Sejarah & Jenis - Jenis JARUM JAM TANGAN ‼️ LENGKAP SAMA NAMA-NAMANYA..

by Timeindo Indonesia on 08 November 2019

Halooo broo

Oke kali ini gua bakal ngebahas salah satu bagian terpenting dari sebuah jam tangan analog tanpa ini tidak mungkin sebuah jam tangan analog bisa menunjukan waktu topik yang bakal gua bahas adalah seputar jarum jam atau hands, gua yakin diantara kalian ada yang mikir ngapain bahas jarum jam tangan, Emang ada sejarahnya? Terus apa yang mau dibahas tadinya gua juga mikir seperti itu tapi ternyata setelah gua teliti bagian kecil yang penting ini ternyata punya sejarah dan punya bentuk-bentuk yang iconic sejak dunia horology mulai dan beberapa jenis jarum jam tangan ternyata sangat popular dari dahulu sampai dengan sekarang, okay langsung aja kita pembahasannya.

Oke lanjut ke pembahasan, setelah gua galih ada ga sih sejarah dari jarum jam tangan ini dan ternyata ada, walaupun tidak banyak data yang bisa gua temuin karena jarang banget ada yang bahas tapi menurut sumber yang gua dapat pabrik jarum jam tangan pertama ini ada di SWISS pada tahun 1812 nama perusahaannya bernama WAGNON FRERES founder dari perusahaan ini bernama CHARLES WAGNON yang kemudian pada tahun 1878 cucunya bernama AMY WAGNON mulai memperkenalkan produksinya di Watch Expedition di Paris lalu pada tahun 1883 juga ikutan expedition di Zurich & Chicago sampai akhirnya sejak tahun 1896 WAGNON FRARES kurang lebih 400 jenis jarum jam untuk mensuply nahh industry ini dilirik oleh beberapa pengusaha sehigngga sejak tahun 1900an diSwiss sudah ada 60 lebih pabrik jarum jam tangan yang supply industry jam tangan disana.

Jarum jam tangan terbuat dari metal strip bisa terbuat dari metal seperti gold platinum atau Cuma berbahan stainless steel biasa dan proses pembuatannya itu lebih 20 tahapan nahh disni gua tidak akan menjelaskan secara detil tekniknya apa aja, karena gua juga tidak terlalu paham.

Setelah gua coba research beberapa hari ternyata ada banyak banget jenis style dari jarum jam tangan ini tapi disini gua tidak akan coba bahas semuanya gua coba kerucuti dengan memilih beberapa yang popular aja yang gua kumpuin jadi 15 yang mungkin kalian sering lihat tapi tidak tahu apa itu Namanya.

1. ALPHA / LANCE HANDS

Bentuknya didominasi oleh aksen runcing yang kedua ujung jarumnya dan bagian tengahnya lebar diatas area yang deket dengan opinion, hands ini digunakan oleh merk jam tangan OMEGA untuk model SPEEDMASTER.

2. ARROW HANDS

Nahh ini bentuknyagampang sekali dikenali berbentuk anak panah dibagian ujungnya dan ini sering banget dipakai di OMEGA SEAMASTER, BREITLING.

3. BATON / STICK HANDS

Bentuknya simple berbentuk garis lurus biasa dari ujung ke ujung beberapa contoh jam tangan yang pakai BATON ini adalah GLASSUTTE, ROLEX GMT MASTER yang lam, SEIKO dll.

4. BREGUET HANDS

Nahh dari Namanya juga udah jelas yaitu bentuk jarumnya biasa dipakai oleh BREGUET, jarum ramping yang ada linkaran diujungnya yang bolngnya tidak simetris dan ini khas banget jarumnya BREGUET.

5. CATHEDRAL HANDS

Bentuk hands ini terispirasi oleh ukiran kaca yang biasa ada diCATHEDRAL dieropa dengan aksen lekukan yang simetris yang garis-garis membagi beberapa sigmen pada dekat ujung handsnya CATHEDRAL hands biasa juga disebut dengan SKELETAL atau SQUELETTE hand dan ternyata lumayan banyak jam tangan yang pakai hand seperti ini seperti merk LONGINES, HAMILTON dll.

6. DAUPHINE HANDS

Jarum tangan ini juga termasuk sering dipakai sama merk jam tangan terkenal dari dahulu bentuknya simple dan kaku meruncing dibagian ujungnya dan tengahnya agak gemuk seperti contohnya ada di ROLEX, SEIKO, GRAND SEIKO dll.

7. LEAF HANDS

Sesuai dengan Namanya bentuk handsnya sama seperti daun yang melengkung dikedua sisinya dan melancip dibagian ujungnya biasanya dipakai beberapa merk jam tangan IWC, MOSER & CIE, OMEGA dll.

8. SPADE HANDS

Sesuai dengan Namanya juga jarum jamnya berbentuk skop dimana bagian ujungnya lebar dan meruncing sisahnya jarumnya ramping sampai keujung satunya, jenis hands seperti ini biasanya juga dipakai dibeberapa merk classic dan elegant separti PATEK PHILIPPE, GALSSHUTE, ULYSSE NARDIN dll.

9. SWORD HANDS

Jenis jarum bergaya sword ini sering banget ditemukan dijam tangan diver military dan gua yakin pertama kali dipopulerkan oleh ROLEX dimodel SUBMARINER yang jarum jamnya berbentuk sword.

10. SYRINGE HANDS

Nahh bentuk hands seperti ini terispirasi dari jarum suntik bernetuk tabung dibagian tengah yang rata dan ujungnya dikasih jarum yang tipis dan runcing bentuk jarum jam tangan seperti sering kali dipakai model PATEK PHILIPPE, SINN dll.

11. PLONGEUR HANDS

Bentuk hands ini karakternya bener bener gemuk dan tegas untuk mempermudahkan dilihat oleh para diver saat menyelam, untuk model jarum jam tangan ini digunakan oleh merk OMEGA, BOREALIS dll.

12. SKELETON HANDS

Bentuk jarum seperti ini lazim ditemukan dijamtangan modern beberapa contoh dimerk HUBLOT dll.

13. SNOWFLAKE HANDS

Sudah tidak diragukan lagi ini adalah style hands yang sangat iconic yang dimulai oleh merk TUDOR dibeberapa model lainnya.

14. MERCEDES HANDS

Khas banget ini sebagai iconnya jam tangan ROLEX dari dulu sampai dengan sekarang.

15. FLEUR DE LYS

Yang bentuknya classic banget dan jarum jam ini dipakai dengan CZAPEK GENEVE.

 

Oke broo gua rasa segitu aja dari gua mudah mudahan pembahasan gua kali ini bermanfaat bagi kalian semua.

 

Untuk pembahasan lebih detail, berikut adalah video yang kami buat untuk Sejarah & Jenis - Jenis JARUM JAM TANGAN ini :

 

 

Jika kalian tertarik sama jam tangan ini bisa kunjungi website kami WWW.TIMEINDO.ID. Kunjungi juga Youtube chanel kami DISINI dan follow instagram kami DISINI