Ini Dia, Industri Jam Tangan yang Sudah Berdiri Hingga 3 Abad

Image 3
Blog

Menciptakan jam tangan adalah salah satu hal yang sulit di masa lampau karena membutuhkan pengrajin yang handal. Para pengrajin jam tangan juga disebut sebagai Master of Art karena memang tingkat kesulitan membuat jam tangan secara handmade sangatlah tinggi. Hingga saat ini, masih ada industri jam tangan yang menggunakan metode handmade dan dijual dengan harga yang sangat tinggi. Beberapa diantaranya sudah berdiri hingga 3 abad.

Bagi para pecinta jam tangan, pembuatannya memanglah dirasa sebagai seni tingkat tinggi. Dari faktor detail hingga complication nya memang menentukan seberapa tinggi nilai seninya. Berikut beberapa industri jam tangan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1700-an.

Raketa

Tidak seperti industri jam tangan besar yang umumnya berada di negara Swiss, Raketa berdiri pada tahun 1721 di negara Rusia. Awalnya, sebelum berubah menjadi Raketa, perusahaan ini bernama Petrodvorets Watch Factory. Pada era tersebut, Petrodvorets hanya menciptakan jam dengan bahan perhiasan untuk kalangan bangsawan dan raja. Hingga berubah menjadi Raketa, mereka akhirnya memproduksi jam tangan untuk tentara soviet, penjelajah kutub utara, dan juga untuk masyarakat umum di tahun 1961.

Blancpain

Berdiri pada tahun 1735, Blancpain merupakan industri jam tangan tertua di abad 18 setelah Raketa. Bertempat di negara Swiss, jam tangan ini digolongkan sebagai Luxury Watch tingkat High-End. Pada tahun 1992, Blancpain menjadi anak perusahaan industri jam tangan Swiss Swatch Group yang hanya menciptakan jam tangan kelas atas. Meski menjadi anak perusahaan, slogan Blancpain sangatlah idealis, yaitu “Blancpain tidak pernah membuat jam tangan quartz dan tidak akan pernah”.

Favre-Leuba

Industri jam tangan Favre-Leuba adalah industri yang dikembangkan oleh keluarga Favre dari lanjut generasi sejak tahun 1737. Berawal dari pembuatan jam tangan mekanik yang tahan segala temperatur, industri ini berganti nama menjadi Favre-Leuba setelah bekerja sama dengan pembuat jam tangan dan aksesoris Leuba. Meski hingga kini masih eksis, perusahaan Favre-Leuba pernah dijual karena permasalahan Quartz Crisis.

Jaquet Droz

Berawal dari ketertarikan membuat jam tangan mekanik yang presisi, pemilik Jaquet Droz mendirikan perusahaannya pada tahun 1738. Setelah itu, mereka melakukan perjalanan ke spanyol untuk mendistribusikan barangnya. Beberapa tahun kemudian, untuk menunjukkan kemampuan sebagai pengrajin, mereka menciptakan Automata, yaitu boneka dengan detail yang baik untuk disandarkan sebagai pajangan bersama koleksi jam yang ditawarkan.

DuBois Et Fils

Industri yang juga dari Swiss ini merupakan pembuat jam tangan dengan jumlah terbatas. Sebelum berdiri pada tahun 1751, DuBois adalah pencipta jam saku atau pocket watch. Pada awal abad 19, mereka mulai mendistribusikan jam tangan di Amerika. Berbeda dengan industri jam tangan lainnya, DuBois Et Fils menawarkan investasi ekonomi dengan menjalankan kampanye crowdinvesting dan rent your luxury watch di abad 21.

Ferdinand Berthoud

Berbeda dengan kebanyakan pengrajin jam tangan, Ferdinand Berthoud adalah seorang ilmuwan yang memiliki kemampuan sebagai pembuat jam tangan juga. Ia mulai diakui sebagai master watchmaker pada tahun 1753 di Perancis. Berthoud juga menjabat sebagai Horologist-Mechanic raja Perancis dan angkatan laut. Dengan jabatannya, Ferdinand Berthoud berhasil menciptakan Marine Chronometers yang digunakan angkatan laut untuk navigasi celestial.

Vacheron Constantin

Memiliki julukan Holy Trinity, Vacheron Constantin memang indsutri jam tangan dengan sejarah panjang nan terhormat. Berdiri pada tahun 1755 di Swiss, perusahaan ini selalu menciptakan jam tangan dengan jumlah terbatas. Berdasarkan tingkat kesulitannya, hanya Vacheron Constantin yang dapat menciptakan jam tangan dengan 57 horological complication. Setiap tahunnya, Vacheron Constantin hanya memproduksi 20.000 unit jam tangan saja.

Urban Jürgensen

Meski sekarang berlabel sebagai Luxury Handmade Swiss Watches, sebenarnya Urban Jürgensen adalah pembuat jam tangan yang berasal dari negara Denmark. Berawal dari ayahnya yang juga pembuat jam tangan kerajaan, Urban Jürgensen juga belajar menjadi pembuat jam tangan hingga dia menjalani karir di beberapa negara, salah satunya Swiss. Sejak berdiri dari 1773, ia akhirnya kembali ke Denmark pada tahun 1803 untuk mengapresiasikan hasil karirnya bersama dengan ayahnya.

Breguet

Berasal dari negara Perancis, Breguet merupakan pembuat Luxury Watch dan perhiasan sejak tahun 1775. Brand ini merupakan pionir teknologi tourbillon dan perpetual di masanya. Meski berasal dari Perancis, di tahun 1999 Breguet menjadi anak perusahaan Swiss Swatch Group. Breguet memegang gelar salah satu jam tangan termahal yang terjual di gedung lelang New York seharga mencapai 6,8 juta US dolar.

Related Posts: