MENGULAS SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DIBALIK MEREK JAM TANGAN TIMEX

Image 3

Timex merupakan salah satu perusahaan jam tangan besar asal Amerika Serikat, sudah memproduksi banyak jam tangan cukup menarik perhatian. Timex adalah salah stau merek yang sudah diluncurkan sejak 1854 dan telah menciptakan model jam tangan versatile yang memiliki harga cukup terjangkau. Koleksi jam tangan Timex saat ini terlah berkembang pesat dan sudah muncul dalam berbagai model seperti Timex Waterbury, Timex Fairfield, dan juga mengeluarkan model jam tangan yang dihasilkan dari beberapa kolaborasi. Merupakan merek yang sudah cukup tua dan pastinya sudah melewati banyak cerita di dalamnya.

Sejarah Didirikannya Timex Group USA

Perusahaan ini sebelumnya dikenal sebagai Timex Corporation, yang merupakan perusahaan manufaktur jam tangan global Amerika yang didirikan pada tahun 1854 sebagai Perusahaan Jam Waterbury yang berada di Waterbury, Connecticut. Pada tahun 1944, perusahaan ini berganti menjadi Timex Corporation, lalu pada tahun 2008, perusahaan diakuisisi oleh Timex Group BV kemudian berganti nama menjadi Timex Group USA.

Pada tahun 1854, produsen kuningan bernama Benedict dan Burnham menciptakan Waterbury Clock Company yang bertujuan untuk memproduksi jam menggunakan roda dan roda kuningan. Industri ini secara resmi didirikan pada tanggal 27 Maret 1857 sebagai sebuah bisnis independen. Pada saat itu, industri jam Amerika Serikat sedang dalam tahap yang sangat berkembang karena sudah memproduksi jutaan jam dengan sejumlah perusahaan yang berlokasi di Lembah Sungai Naugatuck Connecticut sehingga wilayah tersebut dijuluki sebagai “Swiss dari Amerika”. The Wwaterbury Clock Company adalah salah satu perusahaan produsen jam tangan terbesar untuk domestik dan ekspor terutama ke wilayah Eropa.

Perusahaan Jam Tangan Waterbury

Model dari jam tangan yang rencananya akan diproduksi untuk arloji saku murah yang terbuat dari 58 bagian yang sebagian besar lembaran kuning berlubang, pertama kali diperkenalkan kepada Benedictus dan Burnham di tahun 1877. Awalnya mereka hanya menyisihkan bagian yang tidak terpakai dari toko mesin mereka, perusahaan kemudian dengan cepat memperbanyak ruangan di pabriknya, sehingga Beneduct dan Burnham memasukan perusahaan saudara Wwaterbury Clock, Waterbury Watch Company di tahun 1888 dengan bermodal hanya 400 ribu dolar AS agar mereka bisa memproduksi dan menjual jam tangan murah dan jam tangan lainnya. Pada tahun 1888, Waterbury Watch menjadi produsen jam tangan dengan volume produksi terbesar didunia, dimulai dengan sangat sukses pada masa-masa awalnya yang mempekerjakan banyak wanita untuk menghasilkan jam tangan yang menarik dan memiliki bentuk detail yang halus.

Awal Munculnya Jam Tangan

Perang Dunia membawa inspirasi bagi desain arloji yang baru, karena membutuhkan arloji dengan model yang baru karena para penembak membutuhkan cara mudah untuk menghitung dan membaca waktu sambil tetap bisa menggunakan senjata. The Waterbury Clock Company pun akhirnya bisa memenuhi kebutuhan ini dengan diciptakannya model arloji terbaru dengan memodifikasi jam saku Midget wanita Ingersoll kecil mereka. Dengan menambah lug untuk tali kanvas, memposisikan ulang kenop menjadi pukul 3, serta membuat jarum jam dan nomor yang bisa dibaca meskipun dalam keadaan yang gelap di malam hari, sehingga menghasilkan salah satu jam tangan pertama.

Dilansir dari Wikipedia, Pada tahun 1922, Perusahaan Jam Waterbury membeli Robert H. Ingersoll dan Bro. Perusahaan yang dibeli sebesar 1,5 juta dolar US. Perusahaan itu bangkrut tahun sebelumnya karena adanya resesi pasca perang. Namun, Waterbury Clock tidak dapat memenuhi jaminan kualitas Ingersoll di Eropa karena adanya depresi hebat pada wkatu itu, jadi mereka menjual Ingersoll, Ltd. yang berbasis di London kepada dewan direksi pada tahun 1930, menjadikannya sepenuhnya perusahaan milik Inggris. Nama merek Ingersoll dilanjutkan di Amerika Serikat oleh Waterbury Clock hingga tahun 1950-an, sementara Ingersoll Ltd. memproduksi merek jam tangan Ingersoll secara independen untuk pasar Eropa dan pasar lainnya.

Saat terjadi depresi hebat dan kesulitan dalam perekonomian merupakan waktu terberat untuk Waterbury Clock Company karena mereka mau tidak mau juga harus mengalami kerugian dari dampak depresi ekonomi yang terjadi. Setelah depresi berakhir, mereka kembali mendapatkan identitasnya di pasar konsumen, pada tahun 1930, Waterbury Clock Company melakukan perjanjian lisensi dengan Walt Disney. Mereka memperkenalkan jam tangan Mickey Mouse kepada publik di Pameran Dunia Chicago pada juni tahun 1993. Thomas Olsen merupakan seorang pemilik Fred. Olsen Shipping Co., yang melarikan diri dari Norwegia bersama Joakim Lehkuhl dan dengan keluarga mereka. Akhirnya mereka pun sampai ke Amerika Serikat dan berupaya mencari investor untuk membantu upaya perang. Pada akhirnya Olsen dan Lehmkuhl membeli saham di Waterbury Clock Company lalu Olsen menjadi ketua dan menunjuk presiden Lehmkuhl yang pada saat itu telah belajar bisnis dan teknik di Harvard dan MIT.

Perusahaan itu pun menjadi produsen terbesar pengatur waktu sekering yang berada di bawah arahan Amerika Serikat. Pada tahun 1942, mereka membangun pabrik beton baru di dekat Middlebury, Connecticut dalam 88 hari yang bertujuan untuk produksi volume tinggi pengatur waktu presisi. Pada tahun 1943, Waterbury Clock Company meraih penghargaan yang diberikan oleh wakil Menteri Perang yang memiliki keunggulan atas sekering Anglo-Amerika yang mereka produksi.

Perkembangan Timex Corporation di tahun 1969-2008

Kedatangan jam tangan mekanik murah dan perkembangan kuarsa digital yang dipelopori oleh perusahaan Jepang, membuat perkembangan jam tangan di Amerika Serikat pada waktu itu hancur. Saat itu, Lehmkuhl sudah pensiun pada tahun 1973 tanpa adanya penerus yang kompeten dan jelas, ditambah Polaroid yang saat itu mengakhiri kontrak dengan Timex pada tahun 1975 yang berakibat pada PHK karyawan secara masal. Perkembangan teknologi jam tangan saat itu cukup pesat ditambah makin banyaknya perusahaan jam tangan yang muncul dan membawa produk baru semakin menambah persaingan ketat dalam dunia hororlogi.

Para pesaing Timex yang agresif dalam memasuki bisnis, termasuk perusahaan Jepang, Perusahaa Hongkong berbiaya rendah, dan perusahaan besar Amerika seperti Gillete, Texas Instruments, dan National Semi-Conductor. Timex mengalami penurunan penjualan yang sangat pesat ditengah persaingan dengan merek lain. Pada pertegahan tahun 1980, Timex akhirya berfokus hanya pada produksi arloji. Mereka menganggap bahwa kualitas produk dan desain yang modis menjadi penting agar bisa bersaing dengan merek lian sekaligus  bertahan dalam pasar massal.

Sebelumnya, Timex sudah memiliki reputasi yang baik di mata pengguna sebagai produk yang kuat dan tahan lama, ditambah Timex merupakan salah satu merek yang sudah lama berdiri sehingga akan menanamkan rasa kepercayaan pada penggunanya. Timex mulai memperbaiki kualitas kerja para karyawan dam mulai memproduksi jam tangan dengan kualitas baik, mereka menerapkan kualitas baterai yang lebih tahan lama, pelapisan emas yang tahan lama, akurasi yang jam tangan yang baik, dan gaya yang lebih tahan air merupakan beberapa hal yang mereka harus tingkatkan dan pertahankan kualitasnya. Mereka memproduksi jam tangan secara produktif dengan menciptakan jam analog menggunakan lebih sedikit komponen, mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk produksi secara keseluruhan. Hal ini dilakukan agar mereka bisa memenuhi target permintaan pasar.

Tahun 1992, Timex memperkenalkan produk lampu malam Indiglo, di tahun 1993 produk jam tangan Timex mengalami lepas landas dan menyebabkan peningkatan pangsa pasar Timex di Amerika Serikat karena pada waktu itu terjadi pengeboman World Trade Center, dimana ada seorang pekerja kantoran yang mengenakan Timex dengan lampu malam Indiglo yang menggunakan cahayanya untuk memandu sebuah kelompok pengungsi menuruni tangga gelap. Karena hal ini banyak orang yang berpendapat bahwa Timex adalah merek yang benar-benar menciptakan jam tangan yang fungsional dan berkualitas.

Tahun 1993, Timex dan Disney kembali bekerja sama untuk menciptakan jam tangan karakter yang disebut sebagai Disney Classics Collection. Tahun 1994, Timex berhasil memperoleh lisensi Nautica Watches dan memperkenalkan Timex Data Link yang merupakan sebuah jam tangan bertipe PDA Data Link yang dapat menerima informasi kontak dan penjadwalan dari urutan dalam lampu monitor komputer menggunakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft. Timex juga memperkenalkan merek jam tangan terbaru mereka bernama Timex Expedition yang dirancang khusus untuk olahraga yang berat. Generasi yang baru mendorong pertumbuhan lebih lanjut dari Timex Corporation dan induknya yaitu Timex Group BV. Pada tahun 2000, Timex Corporation membeli merek jam tangan mode prancis Opex. Tahun 2002, Timex berhasil memperoleh lisensi jam tangan untuk perancang busana perkotaan Marc Eko di bawah anak perusahaan Callanen.

Perusahaan ini berhasil memasuki pasar mewah pada tahun 2005 ketika perusahaan induk Timex mengakuisisi Vertime SA yang berbasis di Swiss. Vertime bertangung jawab atas desain, produksi, dan distribusi jam tangan serta perhiasan buatan Swiss untuk merek Versace dan Versus. Perusahaan induk international Timex USA, Timex Group BV meluncurkan TX Watch Company pada akhir tahun 2006. Pada tahun 2007, Timex group BV akhirnya mendirikan Sequel AG sebagai perusahaan terpisah yang berfokus pada desain, mneufaktur, dan distribusi merek jam tangan Guess dan Dc buatan Swiss.

Perkembangan Timex Group USA Saat Ini

CEO Timex Group sebelumnya telah mengelola Timex Group dan berkontribusi dalam menangani penurunan pendapatan yang mereka alami pada lima tahun lalu. Perusahaan pada awal tahun 2008, membentuk Unit Bisnis Timex sebagai fungsi bisnis terpisah untuk merek Timex dengan presidennya sendiri. Sejak perubahan ini, Timex telah memperkenalkan jam tangan yang memiliki fitur GPS, monitor detak jantung olahraga, dan fitur canggih lainnya. Pada tahun 2008, Timex Group USA menandatangani perjanjian empat tahun yang menjadikan Timex sebagai pencatat waktu resmi pertama di New York City Marathon. Saat ini merek jam tangan Timex sudah mendunia dan menjadi salah satu jam tangan yang paling diminati.

Koleksi Klasik Ikonik Jam Tangan Timex

Salah satu koleksi klasik yang diproduksi oleh Timex adalah koleksi klasik Q Timex Re-Issue. Koleksi tersebut hadir digadang-gadang untuk memperingati 165 tahun perjalanan mereka dalam memproduksi jam tangan. Ini merupakan salah satu kolesi jam klasik yang sangat diminati dan pada saat hadir pertama kali di Indonesia dan langsung terjual dalam kurun waktu sekitar satu minggu. Ini adalah koleksi yang dibuat secara istimewa dan hadir dalam bentuk jam tangan yang inovatif dan berkualitas, dengan dikeluarkannya koleksi ini, diharapkan Timex dapat menjadi perusahaan yang bisa terus menerus memproduksi jam tangan yang bermanfaat bagi penggunanya dan bisa menjadi salah satu perusahaan jam tangan yang bisa menjadi panutan bagi perusahaan lainnya.

Jam tangan Q Timex Reissue terinspirasi dari gaya penyelam yang hadir dengan desain dan material yang pertama kali diproduksi pada tahun 1979. Jam ini memiliki tampilan diameter 38 mm dengan lebar lug 18 mm dan dilengkapi strap rajut stainless steel, adanya baterai fungsional, mahkota bezel yang bisa diputar, ditenagai oleh Quartz yang diproduksi dengan harga terjangkau sebagai apresiasi mereka dengan kualitas pengerjaan yang hingga saat ini masih dijalankan. Produk jam tangan ini membawa dua warna yaitu frame warna hijau-hitam dengan muka jam berwarna hitam dan warna frame merah-biru dengan warna muka jam tangan putih.

Beberapa Rekomendasi Produk Jam Tangan Timex

  • Timex Seri Expedition Scout Chrono

Ini merupakan salah satu produk jam tangan Timex yang ditunjukan untuk kamu yang suka beraktifitas di luar ruangan ataupun berpetualang. Semua seri Expedition Scout memiliki desain yang bersih dan menarik, dengan perbedaan pada ukuran casing warna dials dan strap. Jam tangan ini memiliki ukuran 40 mm yang dinilai cocok dan idel bagi jam tangan pria dan bisa juga dipakai oleh wanita yang lebih menyukai tipe jam yang besar. Memiliki lugs pendek yang membulat kebawah, mengurangi bagian sampingnya agar tidak memakai lebih besar dari ukuran casingnya.

Tali kulit yang terbuat dari gesper baja dengan lapisan matte yang cukup untuk ukuran harga jam ini. Tali yang menimbulkan kesan mewah dan lembut di tangan Anda serta awet di pakai dalam jangka waktu yang lama. Jam tangan ini memiliki berat yang ringan sehingga sangat nyaman apabila digunakan. Timex mengeluarkan jam tangan kuarsa modern yang dilengkapi dengan Indiglo, dilengkapi lampu latar yang luar biasa yang membuat visibilitas rendah cahaya hampir sebagus visibilitas siang hari biasa. Tampilan jam tangan yang mengadopsi gaya klasik dan dibekalifitur water resistance, Jam ini dibanderol dengan harga kurang lebih 2 jutaan.

  • Timex Ironman GPS Watch

Jam tangan ini merupakan jam tangan dari Timex yang sebenarnya diproduksi dengan dibekali banyak fitur yang bisa memudahkan kita dalam berolahraga. Jam tangan ini dibekali dengan fitur GPS namun tetap memiliki harga yang terjangkau. Berbeda dengan smartwatch, GPS Ironman bukanlah berupa perangkat layar sentuh yang diletakan di pergelangan tangan. Namun jam tangan ini merupakan jam tangan digital yang memiliki tampilan sedemikian rupa Untuk bisa menikmati fitur GPS nya kita terlebih dahulu harus menyambungkan ke dinding menggunakan kabel micro USB, dan unduh aplikasi Timex di komputer maupun laptop. Jam tangan ini belum dilengkapi dengan fitur Bluetooth, sehingga Anda harus menggunakan kabel USB dalam mengekstrak file.

Timex mengatakan bahwa masa pakai baterai jam tangan itu mampu memberi daya melalui pelacakan GPS selama 12 jam berturut-turut. Namun dalam kehidupan nyata, cukup sulit untuk menentukan berapa lama baterai akan habis karena itu bergantung pada aktivitas apa yang kita lakukan. Di komputer kita akan muncul peta rute lari yang telah kita lakukan, Anda juga bisa memeriksa perubahan ketinggian dari jarak jauh, atau waktu langkah Anda dari jarak jauh. Jam ini juga dilengkapi dengan alarm atau timer. Jam tangan ini sangat cocok digunakan sehari-hari karena sangat mudah dan bebas dari jangguan. Jam ini juga bisa digunakan untuk traveling, snowboarding, berenang, lari, snorkeling, dan surfing.

Related Posts: