Bicara soal Rolex Datejust 116138

Image 3
Editor's Pick

Model jam tangan ROLEX ini memang sangat populer dan sudah menjadi inspirasi design dari banyak merk jam tangan, mulai dari yang mainstream brand sampai ke microbrand dan bahkan sampai ke Chinese Brand. bicara soal ROLEX dan keterkaitannya dengan design yang banyak di tiru di pasaran, siapa yang tidak mengenal ROLEX, atau pertanyaanya kita rubah, kenapa harus ROLEX? banyak model dari Brand yang satu ini yang paling di kenal, atau bahkan hanya mengenal model yang itu-itu saja, gampangnya ada ROLEX GMT master, ada ROLEX DAYTONA , ROLEX Submariner dan satu lagi yang jarang di bahas tetapi sangat legendaris yaitu model DATEJUST dan salah satu modelnya kali ini akan kita bahas, yaitu model reference 116138 BRAB.

Kalau bicara sejarahnya model iconic ini tidak dilepaskan dari sejarahnya ROLEX dan justru model DATEJUST ini yang dinobatkan sebagai THE DATE-ONLY ICON selama 8 decade lebih, model ini sudah menjadi pilar utama ROLEX dengan segala variant dan perubahan perubahannya sampai kearah modern DATEJUST yang ada sekarang ini.

ROLEX DATEJUST dibuat pada tahun 1945 dengan model reference 4467 jam tangan automatic ini dengan fitur tanggal yang berbentuk dead wheel seri pertama ini tidak ada tagline datejust yang ditulis bagian DIALNYA dan para collector menyebutnya sebagai big double back karena designnya mirip dengan bubbleback series, seperti model reference 3131 dengan ukuran lebih besar yaitu 36mm bukan 30mm lagi, selain itu movement juga di modifikasi agar bisa support fitur tanggal, dimodel datejust ini tampil dengan bezel yang minimalis dan lebih mirip dengan coin edge yang halus, handsnya menggunakan alpha hends dan font tanggalnya itu kombinasi dengan warna merah dan hitam lalu untuk casenya memakai oyster case dengan berbahan solid dengan warna yellow gold dan menggunakan jubilee bracelet yang merupakan bracelet yang pertama kali dibuat oleh rolex.

Model yang ini adalah DATEJUST varian leather strap dengan casenya yang berbahan solid yellow gold 18 karat dan ini masuk dalam range datejust 36mm dengan model reference 116136 BRAB.

Di bagian dialnya, ada beberapa hal yang menarik dari dialnya, detail dialnya lebih dynamic tidak hanya plain sunburst biasa, melainkan dibuat seperti three diamond dengan satu lingkaran di bagian dialnya yang membaginya menjadi bagian dalam dan luar, kemudian di bagian dalamnya terlihat finishing sunburst juga dibagian area markernya, slowping dan finishingnya berbeda dengan bagian yang dalam, bicara soal eksekusi finishingnya sangat rapih dan benar benar detail.

Di bagian crystal untuk seri DATEJUST ini sudah memakai SAPPHIRE CRYSTAL semua, qualitynya juga bagus, stylenya top hat lebih tinggi dari bezelnya dan pastinya sudah dilapisi dengan anti reclective coating yang membuat dialnya terlihat sangat jelas dan sangat legible.

Lanjut di bagian bezelnya untuk model ini memakai bezel khasnya Datejust yaitu fluted bezel static yang tidak bisa diputar, berbahan solid 18k yellow gold dengan finishing polish dan kalau bicara eksekusi finishingnya sangat rapih. Kemudian bicara case sudah pasti model datejust ini pakai oyster case khasnya ROLEX berbahan solid 18k yellow gold juga dengan finishing polish.

ROLEX ini paling sering bikin trend tidak hanya strap yang dipasang biasa saja, akan tetapi di beri endling yang intergrated dengan casenya, lalu strapnya ini di attach tepat di di bagian bawahnya, handling dan placementnya pun sangat presisi kalau bicara material leathernya ini sangat mendekati sempurna.

Movement yang digunakan oleh model ini adalah in house movement dengan calibre 3135 salah satu movement yang di develop sendiri oleh ROLEX dan di klaim sebagai movement yang sangat akurat.

Terakhir untuk bagian luminousnya hasilnya sangat bagus untuk model ini menggunakan material yang sangat baik sangat responsive, terang dan sangat durable.

Final dan kesimpulan dari seri ini, karena ini adalah ROLEX , overall Rolex adalah jam tangan yang di cintai sekaligus di benci bagi sebagian orang, namun begitu, Rolex adalah sebuah Brand jam tangan legendaris yang nyatanya berhasil membuat dunia industri jam tangan mengenal mereka. buat sebagian orang Rolex adalah sebuah investasi dengan nilai historical yang sangat banyak, semua orang tau akan merk yang satu ini. siapa yang tidak kenal Rolex? dan kenapa harus Rolex?

Related Posts: