TIPS MENGHILANGKAN BARET PADA JAM TANGAN

Image 3
Hack & Tips

Ketika membeli sebuah jam tangan, tentunya akan digunakan bukan untuk disimpan saja. Maka, konsekuensinya adalah terkena baret atau scratch. Walaupun penggunaannya normal sekalipun, baret itu  pasti akan terjadi baik pada jam tangan mahal sekalipun. Entah itu karena bersentuhan dengan metal di  saku celana atau aktifitas harian yang tidak disadari membuat goresan pada jam tangan yang sedang  digunakan. Ketika sudah terdapat goresan, apakah dibiarkan saja? Karena ada orang yang sengaja  menambahkan baret pada jam tangan, terutama oada jam tangan vintage. Tapi, untuk kebanyakan orang  ingin menghilakan baret atau goresan tersebut. Terkadang ada yang membersihkan sendiri dan ada juga  yang memberikan ke ahlinya dengan membayar biaya tertentu. Jika kita tidak memiliki pengalaman, maka  lebih baik diberikan kepada ahli untuk menghindari risiko tersendiri.  

Berikut merupakan 5 hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan sendiri: Kenali Material Jam Tangan 

Tedapat banyak jenis material jam tangan, diantaranya stainless steel, titanium, ceramic, forged carbon,  dan lain sebagainya. Jika kita ingin mencoba sendiri,maka lakukanlah pada jam tangan bermaterial  stainless steel saja.  

Kenali Finishing Material Jam Tangan 

Yang kedua, yaitu kita harus memperhatikan finishing dari material jam tangan terutama material  stainless steel. Karena ada yang finishingnya Polished atau mengkilap, lalu ada juga yang finishingnya  Brushed, dan Sand Blasted.  

Kenali Bentuk Case Jam Tangan

Mengapa harus mengenali bentuk case jam tangan? Ini dikarenakan terdapat bentik case jam tangan yang  flat atau rata, cembung, bersudut, dan ada juga yang terdapat cekungan di casenya. Jadi, kita harus benar benar mengenali dulu case dari jam tangan yang akan dihilangkan baretnya. 

Kenali Kadar Scratch Jam Tangan  

Dalam mengenali kadar scratchnya, kita harus tahu apakah jam tangan mempunyai goresan hair scratch  atau baret halus, goresan yang agak dalam, atau bahkan goresan yang sangat dalam. Ketika kita sudah  tahu kadar scratchnya, maka kita akan dapat mengambil keputusan apakah akan memperbaiki sendiri  atau meminta bantuan kepada ahlinya.  

Lakukan Riset Yang Mendalam 

Yang terakhir yaitu lakukan riset yang cukup dengan mencari panduan, alat yang digunakan, dan benar benar pahami semua sebelum memutuskan untuk melakukannya sendiri. Tentunya beranikan diri kalian  dan bersiaplah untuk skenario yang terburuk.  

Dibawah ini adalah beberapa tips dalam menghilangkan baret pada jam tangan, diantaranya yaitu: Memakai Scotch Brite Sponge 

Basicly ini merupakan cara yang paling sederhana dimana kita hanya cukup membeli scotch brite di  minimarket yang berwarna hijau, lalu potong menjadi bagian kecil sesuai dengan ukuran yang diinginkan.  Kemudian, gosok pada bagian scratch dengan sangat hati-hati dan satu arah, jangan diputar-putar atau  berlawanan arah. Cara ini hanya boleh dilakukan jika jam tangan yang berbahan stainless steel yang  finishingnya brushed, dimana tidak boleh dilakukan pada yang finishingnya polished karena jika  dipaksakan akan menjadi brushed dan jangan juga dilakukan pada jam tangan yang finishingnya sand  blasted yang nantinya akan menjadi brushed yang ada patternnya. Ini pun dapat dilakukan jika scratchnya  halus atau hair scratch. Dan jangan berfikir bahwa prosesnya akan sebentar karena akan memakan waktu  yang lama, jadi tentunya harus sabar.  

Memakai Ampelas Halus dan Basah 

Sebenarnya ini tidak direkomendasikan, namun jika kalian ingin mencobanya maka lakukanlah dengan  langkah-langkah seperti memakai scotch brite diatas. Hanya saja, berbeda alat gosoknya saja dengan  memakai ampelas halus.  

Memakai Cape Cod Polishing Cloth  

Cara ini sudah sangat terkenal, bahkan direkomendasikan oleh para pemilik Rolex untuk menghlangkan  hair scratch. Tidak hanya untuk jam tangan Rolex saja, namun untuk jam tangan merek lain pun boleh  dengan syarat finishingnya adalah polished atau mengkilap. Jadi, tidak diperbolehkan memakai Cape Cod  untuk jam tangan yang finishingnya brushed atau sand blasted. Ini dapat dibeli dalam kemasan banyak  atau satuan yang di Indonesia harganya cukup murah sekitar seratus ribuan. Didalamnya terdapat dua  cloths berwarna pink karena sudah diberi cairan polish. Jadi, cukup digosokkan saja pada bagian scratch,  tidak perlu satu arah dan perlu kesabaran waktu dan hanya diperkenankan untuk scratch tipis saja atau  hair scratch. Jadi tetap saja, jika baretnya dalam tetap tidak bisa hilang karena Cape Cod ini tujuan  utamanya untuk menghilangkan hair scratch dan mengkilapkan kembali stainless steelnya.  

Memakai Power Tools

Jangan pernah melakukan ini sendiri walaupun banyak yang mengatakan gampang karena tidak  segampang yang dibayangkan dan alatnya pun tidak murah. 

Percayakan Pada Ahlinya 

Jangan pernah melakukan sendiri tanpa skill, tanpa research, dan tanpa tools yang mencukupi. Karena  menghilangkan scratch tidak sesimple yang dibayangkan apalagi jika baretnya parah. Pada dasarnya  prosesnya ada dua, yang pertama adalah Buffing yaitu proses menghilangkan scratch yang menggunakan  alat khusus dengan gir yang dilapisi oleh bahan khusus dan menggunakan teknik yang tidak mudah karena  harus mempertahankan bentuk casenya, jadi treatmennya pun akan berbeda-beda. Dan proses yang  kedua adalah Polishing/Brushing yang dilakukan pada gir yang berbeda dengan lapisan gir yang berbeda  pula ditambah juga dengan polishing tools dan pada bagian ini juga tidak gampang dan harus sesuai  dengan finishing aslinya yaitu polish/brush. Yang pasti, overall teknisnya tidak segampang yang dipikirkan. 

Jika Sering Dipoles Apakah Semakin Tipis? 

Secara logis dan secara teknis pasti semakin menipis. Namun, amountnya tidak terlalu signifikan karena  jam tangan tidak digosok dengan keras apalagi dikikir.  

Related Posts: