AFFORDABLE TITANIUM DIVE WATCH ‼️

Image 3
Blog

Halo guys, jam tangan kali ini adalah jam tangan yang produksinya selesai pada bulan mei-juni 2021. Sebuah microbrand bermerek RZE yang dulunya merek Reise mengeluarkan line up terbaru mereka.

Kalu pertama mereka mengeluarkan yang model resolute yang berkonsep field watch dengan bahan titanium, gambar jam diatas itu menggunakan konsep Dive watch titanium dengan laporan ultrahex yang terbukti lebih resistant terhadap goresan. Jam diatas merupakan Medallion Yellow yang memiliki warna kuning unik dan sangat eye-catching.

Bagaimana kualitas dari RZE dari dekat?
Mari kita simak ulasan berikut ini.

PackagingUntuk packaging, tidak ada yang berubah.Sama dengan model resolute yang memiliki kemasan kotak memanjang bergaya dompet, materialnya bagus dengan logo yang sangat tegas.Untuk model endeavour ini default strapnya sudah titanium bracelet. Namun sayangnya kotaknya berbentuk rata, jadi mau gak mau harus dilepas dulu satu link braceletnya dan baru bisa masuk ke kotaknya. Kalau saja kotaknya berbentuk kubus, jadi jauh lebih pas menyimpan jam tangannya dan customer tidak harus memasang baud saat menerima barangnya.Model endeavour ini memiliki empat varian.  Ada Frigate Grey, Polaris White, Pacific Blue, dan Medallion Yellow.

Dial DetailIni adalah bagian yang paling mencolok, terutama untuk varian Medallion Yellow yang memiliki warna kuning cakep mirip kuningnya Oyster Perpetual Rolex 2020, warna-warna pastel yang cerah tapi tidak terlalu mengkilap. Dialnya bertekstur kulit jeruk sama dengan yang model resolute, teksturnya unik dan semua marker-markernya dipertahankan stick marker bukan index bulat bulat khas jam tangan diver pada umumnya. Marker 12 nya dibuat tebal dan dibuat dua segmen sama seperti marker 3,6, dan 9 dengan dua jenis luminous yang berbeda. Semua indeksnya applied, finishingnya rapi, lalu logo R nya di print cembung di bagian atas berwarna hitam yang rapi, begitupun dengan tulisan-tulisan dibawah dialnya dibuat rapi. Handsnya bergaya pensil hands, dan dibagian terluarnya dikasih minuter tracker combination titik dan garis berwarna hitam. Tidak banyak yang bisa dibahas pada bagian dialnya, simple, clean, dan tanpa fitur tanggal. Sayang tidak dibuat dua versi karena tidak semua orang suka. Tapi diluar itu, semua eksekusi finishing di dialnya sangat keren dan benar-benar punya attention to detail yang bagus dan konsisten dengan produk-produk mereka yang sebelumnya.

Crystal dan BezelUntuk bagian crystalnya, dibuat flat style dengan material sapphire yang dilapisi oleh anti reflective yang bagus. Kualitas anti reflective nya pun baik, dialnya benar-benar clean dan tidak banyak terdistorsi. Dan jika berbicara bezel karena ini adalah dive watch, RZE menambahkan bezel diver berbahan titanium dengan gerigi berbentuk blok yang rapi, kontruksinya pun solid, tidak ada bouncing, dan untuk bagian permukaan bezelnya juga berbahan titanium dengan marker 60 berskala 5 dikombinasikan dengan garis yang dibuat dengan rapi berwarna hitam. Jadi, bagian bezelnya ini single ton, tidak ada warna lain dan ini menambah aksen elegan sebagai dive watch yang biasanya lebih sporty. Yang ini sporty nya dapat, elegannya pun dapat. Bezelnya dapat diputar satu arah atau bisa disebut 120 click uni directional rotating, aksen putarnya baik, tapi bunyi kliknya kurang renyah. Posisi bezelnya pun presisi segitiganya tepat di posisi 12.

Case & Caseback Untuk bagian casenya, sama persis dengan model resolute, bahkan tidak ada bedanya sama sekali. Yang artinya, untuk model endeavour ini RZE benar-benar menggunakan case yang sama dengan model resolute hanya ditambah ring bezel saja. Casenya berbahan titanium yang dilapisi ultahex technologi yang menjadikannya tahan goresan. Bentuk ini khas banget didominasi oleh aksen sudut yang finishingnya bagus, dan seperti biasa di bagian lugnya dikasih lubang atau drilled-lug holes agar memudahkan kalian kalau mau ganti strap. Lalu, di sisi satunya ada crown dengan crown guard dan bagian ini pun sama persis dengan model resolute pendahulunya. Gerigi crownnya rapi, dengan logo R yang diembos dengan sangat baik di permukaan crownnya. Crownnya terkunci atau screw down crown. Posisi pertama adalah untuk hand winding, dan posisi kedua untuk setting waktunya. Jadi, jumlahnya hanya dua posisi tidak ada posisi kosong. Karena movement yang digunakan berbeda dengan model resolute yang mendukung fitur tanggal. Solid cashback berbahan titanium dan bagian ini tidak dilapisi ultrahex, tampilannya simple dan rapi dan bagian bawahnya diberi logo RZE.

BraceletUntuk model endeavour ini, default strapnya adalah titanium bracelet dengan desain yang bagus dan sama dengan bracelet yang dijual terpisah di model resolute sebelumnya, karena casenya pun sama. Bracelet ini memiliki tampilan yang bagus dan kualitas yang keren dengan dilengkapi double locking deployant clasp dan diberi juga micro adjuster buat micro setting, serta memiliki sifat yang lentur, bagus, dan nyaman dipakai.

Movement & Luminous Karena model endeavour ini tidak memiliki vitur tanggal, maka movement yang dipakai juga yang tidak mensupport tanggal, yaitu Seiko NH38A Movement (no date). Movement ini running di frekuensi 21.600 VPH, 42 Hours PR, 24 Jewels, 200M WR lebih dalam dari model resolute. Dan untuk luminous, udah gak perlu diragukan lagi, dari model yang pertama luminous merupakan salah satu yang ditonjolkan. Indeknya, markernya, juga handsnya dilapisi superluminova C3 berwarna hijau dan bagian segmen-segmen index 3,6,9, dan 12 dilapisi superluminova BGW9 berwarna biru juga dibagian ujung jarum detik, serta memiliki kualitas yang terang, sangat responsive, dan extremely durable.

Dimension & Weight Dimensi jam tangan ini persis kaya resolute, yaitu diameter realnya 40mm dengan ketebalan kurang lebih 12mm. Lalu, lug tip to lug tipnya 46mm, dengan lebar lug 20mm. Bobotnya pun tidak terlalu berat karena berbahan titanium dengan berat realnya kurang lebih 107 gram.Dan itulah gambaran jika dipakai oleh tangan yang memiliki diameter 17cm. Ukuran yang pas, dengan warna kuning yang bikin stand out banget, tebalnya pun pas, dan malah gak terlalu dive watch banget, mungkin bisa dibilang gress dive watch.

Oke guys sekian review terkait dengan RZE Endeavour Medallion Yellow. Harga jam tangan ini dibanderol sekitar 459US$ atau sekitar 6,7 juta-an. Harga yang sangat worth it untuk mendapatkan titanium dive watch dengan kualitas yang bagus, spek yang bagus, dan pilihan warna dial yang cakep dan sangat layak untuk dimiliki.

Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya !!!

Related Posts: