LOKAL BRAND? SIAPA TAKUT - 10 JAM TANGAN BRAND LOKAL

Image 3
Blog

Permintaan pasar akan jam tangan saat semakin meningkat tajam, oleh sebab itu para produsen jam tangan dituntut untuk meningkatkan tingkat produksinya. Hal ini meningkatkan tingkat persaingan para produsen jam tangan yang berlomba-lomba dalam menciptakan produk yang berkualitas, menarik, dan tentunya memiliki harga yang affordable. Sebagai penyuka jam tangan, kita jangan hanya melirik produk-produk jam tangan mewah dan bergengsi seperti Rolex, Casio, dan Swatch, mungkin dikarenakan belum terlalu banyak pihak yang mengetahui bahwa Indonesia juga memiliki produk jam tangan sendiri. Namun kita juga harus membuka mata terhadap produk jam tangan dalam negeri yang tidak kalah bagusnya. Produk jam tangan dalam negeri saat ini mulai meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi jam tangan dan ada juga yang sudah memasarkan produk jam tangannya sampai ke luar negeri. Kali ini kita akan membahas produk jam tangan dalam negeri yang memiliki kualitas tidak kalah dengan produk luar negeri. Yuk simak baik-baik !

1. LANCCELOT

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa Laccelot merupakan produk asli dari Indonesia dan bukan produk dari luar negeri. Laccelot merupakan sebuah brand yang dibangun oleh Dharmawan Tanoto yang dibangun sejak 2013. Nama Lanccelot terinspirasi dari ksatria meja bundar yang bernama Sir Lancelot dalam legenda Arthurian dikenal sebagai pribadi yang semangat dan disiplin. Produk Lanccelo sudah mampu bersaing dengan produk luar negeri dan nama produk-produknya terinspirasi dari tokoh di abad pertengahan sejarah eropa seperti Nero, Navigator, Aegis, dan lainnya.

Kemewahan produk yang dihasilkan tidak lepas dari tangan-tangan hebat dan kreatif orang Indonesia, dengan memberdayakan tenaga kerja dari dalam negeri merupakan salah satu upaya Lanccelot untuk mendukung sektor ekonomi di Indonesia. Produk yang dibuat dengan strap dari kulit yang terbuat dari kulit sapi Italia membuat jam tangan ini memiliki gaya yang elegan dan berkesan anggun serta mewah. Harga yang ditawarkan oleh brand Lanccelot juga cukup terjangkau untuk ukuran jam tangan yang berkualitas dan berpenampilan mewah. Salah satu koleksi terbarunya yang dikeluarkan pada tahun 2019 adalah koleksi seri The Garden of Flower.

2. WOODKA

Berkembangnya jam tangan kayu di Indonesia memicu banyak munculnya brand jam tangan kayu. Salah satunya adalah brand jam tangan Woodka, brand ini awalnya dimulai pada tahun 2013 yang pada saat itu hanya merupakan proyek tugas kampus dari sebelas mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung yang diberi nama Integrated Business Experience. Pada saat itu mereka berpikir untuk membuat jam tangan dari kayu karena pada saat itu kayu sedang banyak digunakan sebagai furniture dan melihat banyaknya limbah sisa-sisa kayu yang tidak dimanfaatkan.

Tanpa disadari ternyata banyak orang yang minat terhadap jam tangan yang mereka buat, sehingga pada tahun 2014 mereka pun mulai menekuni bisnis ini. Mereka membuat jam tangan kayu ini menggunakan kayu maple, jati, dan sonokeling sehingga produk yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang eksotis, memiliki keunikan ciri khas serat kayu dan warna, serta tingkat durabilitas kayu yang tidak perlu diragukan lagi.

Dalam memproduksi jam tangan kayunya, mereka juga dibantu oleh tim desain dan rim produksi. Jam tangan kayu ini menawarkan desain yang modis, kekinian, dan memiliki strap yang bisa diganti-ganti sesuai selera. Adapun produk unggulan yang Woodka miliki yang diberi nama Loca dan Moko. Berbagai produk yang mereka hasilkan bahkan sudah sampai ke pasar luar negeri seperti Denmark, Inggris, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia. Harga yang ditawarkan jam tangan kayu ini juga tergolong murah dari produk jam tangan kayu yang ada di pasaran yaitu sekitar 600 hingga 800 ribu rupiah.

3. NAM 

NAM merupakan perusahaan dari dalam negeri yang sudah didirikan sejak 2015. NAM atau yang dikenal sebagai PT Naga Abadi Manufaktur memiliki produk jam tangannya bahkan sudah dipasarkan ke empat benua, NAM mengusung produk jam tangan yang mengusung nilai tradisional kultur dari Indonesia, mereka terinspirasi dari produk jam tangan Swiss yang dipadukan dengan kearifan lokal. NAM berhasil meraih kesuksesan di Kickstarter, dan pada tahun 2017 mereka mengikuti campaign di Kickstarter.

Dengan mengusung produk terbarunya yang diberi nama Mahameru, NAM Watch berhasil mendapat bantuan dana USD 30.018 atau sekitar 400 juta dari sebuah platform crowdfounding asal Amerika Serikat. Melalui Direktur Utama PT Naga Abadi Manufaktur, ia mengatakan bahwa perolehan dana tersebut akan digunakan bagi pengembangan kebutuhan produksi dan berbagai kegiatan pemasaran yang telah dibangun.

Desaign produk Mahameru nya memang saat itu cukup menarik perhatian karena terinspirasi dari desain jam cicra 1950-an yang minimalis namun berkarakter kuat, menggunakan meisn besutan Miyota, tentunya jam ini siap bersaing dengan produk luar negeri. Produk ini juga memiliki 85 % konsumen dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, Korea, hingga Jepang. Sudah berhasil hadir di outlet-outlet di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Maskoolin, Bobobobo, dan website NAM Watch, selain itu mereka juga hadi di outlet internasional seperti yang ada di Singapura.

4. MATOA

Merupakan brand asal Bandung yang pertama kali mengenalkan produknya dari tahun 2011 dan sampai saat ini terus melakukan pengembangan dan inovasi produk. Jam tangan kayu Matoa merupakan produk yang diproduksi oleh PT. Matoa Indonesia Digdaya merupakan perusahaan yang pertama kali memproduksi jam tangan berbahan dasar kayu. Jam tangan Matoa juga diproduksi menggunakan produk yang ramah lingkungan atau biasa disebut Eco Product. Bahan kayu yang digunakan dalam pembuatan jam ini adalah kayu Ebony Makassar dan kayu Maple, jam tangan ini dilengkapi dengan lapisan PU (Polyurethane) yang membuat jam tangan ini menjadi aman bagi kulit, tahan air, dan tahan rayap.

Sebelum mengeluarkan produk jam Matoa ini, produsen jam ini telah melakukan riset selama 10 tahun. Kini jam tangan matoa telah mengeluarkan produk dengan teknologi splash resistant yang jika terkena cipratam air tidak menjadi masalah, namun tetap dianjurkan agar tidak mengenakannya saat berenang ataupun aktivitas lainnya karena dapat merusak mesin. Model jam yang sudah sampai saat ini adalah jam analog. Dalam proses pembuatannya, 70 % handmade dan 30 % menggunakan mesin agar hasil yang di dapatkan bisa maksimal. Untuk outlet produknya tersedia di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

5. LIMA WATCH

Merupakan produk jam tangan yang sudah didirikan sejak bulan oktober 2014 oleh Herman Tantriady. Kata Lima terisnpirasi dari nama anaknya yaitu “ Elias dan Emma”, sebenarnya ia telah merancang konsep proyek Lima Watch nya sejak tahun 2012. Berawal dari ketertarikannya dalam dunia jam tangan, ia pun memutuskan untuk terjun dalam produksi jam tangan kayu. Dalam membangun bisnis jam tangannya, Herman mempersiapkan semuanya secara matang, bahkan ia memerlukan waktu 2 tahun untuk mencari suplier komponen jam tangannya yang memiliki kualitas yang baik.

Dia mengaku saat ini supplier semua komponen jam tangannya berpusat di Hongkong, karena saat ini di Indonesia belum ada yang memenuhi kualitas yang dia inginkan. Namun untuk bahan tali jam dan packaging nya masih mengandalkan produk dalam negeri. Pemilihan bahannya juga tidak sembarangan, dia memiliki alasan sendiri dalam penggunaan material kayu. Dalam membuat jam tangan ini, dia menggunakan perpaduan kayu jati, kayu maple, kayu ebony, kayu zebra, dan stainless steel. Dikarenakan pemilihan bahan yang detail dan tidak sembarangan sehingga menciptakan produk yang elegan dan berkelas dengan sentuhan natural. Brand ini menonjolkan ciri khas yang ikonik serta memiliki tampilan klasik dan minimalis. Jam tangan kayu unik ini memiliki harga sekitar 1,4 jutaan. Sampai saat ini produk Lima Watch sudah dijual di Indonesia, Singapura, dan Hongkong

6. DEKADE

Dekade meruakan brand yang berasal dari Indonesia yang memiliki produk koleksi jam tangan yang elegan. Dekade dinaungin oleh PT. Athastama Arsa Persada (Pattent Group) sejak tahaun 2017 yang menghadirkan jam tangan versatile dengan desain simple modern dan unik. Dekade merupakan jam tangan yang cukup diminati baik oleh wanita dan pria karena menjadikan Anda lebih stylish dan classy. Tampilan yang sederhana ala Skandinavia itulah yang memikat para pecinta jam untuk membelinya.

Dekade juga saat ini tidak hanya menawarkan jam tangan saja, namun juga menjual produk strap yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan jam tangan Anda, tiap strap memiliki bahan yang lentur dan memiliki fitur quick release sehingga akan lebih mudah jika ingin mengganti strap nya. Produk Dekade Time pun memperhatikan detail dan keakuratan setiap jam tangan yang diproduksi. Selain itu Dekade Time juga memperhatikan proses sketsa desain, pemilihan bahan, produk akhir, hingga proses garansi. Jam tangan ini memiliki bentuk yang tidak terlalu tebah sehingga akan sangat nyaman digunakan, dilengkapi water resistance 5 ATM.

7. EXPEDITION

Untuk para penggemar jam tangan pastinya sudah banyak yang mengenal brand ini, Expedition merupakan brand yang memproduksi jam tangan sporty. Perusahaan jam tangan Expedition sangat memperhatikan kualitas produknya oleh sebab itu semua produk jam tangan Expedition diproduksi dengan bahan-bahan premium. Jam tangan Expedition diciptakan untuk aktivitas petualang seperti menyelam, balap off road, dan pendaki gunung. Dan sebelum memasarkannya sudah pasti telah melewati uji ketahanan terlebih dahulu.

Setiap proses pembuatan jam tangan Expedition selalu menggunakan bahan baku stainless steel yang kuat, sehingga dapat melindungi mesin dan sparepart yang ada di dalam case jam tangan. Perusahaan jam tangan Expedition menggunakan mesin swiss sehingga kualitas jam tangan yang dihasilkan sudah tidak diragukan lagi. Jam tangan Expedition dan Alexandre Christie merupakan dua brand yang berada di dalam naungan satu perusahaan. Meskipun namanya seperti brand yang berasal dari luar negeri namun sebenarnya brand ini merupakan brand asli Indonesia. Untuk tempat service centre resmi Expedition dan Alexandre Christie dijadikan satu tnepat dan sudah mulai tersebar merata di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Sehingga memudahkan dalam pelayanan garansi dan pembelian sparepart, brand Expedition juga selalu mengeluarkan merek baru dan selalu berganti model yang baru dan belum ada sebelumnya. Saat ini banyak beredar produk jam tangan Expedition yang baru, sehingga kita harus mencermati bagaimana cara untuk menentukan produk jam tangan Expedition yang asli, jadi be aware.

8. EBONI WATCH

Anak-anak bangsa seringkali menciptakan produk yang mengagumkan dan inovasi produk yang kreatif. Karena persaingan jam tangan kayu yang saat ini makin ketat dan semakin banyak pula penggemar jam tangan kayu. Eboni Watch merupakan sebuah produk yang didirikan oleh Afidha Fajar Adhitya seorang pemuda asal Klaten, Jawa Tengah pada tahun 2014. Saat itu memang sedang banyakberedar jam tangan kayu dan jam tangan kayu yang ada saat itu memiliki nilai jual yang tergolong mahal. Sehingga munculnya ide dari Afidha yang ingin memproduksi sebuah produk jam tangan kayu yang memiliki harga yang affordable.

Saat itu ia melakukan riset dan survey dan didapatkan bahwa jam tangan kayu memang agak kurang nyaman dipakai dan terkesan besar di tangan. Kayu yang digunakan dalam produksi jam tangan ini adalah kayu rosewood yang berasal dari limbah pabrik gitar, selain itu dipakai pula kayu maple. Dikarenakan kayu eboni yang jumlahnya langka dan dilindungi maka tidak mungkin jika digunakan sebagai bahan baku pembuatan jam tangan, maka digunakanlah rosewood. Saat ini semua produk jam tangan ini telah water resistance.

Pengerjaan yang dilakukan untuk memproduksi jam tangan ini dilakukan secara homemade. Afidha yakin bahwa meskipun jam tangan kayu produksi dalam negeri tapi memiliki potensi untuk memperluas pemasaran sampai ke luar negeri. Eboni Watch mampu membuktikan kualitasnya dan berhasil meraih tiga apresiasi di ajang Indonesia Good Design Selection 2019 yang digelar kementrian perindutrian.

9. CHRONOX WATCH

Jam Chronox merupakan salah satu brand dalam negeri yang memiliki harga cukup affordable. Dibuat dengan tangan-tangan profesional dan tentunya juga memakai komponen yang berkualitas, jam tangan ini memiliki tujuan untuk tidak hanya sebagai penunjuk waktu semata namun juga sebagai sebuah seni. Memiliki tampilan dan finishing yang rapi dan elegan, Chronox memakai bahan stainless steel dalam membuat case jam tangannya. Jam Chronox ini menggunakan mesin buatan Miyota Jepang dalam jam tangannya sehingga tidak diragukan lagi kualitas produk jam tangan yang ditawarkan Chronox.

10. PALA NUSANTARA

Pala Nusantara merupakan brand yang didirikan oleh Ilham Pinastikodicetuskan pada tahun 2017. Nama yang digunakan brand ini terinspirasi dari perkebunan yaitu ”pala” dan “nusantara” yang merupakan bentang alam atau kepulauan dan lautan luas yang berasal dari belahan timut dunia. Dalam penciptaan produk jam tangannya Pala Nusantara terisnpirasi dari kekayaan budaya nusantara yang dibuat dalam suatu design yang unik dan eksotis, serta fashionable agar anak-anak muda Indonesia tertarik mengenalkan Nusantara kepada dunia melalui jam tangan Pala Nusantara.

​​​​​​​

Berbeda dengan brand lokal lainnya, Pala Nusantara memiliki kekuatan di tim research and development. Dengan adanya tim ini, Pala Nusantara selalu memiliki inovasi yang berbeda dari produk lainnya dan secara terus menerus mengembangkan mutu dan desain jam tangan Pala Nusantara yang sudah di produksinya. Pala Nusantara merupakan perusahaan yang memproduksi jam tangan kayu yang dalam produksinya menggunakan perpaduan kayu sonokeling, kayu eboni, dan kayu maple. Jam tangan Pala Nusantara juga diproduksi dengan bahan dan proses yang ramah lingkungan. Baru-baru ini Pala Nusantara telah melakukan kolaborasi dengan perusahaan startup lokal asal Bandung yang berhasil membuat sebuah material sebaguna berbasis jamur yang ramah lingkungan.

 

Meskipun diproduksi dari dalam negeri, jam tangan tersebut tetap memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Dengan ada banyaknya brand lokal yang didirikan maka akan berdampak baik pada perekonomian Indonesia khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, kita sebagai masyarakat Indonesia harus mendukung dan membuka mata terhadap produk-produk jam tangan brand lokal yang tidak kalah bagus dengan brand luar negeri.

 

Related Posts: