Ingin Jual Jam kesayangan? ini yang perlu Anda Ketahui Sebelum Menjual Pre-Owned

Image 3
Blog

Jam tangan kini tidak hanya menjadi barang fashion atau aksesoris, tetapi juga aset yang perlu diperhitungkan jumlah nilainya. Terlebih pada saat pandemic covid19 seperti ini tentu jam tangan bisa menjadi aset yang dapat Anda jual atau gadaikan dengan segera jika memang Anda sedang perlu cash, Namun menjual jam tangan mewah bekas (Pre-Owned) tidak seperti menjual barang bekas lainnya. Menjual jam tangan mewah Pre-Owned seperti layaknya menjual emas. Anda harus pergi ke toko tempat jual beli jam tangan yang tepercaya agar jam tangan Anda mendapatkan harga yang layak, Sayangnya tempat jual beli jam tangan bekas offline di Indonesia hanya ada di kota-kota besar sehingga Anda akan kesulitan untuk menjual jam tangan bekas milik Anda. Salah satu solusi dari kesulitan ini adalah dengan menjual jam tangan Anda secara online atau langsung ke calon pembeli.

Menjual jam tangan mewah secara online atau in-person pasti memiliki tantangan sendiri. Artikel ini akan membahas beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menjual jam tangan mewah Anda.

Kumpulkan Dokumen yang Terkait Dengan Pembelian Jam Tangan Anda

Sama halnya dengan Emas, Anda juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti bukti pembelian, kotak asli jam tangan Anda, kartu reparasi, kartu garansi dan lain-lain. Sebenarnya tidak masalah jika Anda lupa di mana meletakkan semua dokumen tersebut dan menjual jam tangannya saja. Hanya saja, dengan memiliki dokumen tersebut proses penjualan jam tangan Anda bisa jadi lebih cepat karena pembeli atau dealer bisa langsung mengetahui keaslian produk yang Anda jual.

Selain itu, dengan memiliki dokumen-dokumen di atas harga jam tangan Anda bisa lebih mahal 15%- 25%. Jadi, ketika Anda membeli jam tangan mewah, pastikan Anda menyimpan surat surat di atas, ya.

Ketahui model, nomor seri dan tahun pembuatan jam tangan Anda

Banyak seri jam tangan yang diproduksi sejak puluhan tahun lalu dan setiap kali diproduksi ulang, terdapat perbedaan fitur yang seringkali signifikan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui nomor seri dan tahun pembuatan jam tangan Anda sehingga proses penjualan jam tangan menjadi lebih cepat karena informasi yang diberikan lengkap.

Nomor seri ini dapat Anda peroleh di buku panduan jam tangan Anda atau di badan jam tangan itu sendiri. Beberapa brand jam tangan mewah juga memberi nomor unik pada masing-masing jam sehingga keaslian jam tangan tersebut bisa lebih terjamin, Ketahui Biaya-Biaya Tersembunyi (Hidden Cost) dan Tentukan Harga Jam Tangan Anda

Harga jual diperoleh dari biaya ditambah keuntungan. Rumus sederhana ini bisa Anda aplikasikan juga ketika menjual jam tangan bekas milik Anda. Dalam hal ini, Anda harus menanggung sejumlah biaya tersembunyi yang timbul akibat penjualan tersebut.

Biaya-biaya tersembunyi tersebut seperti, ongkos kirim, biaya jasa dealer, pajak dan lain-lain. Jangan sampai besaran biaya-biaya tersebut membuat pendapatan yang Anda peroleh dari hasil penjualan lebih rendah daripada ekspektasi Anda sebelumnya.

Faktor lain yang menentukan harga jual jam tangan mewah selain biaya yang harus Anda tanggung adalah kondisi jam tangan dan kerumitan struktur jam tangan. Semakin terawat dan rumit struktur jam tangan tersebut, maka semakin mahal pula harga jualnya di pasar.

Namun yang perlu Anda ingat adalah orisinalitas dalam wristwatches secondary market sangat dihargai. Artinya adalah jika Anda pernah mengganti komponen jam tangan Anda dengan komponen lain yang tidak berasal dari brand jam tangan tersebut, kemungkinan besar harga jam tangan Anda di pasar sekunder akan turun.

Sebagai langkah awal menentukan harga jam tangan, Anda bisa sedikit melakukan riset mengenai harga bekas jam tangan dengan seri yang Anda miliki di internet. Harga yang tampil di layar tersebut bukan pendapatan bersih yang akan Anda dapatkan, tetapi harga jual yang harus dikurangi berbagai macam biaya tersebut di atas.

Tentukan Metode Penjualan Anda

Ada banyak metode penjualan yang bisa Anda coba untuk menjual jam tangan Anda. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, Metode pertama yang bisa Anda coba adalah menjual jam tangan Anda secara langsung baik melalui dealer, marketplace atau langsung ke calon pembeli. Metode yang kedua adalah Anda bisa mencoba untuk menggadaikan jam tangan tersebut ke Pegadaian. Kedua metode ini cocok untuk Anda apabila Anda membutuhkan uang cash secepat mungkin. Kekurangannya adalah umumnya uang tambahan yang Anda peroleh melalui metode ini akan lebih kecil daripada dua metode lainnya.

Anda selanjutnya bisa mencoba metode konsinyasi dan lelang (auction). Konsinyasi adalah tindakan memberikan hak perawatan, penjagaan dan penjualan suatu barang kepada pihak lain sampai barang tersebut terjual. Dalam metode konsinyasi, penjual hanya dikenakan biaya perawatan oleh dealer sehingga keuntungan bersih yang diperoleh penjual bisa lebih tinggi daripada metode penjualan langsung.

Kelemahan metode konsinyasi dan lelang adalah Anda harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan uang tunai hasil penjualan jam tangan Anda. Lebih dari itu dalam metode lelang Anda juga harus mempertimbangkan biaya jasa rumah lelang tempat Anda menjual jam tangan Anda.

Pilih metode penjualan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih juga jalur penjualan Anda. Apakah Anda memilih menjual jam tangan Anda secara online atau offline.

Pahami Kebijakan Pengembalian Yang Ditetapkan oleh Dealer

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum menjual jam tangan Anda adalah Anda harus memahami kebijakan pengembalian (return) jika Anda memutuskan untuk menjual jam tangan Anda melalui dealer. Hal ini penting untuk diketahui agar ketika konsumen mengembalikan barang yang Anda jual karena satu dan lain hal, Anda sudah tahu siapa yang harus mengembalikan uang yang dibayarkan oleh konsumen tersebut.

Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjual Pre-Owned Wristwatches

Menjual jam tangan kesayangan memang memerlukan pengorbanan tersendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan hal-hal penting di atas agar pengorbanan Anda tidak sia-sia.

Related Posts: