Mengenal Beberapa Jenis Mesin Jam Tangan

Image 3
Blog

Mungkin kita pernah mendengar beberapa jam tangan yang memiliki penggerak yang berbeda-beda. Ada  yang memakai baterai atau Quartz, Automatic, Solar, dan lain-lain. Bagaimana cara dari masing-masing  mesin tersebut dalam menggerakkan jam tangan? Marilah kita simak ulasannya. 

Mesin Quartz 

Mesin Quartz terdiri dari empat komponen utama, yaitu Battery, Quartz Crystal, Microchip, dan Motor.  Quarz Crystal ini akan bergetar kalau terdapat aliran elektrik dari baterai dan menghasilkan sebuah  pergerakan yang sangat konstan dan akurat. Lalu, disalurkan oleh microchip dan menggerakkan motor motor elektrik. Sehingga, outputnya adalah gerakan konstan yang kita lihat dari jarum detik yang  bergerak. Mesin ini dinobatkan sebagai mesin yang paling akurat sepanjang masa dan paling mudah  maintenancenya. Kemudian seiring dengan perkembangan teknologi, jam tangan Quartz dideveloped  kembali oleh Seiko dengan menambahkan mekanisme yang bisa menghasilkan gerakan jarum yang lebih  halus. Ini dinamakan Mecanical Quartz/Hybrid Quartz,/Meca-Quartz. Salah satu mesin Meca-Quartz yang  sering digunakan adalah Seiko VK61 yang digunakan oleh jam tangan Undone.  

Solar 

Masuk ke jenis yang kedua yaitu penggerak yang sumber tenaganya adalah cahaya yang lebih dikenal  dengan istilah Solar. Sebetulnya, mekanismenya sama dengan jam tangan Quartz, hanya saja sumber  tenaganya adalah dari cahaya, seperti cahaya matahari atau cahaya lainnya. Yang kemudian diserap dan  disimpan di rechargeable power cell, lalu energi ini menggerakkan motoric gir. Sehingga outputnya adalah  menggerakkan jarum detik dengan interval yang konstan. Contoh jam tangan yang menggunakan solar  adalah Citizen, dimana gerakan jarum detiknya sama dengan gerakan Quartz yaitu patah-patah. 

Kinetic 

Mesin kinetic ini sumber tenaganya adalah pergerakan rotor yang berputar karena pergerakan tangan.  Kemudian energi yang dihasilkan disimpan pada kapasitor dan disalurkan melalui motorik gir yang pada  akhirnya mampu untuk menggerakkan jarum detik dengan interval yang konstan. Mesin kinetic ini  pertama kali dipopulerkan oleh Seiko untuk line up mereka yaitu Seiko Kinetic. Gerakan jarumnya sama  dengan gerakan jarum jam tangan yang menggunakan mesin Quartz yaitu patah-patah.  

Mechanical Movement 

Terdapat dua jenis penggerak mekanik ini, pertama yaitu Automatic Movement. Dimana, sumber  energinya berasal dari goyangan rotor yang berputar karena gerakan tangan. Kemudian, menggerakkan  magic lever dan mengisi main spring. Lalu, power ini disalurkan secara mekanis, dan dilepaskan melalui  escape wheel. Mekanisme ini dikontrol oleh balance wheel sehingga pergerakannya menghasilkan  gerakan yang halus dan konstan intervalnya sebagai jarum detik. Ciri khas jam tangan automatic ini adalah  pergerakan jarum jamnya halus sekali dan jika dibuka penutup belakangnya terdapat rotornya yang  berputar karena gerakan tangan. Ada juga yang disebut micro rotor. Perbedaannya hanya pada ukuran  yaitu berukuran lebih kecil. Jam tangan automatic juga memiliki fitur power reserve yang dapat  dimaksimalkan dengan mengisi power secara manual. Energi ini didapatkan dari memutarkan crown pada  posisi winding. Jadi, pada saat kita tidak memakai jam tangan sekali pun, selama waktu tertentu akan  tetap hidup jam tagannya. Kedua, dinamakan Hand Winding. Mekanismeya sama dengan jam tangan  automatic, namun tidak ada fitur self windingnya. Artinya, sumber energinya hanya berasal dari pengisian  secara manual. Biasanya dipakai pada jam tangan jaman dulu, seperti Omega, Panerai, Rolex, dan  sebagainya. Hand winding movement tidak memiliki rotor dan mau digerakan seperti apapun tangan kita,  tidak akan berpengaruh sama sekali dengan penambahan power. Jika powernya habis, maka jam tangan  ini akan mati.  

Seiko mendevelop teknologi baru yang dinamakan Spring Drive. Movement spring drive ini biasanya  digunakan oleh brand Seiko pada kelas premium. Mekanisme movement ini adalah sama dengan jam  tangan mekanik. Sumber tenaganya sama yaitu dari rotor maupun manual winding dan kontruksi  mekanisnya kurang lebih sama. Bedanya adalah jika pada mechanical movement energi yang dihasilkan  itu dikontrol oleh balance wheel melalui tahanan escape wheel. Kontrol ini menghasilkan suara ticking  yang sering kita dengar pada jam tangan automatic. Pada waktu itu, Seiko berfikir bahwa bagian escape  wheel ini lama-lama akan aus menahan gerakan gir. Sehingga, mereka mengganti bagian ini dengan  teknologi yang bernama Spring Drive Electro Magnetic yang dihasilkan oleh quartz oscilator untuk  meregulasi gerakan balance wheel dalam mempertahankan interval jarum detik lebih akurat.  

Lalu, apa bedanya dengan Meca-Quartz? Bedanya adalah Mechanical Quartz adalah Quartz yang diberi  tambahan mekanisme elektrik untuk menggerakan jarumnya agar lebih halus. Sedangkan pada  Movement Spring Drive, 90% lebih bekerja sebagai mechanical movement. Hanya saja pada bagian escape  wheelnya diganti oleh sping drive electro magnetic dengan regulator quartz tanpa baterai. Jadi, ini dapat  disebut mesin mekanik.  

Bagaimana dengan Jam Tangan Digital? 

Digital itu adalah display yang dihasilkan dari kerjanya movement atau mesin. Pad aumumnya terdapat  tiga jenis display pada jam tangan. Yang pertama adalah Digital Display yaitu tampilan berbentuk angka 

yang baisa disebut Direct Read Display. Jam digital pertama masih diperdebatkan. Namun, menurut  informasi jam tangan digital sudah ada sejak tahun 1920 dengan jam tangan mechanical digital dari  Bulova. Namun, ada juga yang mengklaim bahwa jam tangan digital itu pertama ditemukan di Swiss pada  tahun 1968. Development terhadap digital display terus berkembang sampai dengan saat ini dengan  menggunakan LCD. Dan ini pertama kali dipopulerkan oleh jam tangan bermerek Pulsar. Kedua, yaitu  display yang dinamakan Analog. Pada umumnya, jam tangan itu memiliki display analog. Jadi, terdapat  jarum penunjuk, dial, dan terdapat patokan angkanya. Ketiga, yaitu disebut Tactile Display. Yaitu, display  waktu yang tidak perlu dilihat dan cukup diraba saja. Ini sangat membantu untuk orang yang memiliki  keterbatasan penglihatan. Ada beberapa jam tangan pendahulu yang menggunakan display tactile.  Seperti jam tangan Silen-T. Dan bahkan terdapat sebuah jam tangan micro brand yang menggunakan  display tactile. Namanya adalah Eone dengan model Bradley.  

Related Posts: