10 TIPS SEBELUM REPAIR / SERVICE JAM TANGAN

Image 3
Hack & Tips

Ada beberapa isu, kondisi atau komplain yang seharusnya tidak terjadi apabila kalian sangat memahami kondisi jam tangan dan memahami kerusakan jam tangan kalian. Berikut ini adalah 10 tips sebelum kalian repair jam tangan :

Percayakan Sepenuhnya

Ketika memutuskan untuk merepair jam tangan artinya akan menyerahkan harta kalian ke tempat repair tersebut untuk diperbaiki sampai kembali normal. Jadi yakinkan terlebih dahulu sebelum menyerahkan jam tangan, jika kalian belum percaya dan yakin lebih baik jangan serahkan jam tanganke tempat repair tersebut.

Jangan Minta Tergesa-gesa

Apabila jam tangan menggunakan movement mekanik dan minta diperbaiki secara tergesa-gesa lebih baik tidak usah di repair jam tangannya. Ini penting, khususnya jam tangan mekanik tidak bisa seperti memasak mie instan yang akan selesai langung dengan cepat.

Dikarenakan alasan pertama harus ada teknisi khusus yang ahli di bidangnya dan sudah pasti masuk antrian. Alasan kedua diperlukan waktu untuk mendiagnosa kerusakan pada jam tangan, salah diagnosa maka akan menjadi sia-sia. Alasan ketiga diperlukan waktu memperbaiki jam tangan, kalau tidak mengganti part mungkin bisa selesai lebih cepat, tetapi bila diharuskan mengganti spareparts maka akan lebih memakan waktu lagi. Alasan keempat diperlukan waktu untuk testing setelah diperbaiki sebelum diserahkan kembali kepada pemiliknya. Bila memang tergesa-gesa lebih baik tidak usah di repair, jadi terima saja apa adanya jam tangan tersebut yang sudah rusak tidak perlu dibawa ke tempat service.

Kenali Merk Jam Tangan

Hal ini penting karena posisi menentukan prestasi,merk jam tangan menentukan harga repair. Kerusakan part yang sama di 2 merk yang berbeda bisa dibuktikan harganya akan berbeda karena treatment terhadap movement merk-merk jam tangan tertentu akan berbeda. Selanjutnya harga spareparts disetiap jam tangan bisa berbeda-beda.

Contohnya seperti balance wheel spring dengan movement NH35 berada dikisaran harga 250ribu, apabila movement ETA 2824 berada di harga 350-400ribu, kalau movement Lorex harganya akan lebih dari 5 juta. Jadi perlu diingat harga ketika membeli jam tangan, jadi nanti kalian tidak akan terkejut mengenai harga repairnya.

Kenali Movement dari Jam Tangan

Pertama kenali dulu jenis movement jam tangan kalian karena movementjam tangan ada banyak seperti movement quartz, automatic, hand wind karena hal ini akan menentukan diagnosa, treatment dan harga repair. Kedua kenali juga fitur dari movement jam tangan spertianalog no date, analog day date, analog date, chronograph, alarm, moonphase, minute repeater, dan lain-lain.

Ketiga, kenali jenis calibre movement jam tangan, informasi ini akan berguna bagi kalian sebagai informasi standar akurasi ataupun patokan harga dengan mempunyai informasi tersebut maka kalian bisa dicari melalui forum-forum untuk mengetahui hal-hal seperti alasan kerusakan, troubleshootnya harus sepertia apa dan patokan range harganya jadi nanti ketika di center tidak akan kaget dengan harga untuk repairnya.

Be Very Clear dalam menyampaikan keluhan

Ketika menyampaikan keluhan walaupun tidak terlalu detail asalkan jelas dalam menyampaikan keluhan kerusakan jam tangan. Pastikan dahulu kalian mengatahui apa kendalanya, sehingga ketika menyampaikan masalah ke center jadi jelas dan mudah dipahami jadi tidak perlu meraba-raba dimana kerusakannya.

Survei harga Sebagai Pembanding

Biasakan survey harga terlebih dahuludi beberapa tempat repair yang berbeda, karena mahal ataupun murah itu relative. Jadi biasakan mencari alternative tempat repair, baik itu di tempat service resmi atau tempat repair umum sekalipun sehingga akan lebih bijak dalam menentukan pilihan sehingga tidak asal menilai suatu tempat kemahalan atau kemurahan.

Pastikan Mendapat Garansi Repair

Perhatikan garansi jam tangan, apabila jam tangan kalian masih memiliki under warranty cover maka manfaatkan bawa ke center resmi jangan dibawa ke tempat repair umum. Apabila garansi resminya sudah habis maka kalian bisa menentukan pilihan apakah mau tetap diservice di center resmi maupun di tempat repair umum tetapi pastikan mendapat garansi repair.

Hal ini lumayan penting seperti ketika sudah direpair dan sampai ke tempat kalian, ada yang masih tidak disesuai seperti sesudah ganti crystal tetapi masih berembun atau jam tangannya tiba-tiba mati yang bisa saja terjadi mungkin karena human eror atau dalam pengiriman terjadi guncangan maka garansi repair tersebut akan berguna sekali dan merupakan bentuk tanggung jawab dari tempat repair jam tangan tersebut.

 

Perbanyak Referensi Mengenai Jam tangan

Perbanyak membaca referensi mengenai jam tangan maupun movement jam tangan. Seperti contohnya jam tangan movement automatic, maka kalian harus mengetahui rating akurasi factorynya berada di rate berapa. Hal ini penting untuk dipahami, ketika jam tangan baru selesai di service maka kalian akan paham rating akurasi yang seharusnya agar sesuai dengan rating akurasi factory.

Kenali Kondisi Fisik Sebelum Repair

Kenali kondisi fisik jam tangan kalian sebelum dikirim ke tempat service, akan lebih bagus jika mendokumentasikan terlebih dahulu. Karena kebanyakan orang kurang memperhatikan kondisi fisik jam tangan, karena lebih fokus kepada masalah kerusakan dari jam tangan tersebut, tidak menutup kemungkinan setelah direpair terdapat goresan akan menimbulkan prasangka kepada tempat service dan sebenarnya goresan tersebut sudah ada sebelum di repair. Tetapi biasanya tempat service akan memberitahu kondisi fisik seperti ada goresan dan lain sebagainya, dan ketika kalian mempunyai dokumentasinya maka tidak akan terjadi prasangka.

Just Be A Smart Costumer

Center resmi untuk semua jam tangan pasti ada dan tempat service umum yang independen juga sudah banyak jadi tinggal memilih dan sebagai costumer harus menyesuaiakan dengan kenyaman dan isi kantong. Karena kalian yang merasakan kenyaman dan standar kepercayaan untuk service ditempat manapun, dan masing-maasing memiliki resikonya tersendiri.

 

Selamat menikmati jam tangan apapun yang kalian punya, sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya. !!!

Related Posts: