EKSISTENSI JAM TANGAN DI MASA KINI

Image 3
Blog

Waktu merupakan hal yang selalu melekat di kehidupan manusia, seperti kata-kata yang pernah dikutip oleh tokoh terkenal Bruce Lee bahwa “ If you love life, dont waste your time, for time is what life is made up of “. Meskipun kita hanya berdiam diri saja namun waktu akan tetap berjalan setiap harinya. Kesadaran akan waktu sangatlah penting agar kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Untuk itu diciptakanlah sebuah jam tangan yang dapat mempermudah kita dalam mengetahui waktu, di jaman yang semakin modern ini makin banyak inovasi teknologi yang diciptakan sehingga eksistensi jam tangan di kalangan anak muda yang memiliki pro dan kontra. Beberapa alasan yang mendukung pemakaian jam tangan sebagai alat yang perlu dimiliki :

1.Dinilai Barang Paling Efektif Untuk Menunjukan Waktu

Meskipun saat ini sudah banyak smartphone, tablet, dan laptop yang memiliki fitur penunjuk waktu. Namun jam tangan tetap memiliki posisi teratas barang yang paling efektif untuk membuat penggunanya tahu waktu. Jam tangan bisa digunakan di berbagai kondisi dan tempat, baik didalam pesawat, di kolam renang, di gunung, pada saat kita ujian, saat kita kehujanan pun jam tangan masih bisa berfungsi dengan baik. Karena jam tangan tidak mengandalkan sinyal maupun gelombang radio sehingga tidak terpengaruh dengan kondisi apapun. Penggunaanya juga sangat simple karena hanya dengan melihatpun kita sudah bisa mengetahui jam berapa saat ini. Jika dengan smartphone kita harus mengambil & menghidupkan layar smartphone terlebih dahulu. Sehingga untuk melihat waktu pun kita memerlukan lebih tangan dari pada saat kita menggunakan jam tangan. Selain itu, kita pun bisa lupa untuk membawa smartphone dan beresiko tinggi apabila smartphone hilang maka kita tidak akan bisa mengetahui waktu jika hanya mengandalkannya, sebaliknya penggunaan jam tangan akan selalu melekat di tangan kita apabila kita tidak mencopotnya dan penggunaanya pun tidak serepot yang ada di smartphone, tablet, dan laptop. Jam tangan juga digunakan sebagai time planner bagi penggunanya agar bisa merencanakan dan membagi waktu untuk melakukan kegiatan dan rencananya, jika sehari tidak memakai jam tangan maka penggunanya akan merasa kewalahan dan mengakibatkan jadwalnya berantakan.

2.Dipakai Sebagai Mode/Fashion Khususnya Bagi Anak Muda

Perkembangan mode/fashion yang sudah mendunia membuat dampak besar bagi perubahan penampilan sebagian orang. Terutama untuk anak muda yang seiring berjalannya waktu harus memiliki fashion yang baik agar tidak di cap kuno dan ketinggalan jaman. Begitupun pemakaian jam tangan yang sebagian besar ditunjukan untuk menunjang penampilan penggunanya, tanpa memperhatikan fungsinya. Bahkan lucunya, kadang kita temui pengguna jam tangan yang sebenarnya sudah tidak berfungsi namun tetap dipakai sebagai penunjang penampilan. Pemakaian jam tangan yang kini mementingkan ke-aesthethic-an dibanding fungsi operasional sudah dinilai wajar. Karena dijaman sekarang jika kita tidak berpenampilan baik dan mengikuti style yang ada, maka kita akan dipandang rendah oleh orang lain. Beberapa orangada yang menjadikan jam tangan sebagai koleksi meskipun harganya yang tergolong cukup mahal, bahkan ada satu jam tangan yang harganya setara mobil lamborgini. Namun bagi kolektor jam tangan, harga bukanlah suatu masalah besar yang terpenting adalah kepuasan yang didapat setelah mendapatkan jam favorite nya itu.

3.Penentu Status Sosial Seseorang

Orang yang memiliki jam tangan branded/limited edition dianggap sebagai orang yang memiliki status ekonomi atas dan dipandang sebagai orang yang berkelas dan bergengsi. Namun itu sah-sah saja karena setiap orang memiliki keinginan dan kebutuhan yang ingin dia penuhi dan itu balik lagi ke kemampuan finansial setiap orang yang berbeda-beda. Kita juga tidak boleh memaksakan sesuatu keinginan diluar kemampuan kita sendiri hanya karena gengsi. Membeli sebuah barang yang mahal bukanlah suatu hal yang dilarang, itu merupakan bentuk apresiasi untuk diri kita setelah kita bekerja keras menghasilkan uang. Meskipun stigma ini sudah cukup melekat di masyarakat, tetapi tidak dapat dibenarkan sepenuhnya karena status sosial tidak selalu bisa diukur dengan kepemilikan barang-barang branded dan mahal, semua itu kembali lagi ke perspektif masing-masing orang.

4.Menunjang Pekerjaan

Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, beberapa jam tangan memang diciptakan dengan fitur khusus yang dapat menunjang suatu pekerjaan. Seperti jam yang banyak digunakan oleh pilot untuk menunjukan waku dengan mudah di luar negeri, jam yang digunakan khusus untuk penyelam, jam yang digunakan pelari karena memiliki fitur khusus untuk menghitung kecepatan, dan masih banyak lagi jenis jam tangan lainnya.

Sebagai salah satu aksesoris yang penting bagi sebagian orang dan digunakan sebagai penunjuk waktu dikala kesibukan dan aktifitas padat yang kita alami. Hingga tanpa disadari pemakaian jam tangan bisa menimbulkan iritasi bila pemakaiannya terlalu kencang. Itulah salah satu pendapat yang beranggapan bahwa penggunakan jam tangan bukan sesuatu yang perlu ataupun mendesak bahkan bisa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Diantara adalah sebagai berikut :

  • Mengakibatkan Gaya Hidup Konsumtif

 

Di zaman sekarang pasti sudah banyak orang yang mengetahui kata ‘Hedon’. Kata ‘Hedon’ sering digunakan untuk menggambarkan mereka yang suka menghambur-hamburkan/menghabiskan uang demi barang-barang yang sebenarnya tidak perlu dibeli. Oleh karena itu gaya hidup konsumtif tidak mungkin lepas dari gaya hidup ‘Hedon’. Gaya hidup konsumtif memang memberikan kebahagiaan dan kepuasan bagi diri sendiri, namun lama-kelamaan kurang baik bagi keadaan finansial mu. Gaya hidup ini bisa dikurangi dengan membuat daftar prioritas kebutuhan, konsistensi dalam menabung, membuat rencana anggaran bulanan. Jam tangan saat ini digolongkan ke dalam barang-barang yang mewah dan faktanya memang memiliki harga yang relatif mahal dan meskipun ukurannya yang kecil, sehingga banyak orang yang memiliki pola pikir hanya akan menghabis-habiskan uang demi membeli barang kecil tersebut. Jam tangan yang asli dan branded bisa memiliki harga yang setara dengan mobil namun ukurannya yang lebih kecil dari mobil menjadi kurang worth it bagi sebagian orang untuk membelinya. Masyarakat yang rata-rata memiliki ekonomi kelas menengah ke bawah seringkali kurang berminat untuk membeli barang mewah tersebut. Alih-alih untuk membeli jam tangan lebih baik untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Banyak orang yang termakan akan gengsi demi membeli barang branded nan mewah tersebut yang hanya akan merugikan dirinya. Seperti berhutang sehingga lama kelamaan akan menurunkan kemampuan finansial dirinya, membeli barang tiruan yang sangat tidak dianjurkan karena dapat merugikan brand dari barang aslinya sehingga orang-orang akan meragukan keaslian brand tersebut karena telah banyak beredar barang tiruannya.

Gaya hidup konsumtif memanglah menjebak sehingga berpikirlah secara cerdas sebelum memutuskan membeli sesuatu khususnya barang-barang yang mahal karena kita hanya akan merasa senang puas di awal dan merasa menyesal di akhir karena finansial kita memburuk.

  • Hanya Mementingkan Gengsi Bukan Manfaat

Apakah kamu termasuk orang yang mementingkan gengsi ?

Menurut psikolog, rasa gengsi pada seseorang umumnya timbul karena rasa malu dan tidak percaya diri terhadap kemampuannya dan tidak berani menunjukan kelemahannya kepada orang lain, sehingga dia berusaha dengan cara apapun agar menutupi kelemahannya bahkan jika sudah parah diapun akan mudah berbohong kepada orang lain bahwa ia seseorang yang kaya raya dan memiliki segalanya. Itulah mengapa rasa gengsi bisa memperburuk keadaan finansial,memengaruhi gaya hidupmu, serta berakibat buruk bagi mentalmu. Biasanya orang akan gengsi apabila membeli barang-barang yang murah dan barang tiruan. Dengan adanya rasa gengsi kita tidak akan merasa tercukupi dan bersyukur terhadap apapun yang telah kita punya. Bagaimana caranya agar kita terhindar dari rasa gengsi ?

*Jadilah diri sendiri

Dengan kita mencintai diri kita dan menerima diri kita apa adanya akan berpengaruh pada bagaimana cara kita menjalani hidup dan kualitas hidup yang kita jalani akan menjadi lebih baik. Kita tidak dituntut oleh diri kita sendiri untuk menjadi seperti orang lain dan itu akan mengurangi beban tekanan dan stress yang ada dipikiran kita. Sehingga kita bisa lebih menikmati hidup yang kita jalani.

*Belajar rendah hati

Rendah hati merupakan sifat yang harus kita kembangkan agar terhindar dari perilaku gengsi, menjadi rendah hati akan membuat diri kita lebih nyaman. Belajarlah untuk mengatakan terima kasih, tolong, dan maaf. Tiga kata ini masih sulit ditanamkan karena tingkat gengsi dan individualitas di masyarakat masih tinggi. Oleh karena itu, mulailah dengan menanamkannya didalam diri sendiri

*Bergaul dengan lingkungan yang tepat

Umumnya lingkungan merupakan salah satu faktor munculnya rasa gengsi. Timbulnya rasa tidak suka dengan orang lain yang memiliki barang lebih mahal ataupun memiliki suatu kelebihan yang tidak kita miliki. Carilah lingkungan yang bisa membuat kita berpikir positif terhadap segala sesuatu.

*Tidak ikut-ikutan orang lain

Setiap orang memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda, jadi jika kita bersikeras untuk meniru gaya orang lain yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial mengakibatkan dampak buruk bagi kita sendiri. Kita hanya akan membuang-buang uang untuk sesuatu yang tidak penting sebenarnya bagi kita. Lebih baik di umur kita sekarang terutama untuk anak muda, perbanyaklah menabung dan berinvestasi. Jangan banyak menghabiskan uang di masa muda, tabunglah untuk masa tua. Agar masa tua kita tidak susah.

*Membuang rasa sombong dan keras kepala

Gengsi identik dengan ketidakinginan akan cemoohan dan anggapan remeh orang lain. Rasa gengsi lama kelamaan akan menumbuhkan rasa sombong didalam diri. Inilah yang merugikan manusia sebagai konsumen, sehingga untuk menghindari perilaku konsumtif buanglah rasa sombong dan keras kepala yang Anda miliki. Belilah barang-barang yang menurut Anda perlu dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda, agar Anda tidak dirugikan.

  • Kurang Nyaman Dipakai Bagi Beberapa Orang

Bagi beberapa orang menggunakan jam tangan adalah sesuatu yang wajib. Dalam berbagai aktifitas, karena arti jam tangan bagi sebagian orang bukan hanya sebagai penunjuk waktunamun bisa menjadi aksesoris andalan dalammenunjang fashion. Kenyamanan memanglah suatu ukuran perspektif yang berbeda-beda pada tiap orang. Adapun sebagian orang yang kurang nyaman dalam menggunakan jam tangan. Beberapa alasan jam tangan kurang nyaman saat dipakai adalah :

Ukuran jam tangan yang tidak sesuai

Ukuran jam tangan yang tidak sesuai memanglah suatu masalah yang sering kita alami, namun jangan khawatir karena dibawah ini ada beberapa tips yang dapat kita jadikan panduan untuk memilih jam tangan sesuai dengan pergelangan tangan kita:

*Ketahuilah ukuran pergelangan tangan Anda

Yang harus Anda ketahui agar bisa memilih jam tangan sesuai dengan ukuran pergelangan tangan Anda adalah ketahui ukuran diameter pergelangan tangan. Ukurlah dengan tali/pita lalu lingkarlah ke pergelangan tangan kalian. Lalu ukurlah dengan penggaris atau alat ukur panjang lainnya.

*Ketahuilah lebar pergelangan tangan kalian

Kalian bisa mengukur lebar tangan menggunakan alat ukur lebar. Setelah Anda mengetahui lebar pergelangan tangan Anda, maka langkah selanjutnya adalah beberapa bagian dari jam tangan yang bisa mempengaruhi bagus atau tidaknya jika dipakai di tangan. Hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih jam tangan adalah :

*Ukuran diameter jam tangan

Ukuran diameter jam tangan bisa dilihat dari lebar case terluar diluar crown. Saat ini sedang trend ukuran diameter jam tangan yang cenderung besar. Namun itu kembali ke selera dan masing-masing orang yang ingin memakainnya.

*Ukuran dan posisi crown

Produksi jam tangan jaman sekarang kebanyakan memiliki crown yang besar dan posisinya yang tidak biasa. Karena itu bisa sangat mempengaruhi kenyamanan.

*Ukuran ketebalan jam tangan

Sebenarnya ukuran ketebalan jam tangan tidaklah mempengaruhi ukuran jam tangan. Namun lebih ke selera dan style, yang rupanya harus diperhatikan kecocokannya saat akan membeli jam tangan tersebut. Salah satu bagian yang harus diperhatikan yaitu bagian caseback yang biasanya bisa dilihat di deskripsi barangnya.

*Ukuran Lug Tip To Lug Tip

Yaitu lebar ujung lug yang satu ke ujung yang satunya lagi, meskipun lebar diameter jam tangan sudah sesuai namun jika ukuran lug tip to lug tip terlalu panjang maka akan terlihat kurang bagus.

*Bentuk dari lug jam tangan

Beberapa jam tangan memiliki bentuk lug yang berbeda sesuai dengan model jam tangan tersebut. Bentuk lug jam tangan vintage lebih datar dari bentuk jam tangan biasa, karena jika jam tangan memiliki lug tip to lug tip yang terlalu panjang maka akan menghasilkan gap di ujung lug.

Itulah beberapa faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih jam tangan yang pas dan sesuai dengan selera Anda. Dengan melihat faktor-faktor tersebut menjadikan Anda memiliki alasan dalam memilih jam tangan sesuai selera Anda.

 

  • Memakai jam tangan dengan bahan yang tidak sesuai

Jam tangan memiliki tali dengan bahan yang berbeda sesuai mode nya. Seperti hal nya pakaian, pemakaian jam tangan juga bersifat musiman. Ada berbagai macam jenis tali jam tangan sesuai dengan bahan yang dipakai, beberapa jenis tali jam tangan yang sering ditemui yaitu :

*Tali jam tangan berbahan Karet

Tali jam tangan jenis ini cocok bagi kamu yang suka berolahraga dan aktif, karena bahannya yang ringan dan tidak gampang basah serta harganya yang relatif terjangkau sehingga cukup diminati. Namun, biasanya tali jam tangan karet tidak begitu dapat bertahan lama dibanding bahan lainnya.

*Tali jam tangan berbahan kayu

Tali jam tangan jenis ini cukup di gemari oleh kalangan kolektor jam karena memiliki desain yang lebih kontemporer dan senada dengan warna kulit kita. Namun, yang perlu diperhatikan yaitu pemakaian nya harus hati-hati karena bahan kayu mudah retak dan patah.

*Tali jam tangan berbahan kulit

Tali jam tangan jenis ini cocok bagi kamu yang sering tampil formal namun ingin tetap classy. Bahan kulit juga cocok untuk dipasangkan ke berbagai mode fashion, namun jam tangan ini memiliki perawatan yang ekstra dan apabila sering ditempatkan di tempat lembab dan suhu ekstrim maka akan cepat rusak.

*Tali jam tangan berbahan metal

​​​​​​​

​​​​​​​Tali jam tangan jenis ini banyak dipakai di berbagai agenda formal. Memiliki bahan metal yang beragam seperti stainless stell, titanium, perak, sampai emas. Tali jam ini cukup awet dipakai dalam jangka panjang, namun perlu dipertimbangkan jenis metal yang digunakan karena mempengaruhi berat jam tangan saat dipakai, saat cuaca panas pun apabila dibiarkan terlalu lama di bawah sinar matahari maka jam tangan pun ikut terasa panas.

*Tali jam tangan berbahan nilon

​​​​​​​

Tali jam tangan jenis ini cukup digemari karena sangat simple look dan cocok bagi Anda yang suka berkegiatan outdoor maupun indoor. Desain warna tali yang beragam serta harganya yang murah menjadikannya cukup digemari oleh anak muda. Perawatannya yang mudah dan washable cocok bagi kamu yang tidak suka ribet.

*Tali jam tangan rally

Tali jam tangan memiliki bentuk yang lebih menonjol dari jenis tali jam tangan yang lain, terispirasi dari bentuk sarung tangan balap. Tali jenis rally lebih cocok digunakan saat musim panas karena bahannya yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

  • Tidak Memerlukan Jam Tangan

Perlu atau tidaknya memanglah sebuah persepsi dari masing-masing orang. Segelintir orang ada yang tidak membutuhkan jam tangan sebagai alat penunjuk waktu karena menurutnya kalo sudah ada fitur di smartphone untuk menunjukan waktu maka tidak perlu lagi mengeluarkan budget khusus untuk membeli jam tangan. Kaum ini biasa dikenal dengan kaum yang hemat namun tampaknya terkesan pelit. Adapun alasan kesehatan yang tidak menganjurkannnya memakai jam tangan misalnya untuk melancarkan peredaran darah, memiliki alergi kulit sehingga pemakaian jam tangan yang terlalu sering dan kencang akan mengakibatkan iritasi pada kulit dikarenakan keringat yang menempel menjadi lembab dan kurangnya sirkulasi udara, memiliki bekar cedera di pergelangan tangan yang bisa mengakibatkan bertambah parah apabila memakai jam tangan yang tidak sesuai.

Itulah bagaimana eksistensi jam tangan di jaman sekarang. Tentunya masih eksis bukan, meskipun jam tangan sudah muncul dari jaman dulu sebelum adanya handphne namun masih digemari sebagai aksesoris dan fashion sampai sekarang. Semakin berkembangnya model dan fitur yang ada di jam tangan, maka lama-kelamaan tidak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu saja namun juga bisa digunakan sebagai penunjang pekerjaan Anda.

Related Posts: