BELAJAR FITUR MOONPHASE Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi Moonphase

Image 3
Hack & Tips

Fitur atau komplikasi tanggal mulai diaplikasikan di jam tangan pada tahun 1945, tuorbillon mulai diaplikasikan tahun 1947,  sedangkan fitur day atau hari mulai diaplikasikan oleh Rolex ditahun 1956. Sementara fitur fase bulan atau moonphase diketahui diaplikasikan pertama di jam tangan oleh Patek Philippe pada tahun 1925. Jadi moonphase ini adalah fitur atau komplikasi tertua dalam dunia horology.

            Hidup dizaman sekarang begitu nyaman karena semuanya serba digital sehingga sangat mudahnya untuk melihat waktu, tanggal, hari, bulan dan tahun berbeda sekali dibandingkan dengan zaman dahulu yang benar-benar mengandalkan alam semesta untuk bisa menentukannya. Siklus matahari dan bulan paling sering digunakan oleh peradaban kuno Babilonia, Sumeria dan China dalam menentukan waktu, tanggal, hari, bulan dan tahun. Ketika memasuki era mechanical horology, banyak watchmaker yang tidak sekedar penunjuk waktu karena terdapat fitur kombinasi yang  lain seperti tanggal, hari, bulan, tahun atau bahkan moonphase diaplikasikan pada jam tangan.

Pengertian Moonphase

            Moonphase adalah sebuah komplikasi atau fitur yang terdapat pada jam tangan yang mencerminkan siklus bulan yang sebenarnya. Siklus bulan sendiri terdiri banyak sekali, tetapi biasa disingkat menjadi 4 fase utama yaitu new moon, first quarter moon, full moon, dan last quarter moon. Proses pergeseran bulan dari new moon sampai ke full moon biasanya disebut dengan waxing, sementara dari full moon menuju ke new moon berikutnya biasanya disebut dengan waning. Jadi siklus bulan tersebut benar-benar dipindahkan ke jam tangan dengan bantuan gir-gir yang disesuaikan untuk merefleksikan siklus yang sebenarnya.

     

     

Tokoh Penemu Moonphase

                        Patek Philippe                                                             

            Orang pertama memiliki ide fitur moonphase pada jam tangan yaitu Patex Phillip, mereka pertama kali membuat jam tangan perpetual kalender dengan moonphase pada tahun 1925 dan ini sekaligus sebagai jam tangan perpetual kalender pertama dalam dunia horology. Lalu diikuti oleh Rolex pada tahun 1949 dengan membuat model 8171.

Cara Kerja / Mekanisme Moonphase

            Siklus rotasi bulan mengelilingi bumi adalah 29,530587981 hari, biasanya dibulatkan menjadi 29,5 hari maka yang dilakukan oleh para watchmaker adalah membuat gir bulat yang geriginya berjumlah 29,5 x 2 yaitu 59 gerigi dengan gambar full moon yang setengahnya ditutup dengan bagian atasnya mencerminkan siklus bulan selama 1 bulan sesuai dengan siklus yang sebenarnya. Apabila memiliki jam tangan berfitur moonphase dan tidak melihat pergerakan moonnya itu berarti sedang berputar dibagian yang tertutup. Selain itu moonphase bergeser tidak sama dengan pergerakan tanggal, biasanya diposisi jam setengah 2 sampai jam 2 setelah pergeseran tanggal barulah moonphasenya akan bergeser.

    

Cara Setting

            Untuk mensetting biasanya dikontrol melalui tombol pusher yang terpisah berada di case jam tangannya yang dengan menekan tombol pusher terlebih dahulu maka moonphase  akan bergeser dengan jumlah kurang lebih 29 klik dari fase new moon sampai dengan fase new moon berikutnya. Dan harap diperhatikan ketika akan mensetting fitur moonphase pastikan jarum penunjuk waktunya tidak berada diantara jam 9 sampai dengan jam 3 karena dikhawatirkan akan merusak mekanisme movement.

 

 

Kegunaan

            Ketika zaman dahulu moonphase ini berguna sekali karena belum ada internet dan tools lain yang bisa mengakomodir hal tersebut yang berguna sekali bagi dunia astronomi pada zaman dahulu, untuk menghitung pasang surut air laut, dan menentukan sistem penanggalan berbasis bulan atau lunar calendar yang sampai sekarang masih digunakan.

            Pada zaman sekarang kegunaan fitur moonphase tidak terlalu berguna bahkan mungkin tidak berguna sekali karena semuanya sudah bisa ditemukan dengan mudah karena banyak tools digital lain yang mudah diakses. Sebenarnya fitur moonphase ini tidak 100% akurat karena siklus bulan realnya adalah 29,530587981 yaitu desimal tidak bulat sementara gir yang dibuat jumlahnya tidak desimal yaitu bulat 59 jadi pada waktu-waktu tertentu diperlukan mensetting ulang. Ketika mau mensetting zaman sekarang sudah sangat mudah tidak perlu lagi melihat kelangit untuk melihat posisi bulan karena tinggal buka internet dan datanya sudah ada semua.

            Walaupun fitur moonphase sudah tidak terlalu berguna pada zaman sekarang tetapi sampai sekarang pun fitur moonphase masih dipertahankan karena alasan pertama secara estetika dialnya jadi lebih bagus, lebih dynamic dan elegan. Alasan yang kedua adalah untuk mengabadikan temuan fitur horology yang paling tau dan sangat iconic. Dan alasan yang ketiga adalah ajang unjuk gigi watchmaker dengan terus mencari cara agar fitur moonphasenya lebih akurat lagi.

            Untuk harga jam tangan yang dilengkapi dengan fitur moonphase memilki harga yang mahal dan cukup tinggi karena logikanya adalah semakin kompleks mekanisme jam tangan maka semakin diperlukan detail crafting jadi semakin biayanya yang akhirnya jam tangannya menjadi mahal ditambah lagi dengan siapa pembuatnya seperti Patex phillip dan Jaeger-LeCoultre sudah pasti mahal.

   

            Oke demikian mengenai fitur dan komplikaso moonphase pada jam tangan. Jam tangan berfitur moonphase identik dengan merek-merek besar dengan harga yang mahal dan jam tangannya dicintai oleh orang-orang kelas atas walaupun sekarang banyak pilihan jam tangan moonphase yang harganya lebih murah sepperti salah satu jam tangan dibawah ini dengan kisaran harga 3,5 juta. Fitur moonphase untuk sekarang ini hanya sebagai hiasan dan merupakan ajang untuk showing of merek-merek besar, karena pada kenyataannya kurang  berguna. Fiturmoonphase kegunaannya untuk sekarang ini lebih mendominasi untuk kebutuhan desain, genre dan icon.

Selamat menikmati jam tangan apapun yang kalian punya,  sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya. !!!

Related Posts: