FAKTA UNIK DIBALIK KATA “SWISS MADE”

Image 3
Blog

Sebagian banyak orang telah mengetahui bahwasanya sebuah Negara yang menjadi tolak ukur horologi adalah Switzerland atau Swiss. Banyak sekali merek-merek legendaris yang dibangun dari sana. Dan begitu prestigiousnya jam tangan yang diberikan label swiss made pada dial jam tangan di bagian bawahnya. Dan pastinya yang memakai akan lebih percaya diri dan bangga dengan swiss made tersebut.

Terdapat dua jenis terminologi dalam jam tangan yang menggunakan kata swiss.

Swiss Made

Berdasarkan aturan hukum di swiss pada tahun 2017 sebuah jam tangan bisa dikategorikan swiss made jika movementnya harus Swiss Movement, pemasangan mesin ke jam tangan harus dilakukan di Swiss dibawah pengawasan tertentu, manufacturer jam tangan harus bisa melewati pemeriksaan akhir di Swiss, serta biaya produksi jam tangan secara keseluruhan 60% dari total biaya tersebut harus dikeluarkan di Swiss. Sedangkan syarat movement sebuah jam tangan untuk disebut sebagai swiss movement adalah movementnya harus dirakit atau di assembling di Swiss. Kemudian, movementnya harus lolos pada pemeriksaan oleh manufaktur di Swiss. Selain itu, berdasarkan kesepakatan antara Switzerland European Union 60% dari nilai komponen movementnya harus dibuat oleh manufacture di Swiss.

Swiss Movement atau Swiss Movt

Beberapa merek jam tangan di bagian bawah dial tertulis Swiss Movt, ini berarti bahwa jam tangan tersebut memiliki swiss movement tapi proses perakitannya tidak dilakukan di Swiss. Swiss Movement disini bisa saja mesin merek lain yang sudah tersertifikasi oleh Swiss dan sudah memenuhi syarat-syarat tertentu.

PRO’s & CON’s

Untuk beberapa brand besar seperti Rolex atau kaliber-kaliber jam tangan swiss made yang kakap. Merek-merek besar tersebut sudah memiliki manufacture sendiri, bahkan untuk movementnya sudah menggunakan in house movement yang artinya movement yang dibuat khusus untuk jam tangan yang mereka miliki. Jadi untuk movementnya mereka sudah memiliki kaliber sendiri. Seperti contohnya Rolex dengan kaliber 3135, 3186, 3187, dan lain-lain. Tapi dalam beberapa merek baru, merek medium atau bahkan merek kecil yang memang belum memiliki manufacture sendiri dan belum memiliki movement yang diproduksi sendiri, disinilah pro dan kontranya. Karena syarat sebuah jam tangan bisa menggunakan label swiss made adalah 60% dari total biaya produksi jam tangan harus dikeluarkan di Swiss yang artinya terdapat 40% lagi yang masih bisa dibuat diluar Swiss. Kemudian untuk movementnya sama, dimana 60% dari nilai komponen mesinnya harus dibuat di Swiss yang artinya masih ada 40% yang masih bisa diproduksi di tempat lain. Jika 40% nya ini adalah diproduksi di China, maka sudah beda lagi ceritanya, karena biaya produksi di China murah sekali. Jadi, jika 40% nya itu adalah diproduksi di China, ini tentunya akan banyak sekali komponen untuk jam tangan tersebut karena biaya produksi di China yang murah. Dan faktanya, beberapa merek ada yang memanfaatkan situasi ini. Dengan memproduksi komponenkomponen jam tangannya dan komponen movementnya di China yang notabennya jauh lebih murah. Kemudian hasilnya adalah dari komponen yang ada di jam tersebut bahkan lebih banyak komponen yang dibuat di China. Karena walaupun hanya 40% dari total biaya produksi, tapi dapat menghasilkan banyak sekali komponen yang pada akhirnya komponen jam tangan tersebut lebih banyak yang diproduksi di China dibandingkan dengan komponen yang diproduksi di Swiss sendiri karena biaya produksi di Swiss itu jauh lebih mahal dibandingkan dengan produksi di China. Kesimpulan: selain merek-merek besar yang sudah memiliki in house sendiri, label swiss made tidak lebih dari sekedar kemasan bisnis untuk mempermainkan harga. Karena merek-merek kecil dan menengah yang menyebut bahwa jam tangannya dengan label swiss made, sebetulnya mereka tidak memiliki in house manufacture sendiri, baik untuk memproduksi part jam tangannya atau untuk memproduksi komponen dari mesinnya. Artinya mereka harus menggunakan pihak ketiga lain untuk membangun jam tangan yang berlabel swiss made.

Related Posts: