10 KESALAHAN KOLEKTOR JAM TANGAN / WATCH ENTHUSIAST

Image 3
Hack & Tips

Watch collecting process adalah satu bagian yang paling menyenangkan dalam perjalan menemukan jam tangan yang diinginkan untuk dikoleksi tetapi dalam perjalanan tersebut terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Rushing / Terburu-buru

Ketika memutuskan jam tangan sebagai hobi, biasanya sudah berada dalam level financial yang mendukung bahkan level financial yang sudah luar biasa. Dalam hal ini kesalahan yang sering dilakukan adalah rushing atau terburu-terburu yang dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu yang Pertama adalah buying too many watches too quickly artinya dalam periode yang cukup pendek membeli jam tangan dengan jumlah yang banyak dan tidak melakukan research sama sekali.

Rushing kedua adalah buying expensive watches too soon yang artinya membeli jam tangan dengan harga yang mahal terlalu cepat, terutama bagi yang sudah memiliki level financial bagus yang belum tentu sudah faham betul mengenai dunia horology. Dan rushing ketiga adalah jumping to vintage watches too quickly yaitu langsung memasuki dunia vintage watches terburu-buru. Hal ini sebaiknya dihindari bagi kolektor baru karena banyak sekali yang harus dipelajari terlebih dunia mengenai jam tangan vintage. Jadi hindari rushing problem yaitu jangan terburu-buru dalam memilih jam tangan dan cari jam tangan yang benar-benar dibutuhkan.

 

Buying What Others Like / Membeli Karena Orang Lain

Kesalahan kedua yaitu membeli karena orang lain beli atau orang lain suka, yang pada kenyataannya tidak sesuai dengan selera diri sendiri dan tidak sesuai dengan ukuran pergelang tangan.

Contohnya ketika ada orang memakai jam tangan Lorex Submariner atau jam tangan berwarna Gold, ketika mereka memakainya terlihat bagus dan bercahaya. Lalu kalian membeli dan ketika dipakaidi tangan ternyata tidak sebagus ketika orang lain memakainya mungkin karena perbedaan ukuran pergelangan tangan dan warna kulit yang mempengaruhinya. Jadi jangan membeli jam tangan karena orang lain, harus benar-benar karena menyukai sendiri.

 

Buying All Genre/ Membeli Semua Tipe Jam Tangan

Kesalahan ketiga yangsering dilakukan adalah buying all genre. Dunia jam tangan memiliki banyak sekali genre mulai dari dive watch, military watch, dress watcgh, chronograph watch, sports watch dan masih banyak lagi. Sebagai kolektor tidak perlu membeli semuanya, sesuaikan dengan gaya dan selera karena belum tentu akan cocok semua ketika dipakai dan belum tentu akan terpakai semua. Jadi tidak usah membeli semua genre jam tangan, sesuaikan dengan selera daripada pada akhirnya tidak akan terpakai.

Buying On Impluse / Membeli Karena Iklan atau Hype

Dalam social media terdapat banyak sekali jam tangan yang terkadang sangat menarik walaupunbelum tentu dengan keadaan aslinya. Jangan membeli karena hype karena belum tentu semuanya bagus tapi juga tidak semuanya juga jelek jadi diperlukan waktu untuk meresearch informasi lengkap dan jangan terburu-buru juga.

Hype akan membuat harga jam tangan yang lebih mahal, dan kenaikan harga tersebut mungkin sebenarnya tidak masuk akal dengan kualitas ataupun fitur yang disajikan. Jadi apabila membeli jam tangan mengikuti hype harus siap membayar lebih walaupun terkadang fitur atrau spesifikasinya tidak sesuai dan jam tangan tersebut akan banyak dimiliki orang pada saat yang bersamaan.

 

Judge People By Collection / Menilai Orang dari Koleksi Jam Tangannya

Menilai orang lain dari jumlah koleksi atau dari jam tangan koleksinya seperti contohnya orang yang biasa mengoleksi Lorex ataupun luxury watches lain dengan harga milyaran lalu mentertawakan orang yang punya koleksi jam tangan merk lain seperti Seiko ataupun lainnya yang lebih murah daripada jam tangan yang dikoleksinya. Hal ini tidak masuk akal karena jam tangan itu bukanlah status atau cara untuk menilai seseorang dari jumlah koleksi atau apa yang dikoleksinya.

 

Assuming Price = Quality / Mengasumsikan Harga Selalu Berbanding Kualitas

Ada beberapa barang atau merk jam tangan yang harganya, tidak serta merta menentukan kualitasnya seperti contohnya harganya mahal bukan karena kualitasnya melainkan karena konsepnya yang dijual seperti design unik tertentu yang tidak dimiliki oleh jam tangan lain.

Jadi belum tentu jam tangan dengan harga mahal itu berbanding dengan spesifikasinya dan harus dilihat nilai jual dari jam tangannya seperti hal yang dijual adalah kelangkaan, konsep design, limited edition, atau apapun itu yang menjadikan harganya jadi tinggi. Jangan berasumsi bahwa harga yang mahal mencerminkan kualitas jadi harus benar-benar melihat lebih detail apa yang sebenarnya jam tangan itu tawarkan.

 

Inhouse Movement Is Essential / Beranggapan Inhouse Movement Itu Penting Sekali

Pada awal mulanya, hampir semua produsen jam tangan besar menggunakan movement dari pihak ketiga yang sangat berfokus untuk memproduksi movement jam tangan yaitu ETA. Tetapi sejak regulasi di Swiss berubah, ETA tidak diperbolehkan untuk memonopoli industri movement jam tangan dan ETA harus mereduce produksinya dan lebih berfokus untuk mensupport merk-merk jam tangan yang berada di dalam Swacth Group.

         

Maka dari itu merk-merk besar yang pada mulanya memakai ETA, mau tidak mau harus berfikir keras mencari jalan keluar dan akhirnya mereka mulai berinvestasi untuk bisa membuat movement sendiri. Kesimpulan mengenai pengertian Inhouse Movement adalah movement yang dibuat oleh merk jam tangannya sendiri. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada harga jam tangannya jadi lebih mahal karena ada komponen penambahan biaya dari development inhouse movement.

Tetapi banyak merk-merk lain yang justru memanfaatkan terminology Inhouse movement untuk menaikan harga, yang pada kenyataannya mereka hanya menggunakan movement yang sudah ada lalu dimodifikasi dan diklaim menjadi inhouse movementnya sendiri. Berdasarkan fakta tersebut, jadi dapat disimpulkan bahwa tidak semua 100% inhouse movement bukan merupakan movement terbaik karena banyak yang menggunakan movement pihak ketiga dimodifikasi dan harganya dinaikkan. Jadi jangan percaya inhouse movement itu penting sekali karena secara teknis tidak semua inhouse movement itu reliable dan banyak juga movement pihak ketiga yang sama bagusnya dengan inhouse movement.

Watches For Invesment / Beli Jam Tangan Untuk Investasi

Investasi bukanlah pada jam tangan dan tidak ada pernah suatu lembaga manapun yang menyarankan untuk berinvestasi di jam tangan. Kalau hanya untuk sekedar saving mungkin bisa, paling tidak ketika dijual tidak terlalu rugitetapi hal ini kurang tetap juga. Investasi pada jam tangan menjadi sebuah kesalahan karena jam tangan diciptakan untuk dipakai dan dinikmati. Jadi jam tangan bukan merupakan benda ataupun media yang bisa dijadikan untuk berinvetasi.

 

Forget What You Need / Melupakan Apa Yang Sebenarnya Dibutuhkan

Melupakan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pergelang tangan dan banyak yang membeli jam tangan karena orang lain yang ternyata tidak pas ketika dipakai seperti jam tangannya kebesaran atau tidak cocok dengan warna kulit. Yang sebenarnya dibutuhkan oleh pergelangan tangan terdiri dari parameter lain yaitu kecocokan jam tangan dengan warna kulit, ukuran pergelangan tangan, ukuran lug, dan ukuran lug to lug tipnya, jenis material dan jenis bracelet/strap dari jam tangan dengan pergelangan tangan. Jadi banyak yang harus diperhatikan dan fahami kebutuhan yang sebenarnya.

 

Watch Is Only Watch / Jam Tangan Cuman Sekedar Benda

Jam tangan itu cuman sekedar benda jadi tidak perlu terlalu dibesarkan-besarkan dan tidak perlu didewakan-dewakan. Jam tangan bukanlah kebutuhan primer, merupakan kebutuhan tersier bahkan ada yang menganggap bukan suatu kebutuhan. Jadi kebutuhan yang harus diutamakan adalah kebutuhan diri sendiri, bahkan mungkin bagi beberapa orang hanya memerlukan satu jam tangan saja.

 

Oke guys demikian pembahasan mengenai 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa watch enthusiast ataupun watch collector baik itu yang baru memasuki atau yang sudah lama dalam dunia horology. Jadi kesimpulannya adalah takes some time jangan terburu-buru, do more research tanyakan kepada orang lain dan sesuaikan dengan apa yang diperlukan untuk pergelangan tangan dari mulai harga, ukuran, bahan, dan lain sebagainya serta belilah jam tangan sesuai dengan kesenangan sendiri.

 

Selamat menikmati jam tangan apapun yang kalian punya, sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya. !!!

Related Posts: