Review Jam Tangan CITIZEN PROMASTER BLUE ANGELS JY8078-52LV

Image 3
Review

Jam tangan Citizen Promaster Blue Angels merupakan US Navy Flight Demonstration Squadron yang dibentuk sejak tahun 1946 yang menjadikan Blue Angels Squadron ini sebagai Aeorabatic Squadron tertua kedua di dunia setelah Patroille De France Squadron dari Prancis yang sudah ada sejak tahun 1931. Jam tangan ini bukan jam tangan untuk para diver karena ini adalah pilot watch dengan segudang fitur.

Presentation

            Packaging jam tangan ini berbentuk kotak besar berwarna hitam yang bagus. Didalam kemasannya terdapat jam tangan beserta buku panduan yang cukup tebal. Kesan pertama untuk jam tangan ini adalah very intimidating dial karena terlihat memiliki fitur yang rumit dan tidak bisa sembarang di setting diperlukan buku panduan untuk belajar satu per satu fiturnya sampai dimengerti.

Dial & Crystal

            Setelah dilihat lebih dekat jam tangan ini memang mengintimidasi karena ada begitu banyak indikator-indikator dari mulai 2 LCD display, 3 sub dial, indikator chaptering yang begitu banyak angkanya, dan ada juga indikator di bezelnya yang terlihat sangat rumit dan futuristik. Itu semua adalah konsep dari Blue Angels yang dibuat sebagai Real Deal Tool Watch untuk para pilot.

Detail dial sangat advance, multi layer dan multi tekstur dengan warna keseluruhannya adalah navy blue yang keren, calm, tidak terlalu mengkilap dan dikombinasikan dengan beberapa jarum dan juga marker berwarna kuning sesuai dengan kombinasi warna pada logo Squadron Blue Angels. Finishing jam tangan ini sangat rapi walaupun terdapat banyak angka-angka kecil yang di print dengan sangat rapi. Indeks atau hour marker merupakan embos printing dan logo Citizen tercetak disalah satu sub dial yaitu dibagian sub dial UTC diatas berwarna putih. Lalu disebelah kiri terdapat sub dial kecil menunjukan power reserve dan radio signal yang bisa ditangkap dari AS, Jepang, Cina dan Eropa. Sedangkan disebelah kanan terdapat sub dial kecil merupakan indikator 24 jam.

            Bagian tengah dial terdapat 2 LCD display dengan bagian kiri adalah indikator home time atau local time display dan bagian kiri yaitu indikator waktu kota-kota lain di dunia, tanggal, indikator chronograph dan lain-lain. Bagian bawah dial memiliki pilihan mode setting yaitu mode wakyu, kalender, chronograph serta terdapat logo Blue Angels disebelah kiri yang diprint dengan sangat rapi. Jam tangan ini juga memiliki minute tracker yang diprint berwarna putih dan dibagian dial paling luar terdapat chapering yang berisi indikator yang bisa digunakan untuk fungsi-fungsi tertentu. Keseluruhan dialnya sangat ramai hampir tidak ada ruang yang tersisa karena sudah terisi oleh banyak sekali indikator dengan eksekusi finishing dial ini sangat sempurna. Untuk bagian crystal menggunakan Sapphire Crystal terlihat sangat clean dilapisi anti reflective coating.

Bezel

            Jam tangan yang mengusung konsep slide rule bezel dengan multiple indikator dibagian bezel atasnya walaupun angkanya kecil tetapi finishingnya sangat rapi. Bagian bezel berbahan brush stainless steel berwarna biru yang tidak terlalu mengkilap, kontruksi bezelnya pun sangat solid dengan finishing yang sangat bagus.

Case                                                                  

            Case berbahan solid Stainless Steel dengan dominasi finishing brush. Salah satu kelebihan jam tangan ini meskipun diameternya besar tetapi memiliki lug yang menukik ke bawah dan ini sangat membantu fitment ditangan. Kualitas finishing tidak perlu diragukan lagi, merek ini memang sangat detail untuk bagian finishing yang solid sekali. Disisi lain terdapat crown yang dilindungi oleh crown guard kecil dengan gerigi kecil-kecil sama seperti 2 crown pusher yang berada diatas dan bawahnya. Lalu di permukaan crown terdapat logo Promaster dengan eksekusi finishing yang sangat rapi.

            Solid caseback tertutup berbahan stainless steel dan multi layer dengan bagian tengah diprint logo Squadron Blue Angels. Kemudian di ring kedua dan ring paling luar di engrave dengan detail fitur spesifikasi yang diukir dengan sangat baik.

Bracelet

            Super solid bracelet dengan links rantai mirip dengan president bracelet yang agak bulat dan kombinasi finishing brush dan polish dengan kualitas premium dilengkapi juga oleh double push fold over clasp yang premium.

Luminous

            Meskipun jam tangan Blue Angels ini bukan merupakan jam tangan diver, mereka tetap tidak melupakan fitur luminous. Luminous berwarna biru, sangat responsive dan sangat terang.

Dimension

Diameter real jam tangan ini yaitu 46mm dengan ketebalan 14,5mm lalu untuk lug to lug tipnya kurang lebih 49mm merupakan dimensi yang cukup besar. Sedangkan untuk bobot jam tangan ini solid sekali yaitu 186gram.

Movement                                                                                 

            Citizen Blue Angels ini menggunakan movement Calibre U680 Eco-Drive merupakan movement yang sering digunakan untuk line up Sky Hawk. Eco-Drive adalah teknologi yang diciptakan oleh Citizen 44 tahun yang lalu tepatnya tahun 1976 yaitu sebuah movement jam tangan yang sumber tenaganya dari cahaya apapun baik dari sinar matahari maupun cahaya lain termasuk artificial light. Sehingga slogan Citizen yaitu “Never Need Batery” dan menyelamatkan lingkungan dari limbah baterai itulah sebabnya dinamakan Eco-Drive. Cara kerja movement ini yaitu cahaya yang diterima oleh jam tangan di convert menjadi energy elektrik yang disimpan di rechargeable power cell yang kemudian akan menggerakan motor dan menggerakkan roda gigi dan akan menghasilkan gerakan hands yang kendalikan untuk menciptakan akurasi. Citizen mengkalaim untuk baterai penuh dapat menjaga jam tetap menyala selama 6 bulan meskipun disimpan dalam ruangan gelap.

Fitur & Panduan

            Segudang fitur yang dimiliki jam tangan Citizen Blue Angels ini antara lain Radio Controlled Atomic Timekeeping, Synchronised Time Adjusment in 43 Cities, 1/100 Second Chronograph, Perpetual Calendar, Dual Time, 2 Alamrs, 99 Minutes Countdown Timer, 24 Hours Time Indicator, (Universal Time Cordinated) UTC Display, Power Reserve Indicator dan Slide Rules Bezel.

            Radio Contrlolled Atomic Timekeeping adalah komponen utama untuk menentukan kordinasi waktu universal (UTC) yang menentukan waktu local seluruh dunia dengan arti sederhananya adalah jam tangan ini dapat menerima radio signal dan menyesuaikan atau mengatur ulang waktu sesuai Atomic Time. Dengan teknologi ini maka keakuratan jam tangan ini selama terhubung dengan sinyal akan selalu akurat sesuai dengan time zone yang dipilih sehingga tidak perlu di setting secara manual. Tetapi perlu diingat sinyal radio jam tangan ini hanya mencakup Jepang, Amerika Utara, Eropa dan Cina yang artinya jika diluar jangkauan sinyal area-area tersebut maka harus disesuaikan waktunya secara manual. Jangan berpikir bisa menggunakan  menggunakan crown untuk memutar jarum jam karena di jam tangan ini crownya berfungsi sebagai setting mode, bukan control setting.

 

           

            Cara untuk mengatur waktu di jam tangan ini yaitu langkah pertama atur dahulu local time secara manual dengan menarik crown sekali dan pastikan mode setting menunjuk posisi TME atau time lalu tinggal diputar saja crownya. Kemudian pilih local time sesuai posisi lokasi dengan menekan tombol pusher atas atau bawah sampai menemukan lokasi pilihan setelah itu jadikan lokasi tersebut sebagai home time dengan cara dua tombol secara bersamaan sampai berbunyi bip dan jarum jam akan menyesuaikan dengan waktu lokasi tersebut.

            Lalu cara untuk mengatur waktu agar sesuai yaitu dengan posisi crown ditarik satu keluar lalu pilih posisi lokasi setelah itu tarik lagi crownya keposisi kedua yang paling luar dan sesuaikan waktu dengan menekan tombol pusher atas, kemudian tinggal putar crown agar jam dan menitnya di LCD display sesuai ketika sudah sesuai tekan kembali sekali tombol pusher atas. Langkah selanjutnya tekan tombol pusher atas lagi untuk mengatur format jam secara 12/24 jam yang diinginkan setelah sudah tekan kembali tombol pusher atas. Langkah terakhir yaitu kembalikan crown ke posisi paling awal, cukup  dengan menekan hingga keujung maka jarum jam akan berputar menyesuaikan dengan jam dan menit yang sudah diatur tadi. Cara untuk mengetahui waktu kota lain di dunia yaitu dengan mencari kota lain di display bagian kanan dengan menarik crown sekali lalu tekan tombol pusher atas untuk mencari kota lain yang ingin diketahui jamnya.

            Cara untuk setting tanggal yaitu dengan cara menarik crown satu kali lalu pindahkan ke mode setting ke CAL atau Calender lalu pilih kota yang sesuai. Setelah itu tarik crown keluar lagi untuk setting bulan lalu tekan tombol pusher atas sekali untuk mengatur tanggal dengan putar crown sampai dengan tanggal yang diinginkan, kemudian tekan tombol pusher atas sekali untuk setting tahun dan terakhir tekan tombol pusher atas satu kali dan kembalikan crown ke posisi semula.

            Untuk mengatur fitur Chronograph yaitu caranya dengan menarik crown satu kali lalu pilih mode setting CHR lalu kembalikan crown ke posisi awal. Maka setelah itu bisa mulai menggunakan stopwatch dengan menekan tombol pusher akan berjalan dan di display bagian kiri akan tertulis run, untuk stop atau mereset menggunakan tombol pusher bawah. Stopwatch ini sampai angka seratus inilah fitur yang 1/100 Second Chronograph.

            Ada kalanya diperlukan kalibrasi semua jarumnya untuk menjaga posisi zero maka yang harus dilakukan adalah dalam mode CHR lalu tarik crownya ke posisi paling luar maka semua jarumnya akan menuju ke posisi nol dari mulai jarum detik, menit, jam bahkan indikator lainnya pun kembali ke posisi angka nol. Apabila telah selesai, kembalikan crown ke posisi awal maka jarumnya akan kembali menunjukkan waktu yang seharusnya sebelum kalibrasi zero.

            Oke demikian review mengenai jam tangan Citizen Promaster Blue Angels yang mempunyai segudang fitur. Jam tangan ini perlu penyesuaian, perlu dipelajari dan tidak mudah maka harus membiasakan diri. Semua penjelasan sudah ada didalam buku panduan tebal untuk mempelajari jam tangan ini. Jam tangan Citizen Promaster Blue Angels merupakan High Tech Tool Watch For Pilot dengan fitur yang complicated dan teknologi yang canggih sehingga cocok bagi orang yang menyukai advance teknologi sehingga jam ini bisa menjadi pilihan terbaik karena perpaduan antara tools dan advance teknologi. Dan perlu diapresiasi untuk Citizen atas beberapa inovasi fitur seperti Eco-Drive, Radio Controlled Atomic Timekeeping, Prepetual Calendar dan lain-lain.

            Dari sisi bulid quality jam tangan ini sangat solid dan mereka sangat concern untuk membuat build quality yang sangat bagus. Selain itu untuk bagian finishing detail-detailnya mempunyai level attention to details yang tidak main-main. Kemudian dari sisi desain, desainnya memang sangat futuristik, sangat kompleks dengan perpaduan warna biru dan kuning membuat jam tangan ini terlihat sangat menarik sekali. Lalu untuk ukuran jam tangan ini walaupun mempunyai ukuran yang besar tetapi masih ada angka kecil sehingga sulit ketika dilihat apalagi kalau ukuran jam tangan ini dibuat lebih kecil akan membuat angka kecilnya semakin tidak terlihat. Terlepas dari itu semua, berdasarkan data Blue Angels ini adalah satu model yang sangat laris dan sangat diminati oleh costumer khususnya di Indonesia.

Selamat menikmati jam tangan apapun yang kalian punya, sampai ketemu lagi di artikel yang selanjutnya. !!

Related Posts: