Industri Jam Tangan Dunia

Image 3
Blog

Saat ini jam tangan tidak hanya berperan sebagai penunjuk waktu belaka, tetapi juga menjadi komoditas aksesoris yang berharga untuk dijual-belikan. Oleh karena itu, industri jam tangan menjadi industri yang menjanjikan baik jam tangan bekas (pre-owned) maupun jam tangan baru.

Segmentasi Pasar Jam Tangan Dunia

Menurut laporan dari Fossil group, secara garis besar segmentasi produk jam tangan di dunia dapat dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

  1. Fine watches atau luxury watches. Jam tangan jenis ini biasanya diproduksi menggunakan bahan-bahan khusus seperti metal atau perhiasan tertentu. Hampir semua Fine watches dibuat di Swiss. Anda dapat mendapatkan produk-produk jam tangan ini dengan membeli jam tangan dari brand terkemuka seperti Rolex, Omega dan lain-lain. Untuk mendapatkan jam tangan ini, Anda harus merogoh kocek cukup dalam mulai dari 4000 USD hingga lebih dari 20000 USD.

  2. Premium and designed watches. Harga yang ditawarkan oleh perusahaan untuk jam tangan jenis ini memang sedikit lebih murah daripada jam tangan kategori pertama. Tetapi kualitas yang dimiliki jam tangan ini tidak kalah dengan kualitas Luxury Watches di atas. Dengan mengeluarkan biaya sebesar 500 USD hingga 4000 USD, Anda bisa mendapatkan jam tangan kelas ini. Beberapa brand besar yang memproduksi jam tangan kategori ini adalah Gucci, Movado, Seiko, Tag Heuer dan Tissot.

  3. Digital dan analog watches yang dibuat di Asia seperti Timex, Casio, Armitron. Harga jam tangan yang masuk ke dalam klasifikasi ini berkisar antara 7 USD hingga 60 USD.

  4. Contemporary watch. Contemporary watch adalah jam tangan yang dibuat untuk mendukung bisnis fashion kontemporer. Jam tangan ini dibuat oleh beberapa brand fashion terkenal seperti Guess, Michael Kors, Armani Exchange dan lain-lain. Harga yang dipatok untuk jam tangan jenis ini bervariasi mulai dari 60 USD hingga 1000 USD.

Selain dibagi berdasarkan jenis produk, segmentasi konsumen pasar jam tangan dunia juga di bagi ke dalam berdasarkan beberapa aspek lain mulai dari aspek geografis, hingga jenis movement dan produsen.  Apabila dilihat dari sisi segmen berdasarkan geografis, industri jam tangan dunia mengalami perkembangan pesat di negara-negara Asia timur seperti, Cina dan Hongkong serta berkembang pesat di India.

Segmentasi ini diperlukan oleh perusahaan agar jam tangan yang mereka buat sesuai dengan selera target konsumen. Namun demikian, hanya terdapat beberapa perusahaan yang berhasil menjadi market leader di industri ini secara keseluruhan.

Market Leader Industri Jam Tangan Dunia

Jika Anda perhatikan lebih lanjut, Industri jam tangan dunia hanya dikuasai oleh 15 holding company. 14 holding company tersebut tidak hanya membuat jam tangan untuk satu segmen pasar saja, tetapi mereka juga membuat jam tangan untuk konsumen pada segmen kategori lain. Berikut ini 14 perusahaan induk (holding company) yang mendominasi industri jam tangan dunia:

  1. Richemont Group. Richemont group adalah perusahaan induk yang menaungi beberapa merek jam tangan terkenal seperti Cartier, IWC, Officine Panerai, Vacheron Constantin dan lain-lain.

  2. the Swatch Group. Group ini adalah perusahaan yang didirikan oleh watchmaker asal Swiss, yaitu Nicholas Hayek untuk menghadapi Quartz Crisis pada pertengahan tahun 1970an. Swatch Group memproduksi jam tangan dengan merek Swatch, Breguet, Omega dan Tissot.  

  3. LVMH (LVMH MOET HENNESSY-LOUIS VUITTON S.E). Perusahaan berbasis di Paris Prancis ini menaungi produksi beberapa brand jam tangan terkenal seperti Bvlgari, Hublot, Zenith dan Tag Heuer.

  4. Kering Group. Kering Group adalah perusahaan yang memproduksi jam tangan merek Girrard-Perregaux dan Ulysse-Nardin. Selain jam tangan, perusahaan ini juga memproduksi perhiasan dan tas dengan merek terkenal seperti Gucci, Saint Laurent dan Balenciaga.

  5. Seiko Group. Seiko Group adalah perusahaan jam tangan asal Jepang yang membuat dan mendistribusikan jam tangan merek Seiko dan Orient.

  6. Fossil Group. Beberapa merek jam tangan yang diproduksi perusahaan ini adalah jam tangan merek Fossil, Adidas, Emporio Armani dan Michael Kors.

  7. Movado Group Inc. Selain memproduksi jam tangan merek Movado, perusahaan ini juga memproduksi jam tangan dengan brand Concord dan Hugo Boss.

  8. Citizen Group. Citizen group adalah perusahaan jam tangan dari Jepang yang tidak hanya memproduksi jam tangan buatan negeri sakura tersebut tetapi juga membuat jam tangan dengan label Swiss Made seperti jam tangan merek Arnold & Son dan Frederique Constant.

  9. Timex Group. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini menaungi produksi beberapa brand jam tangan seperti Timex, Nautica dan Guess.

  10. Franck Mueller Group. Sesuai dengan namanya, group ini membuat jam tangan dengan merek Franck Mueller dan beberapa jam tangan lainnya.

  11. Binda Group.  Perusahaan asal Italia ini memproduksi beberapa jam tangan mewah seperti, Kenneth Cole dan Breil Milano.

  12. Citychamp Group. Setelah pada awalnya hanya menjadi distributor barang barang mewah untuk pasar Cina dan Hongkong, City champ group mulai merambah pada produksi dan distribusi jam tangan dengan membeli jam tangan merek Eterna pada tahun 2011 dan jam tangan Corum pada tahun 2013.

  13. Festina Group. Group ini merupakan produsen jam tangan yang berbasis di Barcelona Spanyol dan memproduksi jam tangan merek Festina & Parelet.

  14. Rolex S.A Group. Selain menaungi produksi dan distribusi jam tangan merek Rolex, perusahaan ini juga menaungi produksi dan distribusi jam tangan merek Tudor.

Hasil penelitian dari Morgan Stanley Research pada tahun 2019, Rolex S.A masih menjadi market leader dalam industri jam tangan buatan Swiss dengan mengantongi market share lebih dari 23%. Di posisi kedua dikuasai oleh brand jam tangan dari the Swatch Group yang memiliki sekitar 20% market share.

Hal ini bukan berarti Rolex menjadi market leader industri ini secara keseluruhan, karena segmen pasar brand ini hanyalah untuk jam tangan mewah saja. Terlebih lagi data di atas lebih fokus pada jam tangan yang dibuat di Swiss dan bukan industri jam tangan secara keseluruhan.

Pasar jam tangan dunia hingga saat ini masih merupakan yang highly concentrated ke dalam 14 holding company di atas. Akan tetapi beberapa tahun belakangan ini banyak brand jam tangan mikro (micro brand) yang meramaikan industri ini sehingga jam tangan tidak hanya bisa dipakai oleh kalangan tertentu saja, melainkan oleh semua lapisan masyarakat.

Related Posts: