REVIEW JAM TANGAN UNDONE X POPEYE THE SAILORMAN

Image 3
Blog

Undone Popeye ini limited edition, dimana terdapat dua model yaitu El Capitan yang bracelet dan edisi Popeye The Sailorman. Dua-duanya limited edition dan hanya dibuat 300pcs untuk seluruh dunia dengan individual serial number di bagian belakang. Bagaimana detail reviewnya dari Undone Popeye The Sailorman yang kece ini? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Hal yang paling unik dari edisi ini adalah desain kemasannya yang dibuat seolah-olah kaleng spinach atau bayam yang suka popeye makan sebagai jurus pamungkas yang penuh dengan kekuatan ekstra. Bahannya plastik dengan detail desain yang sangat mirip dengan kaleng spinach di filmnya. Dan uniknya lagi, didalam kalengnya terdapat kertas-kertas warna hijau, seolah-olah ini memang benar-benar bayam. Dan jam tangannya ada dibawah gundukan kertas hijau tersebut. Super unik sekali kemasannya, keren dan out of the box banget.

DESAIN

Jika berbicara desain, ini sama dengan edisi Flash yang memakai case basenya Undone Basecamp yang desainnya sangat terinspirasi oleh jam tangan Breitling Diver Vintage. Bezelnya polos tanpa marker dengan bentuk yang khas dive watch. Berbeda dengan edisi Superman atau edisi Batman, dimana Undone memakai case sendiri untuk kedua model itu. Yang membedakan, adalah detail dialnya juga case basenya. Yang popeye ini unik, dimana pada bagian dialnya ada figure iconic popeye dan jarum jam serta menitnya dipresentasikan oleh tangan popeye, tangan kiri adalah jarum menit dan tangan kanan adalah jarum jam.

DIAL&CRYSTAL

Selain kemasannya yang unik, bagian dialnya pun dinilai sangat unik. Dimana dialnya diberi warna dove, marker-markernya bergaya California index perpaduan angka romawi dan angka numeral biasa. Lalu, Undone memberi sedikit sentuhan kecil dengan membuat indexnya berongga tidak penuh. Semua di print cembung sangat rapi dengan warna cream seperti warna kulit Popeye. Pada bagian tengahnya, tegas sekali terdapat gambar Popeye yang sangat iconic di print dengan sangat rapi dan pada bagian hands jarum jam dengan menitnya diganti dengan tangan Popeye. Cuttingnya pun sempurna dan sangat rapi tidak ada bekas yang berantakan. Lalu, pada posisi angka 3 diberi tulisan POPEYE berwarna merah yang di print cembung, dan pada bagian bawah dialnya terdapat logo Undone sejajar dengan minute tracker. Jadi, untuk bagian dial ini sangat unik sekali menurut saya, dengan konsep Popeye Hand Pointing.

Untuk model crystal, sama dengan model basecamp dan juga edisi Flash, crystalnya juga bergaya domed berbahan Hardened K1 Mineral Crystal bukan Sapphire Crystal. Jika dilihat dari samping, efek cembungnya terlihat bagus memberikan sedikit aksen Vintage untuk jam tangan yang unik ini.

BEZEL&INSERT

Bezelnya bergaya diver dengan gerigi mechanical, berbahan solid 316L Steel Bezel dengan dilapisi Black DLC. Finishingnya sangat rapi seperti yang dapat dilihat pada gambar diatas dan kontruksinya pun solid tanpa bouncing walaupun ditekan dari atas. Lalu, bagian atasnya diberi bezel insert berbahan mineral crystal yang dibuat polos dengan warna hitam yang terlihat shinny karena memang berbahan mineral dan hanya diberi segi tiga berwarna cream pada posisi 12 dan dilapisi oleh luminous. Bezelnya dapat diputar tanpa click yang dapat diputar dua arah. Putarannya pun smooth walaupun tanpa click tetap tidak terlalu longgar. Namun jadi PR saat memposisikan segitiganya pada angka dua belas harus di pas paskan.

CASE&BACK

Sama dengan Undone basecamp lainnya, desain casenya bergaya klasik military dive watch berbahan solid 316L Stainless Steel Case dengan dilapisi oleh Black DLC. Finishingnya brush dan kualitas finishing yang sangat rapi. Lalu, pada sisi satunya ada crown tanpa crown guard yang memiliki bentuk tanpa baut dan pada permukaan crownnya terdapat logo Undone yang sangat rapi. Crown nya terkunci atau screw down crown karena speknya adalah dive watch tidak memiliki posisi tanggal dan langsung ke posisi terluar yaitu untuk setting waktu. Mekanismenya sama saja dengan jam tangan lain, namun jadinya kelihatan sangat unik karena tangan Popeyenya bergerak dengan posisi-posisi yang unik dan terlihat hidup. Lalu, untuk bagian caseback, dibuat exhibition caseback sama dengan yang lain yang dibuat transparan dan berwarna merah, serta di bagian tengah di print gambar Popeye dengan jangkar. Pada bagian atasnya ada individual serial number limited 300pcs, dan seluruh speknya disimpan di sekeliling casebacknya yang sangat rapi.

STRAP

Kali ini Undone menggunakan dua jenis. Yang El Capitan memakai solid stainless steel bracelet sedangkan untuk yang The Sailorman memakai marine nationale strap yang berwarna hitam dengan garis berwarna merah serta memiliki kualitas bagus dengan hardware berwarna hitam juga. Tapi sayang pada bucklenya tidak terdapat logo Undone. Undone meskipun bukan leather strap, tetap dikasih string bar dengan mekanisme quick rilis.

MOVEMENT &LUME

Untuk bagian movementnya memakai Seiko NH35A running di frekuensi 21.600 VPH, 24 Jewels, 42 Hours PR, dan 100m WR. Dan jika membicarakan luminous ini tidak terlalu spesial, yang diberi luminous hanya pada bagian marker-marker. Bahan yang digunakan yaitu Superluminova C1, dan sepertinya Undone tidak terlalu memperhatikan bagian ini, terutama pada edisi kolaborasi.

DIMENSION

Sama dengan undone basecamp dengan diameter riil 40mm dengan ketebalan riil 15mm include domed crystalnya. Lalu, lug tip to lug tipnya kurang lebih 47,5mm dengan lebar lug 20mm. Merupakan ukuran yang ideal dan bobotnya pun tidak terlalu berat, yaitu kurang lebih 80gram yang harganya dibandrol di angka 6 jutaan.

Itulah beberapa review terkait dengan Jam Tangan Undone X Popeye The Sailorman yang limited edition dan hanya diproduksi 300pcs yang sangat cocok untuk dipakai sekaligus mengingatkan kita pada masa kecil yang selalu ditemani dengan kartun Popeye yang tentunya akan cocok untuk dipakai dan dijadikan sebagai salah satu koleksi limited edition.

Related Posts: