nahh ini adalah kebalikan dari COUNT UP BEZEL markernya pada bezel ini adalah itu juga di balik dimulai dari angka 55 dan berakhir diangka 5 karakteristik lainnya sama seperti COUNT UP.

3. TACHYMETER

Bezel seperti ini fungsinya adalah untk menghitung kecepatan terhadap jarak tempuh atau sebaliknya beberapa karakter dari bezel ini adalah biasanya bezelnya fixed, tidak bisa diputar dan yang kedua biasanya lekat dengan fitur chronograph karena memang cara mengoprasikan berkaitan dengan fitur stopwatch.

4. TELEMETER

Ada beberapa jam tangan yang masih pakai bezel telemeter seperti ini seperti contohnya TAG HEUER 18, fungsi bezel ini adalah untuk menghitung jarak antara dua tempat walaupun tempat satunya sangat jauh dari posisi dari karakteristiknya adalah bezel luarnya biasanya polos Cuma bezel rehautnya didalam itu penuh dengan indicator telemtal.

5. DUAL TIME / GMT BEZEL

Untuk bezel model ini sampai sekarang masih banyak digunakan masih sering dipakai doel jam tangan dibeberapa merk fungsinya adalah untuk mengetahui waktu negara lain disbanding dengan waktu kita atau dibandingkan dengan waktu GMT karakteristik bezel ini adalah baiasanaya bisa diputar dua arah dan yang kedua markernya biasanya 24 jam muali dari angka 2 sampai dengan angka 22 perpaduan dengan dot atau garis.

6. WORLD TIMER

Karakteristik dan cara penggunaaannya kurang lebih sama dengan GMT tapi biasanya dibezel ada nama kota besar seperti contohnya yang ada di BOLDR GLOBETROTTER ini dan ini fungsinya adlah untuk mengetahui waktu dikota yang tertulis dibandingkan dengan waktu kita.

7. COMPASS BAZEL

Konsep ekspedisi biasanya juga dipakai dengan HIGHKER, TRACKER dan pecinta OUTDOOR ACTIVITY dibezelnya jelas ada marker arah mata angin, cara menggunakannya adalah Cuma bisa disetting di siang hari karena patokannya adalah matahari bukan magnet seperti kompas biaasa, jadi kalau malam kalian tidak bisa pakai.

8. PULSOMETER

Mulai digunakan 1920an oleh para dokter ahli medis atau perawat untuk mempergerakan rate detak jantung pasien pada era itu bezelnya seperti biasa polos tidak bisa diputar dan biasanya berfitur chronograph indicator telemeternya itu biasaanya ada dibagian dalam dial yang berisi skala dari 40 sampai dengan 200.

9. SLIDE RULE BEZEL

Nahh ini adalah bentuk bezel yang paling ribet kelihatanya dan yang paling intimidate dan udah kebayang pusingnya gimana, bezel seperti ini fungsinya banyak banget, salah satunya adalah menghitung kecepatan, jarak, waktu terbang bahkan untuk menghitung perkalian, menghitung exponensial maupun logaritma, tingkat kosumsi bahan bakar dll.

10. DECIMAL BEZEL

Jenis ini mirip dengan TACHYMETER bezel walaupun tidak sepopuler TACHYMETER yang gua ketahui ada OMEGA SPEED MASTER tahun 60an yang pakai bezelnya decimal selain itu ada juga TAG HEUER sama seperti OMEGA, bezel markernya dibagi 60 menit dikala 100 jadi markernya ada angka 10 sampai dengan 100 dan biasanya dipakai oleh para ilmuan untuk menghitung waktu luxy efesiensi dll.

Oke broo itu saja dari gua semoga materi yang gua bahas bermanfaat buat kalian.

Untuk pembahasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Sejarah & Jenis - Jenis JARUM JAM TANGAN ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI