SEJARAH PANJANG TIMEX ‼️ Review Jam Tangan BUAT TIDUR : Indiglo Weekender

Image 3
Review

Merek jam tangan TIMEX sudah hadir sejak tahun 1854. Dari awal, justru tujuan mereka adalah membuat something yang affordable. Salah satu ikonnya adalah jam tangan berikut ini.

Banyak yang menilai jam tangan ini biasa aja, bahkan ada yang bilang jam tangan murah. Sebenarnya bukan karena TIMEX itu murahan, tapi memang dari awal TIMEX punya konsep yang sedikit nyeleneh melawan arus tujuannya adalah membuat sesuatu yang affordable atau yang harganya terjangkau. Ceritanya berawal di tahun 1854 ketika sebuah produsen brass atau kuningan di Amerika bernama Benedict & Burnham membuat sebuah divisi perusahaan baru bernama Waterbury Clock Company. Perusahaan ini bikin jam yang gir-gir penggeraknya berbahan brass atau kuningan.

27 Maret 1957 : WATERBURY CLOCK COMPANY BECOME INDEPENDENT

Pada tanggal 27 maret 1957, perusahaan Waterbury Clock Company resmi independent sebagai sebuah perusahaan yang terpisah dan memproduksi jam secara masal. Seketika menguasai pasar Amerika dan Eropa, bahkan disebut sebagai Switzerland of America. Perusahaan ini terus bikin jam dan gir-gir yang gak mahal harganya, yang akhirnya menjadi alternatif buat para high end watch maker di Eropa.

Kemudian pada tahun 1877, mereka memperkenalkan sebuah pocketwatch dengan ukuran besar yang mereka beri nama The Jumbo. Nama ini diambil memanfaatkan popularitas gajah sirkus bernama Jumbo yang punyanya PT Barnum. Sejak itu mulailah si Jumbo dijual di Amerika Serikat sebagai trial di pasar New York. Dan ternyata kehadiran si Jumbo ini berhasil menarik perhatian seorang marketing payoneer bernama Robert H. Ingersoll dan mulailah mereka kerjasama yang pada akhirnya Waterbury Clock Company memproduksi banyak pocketwatch untuk mensuplai perusahaaan Robert Ingersoll yang sekarang kalian kenal sebagai merek Ingersoll yang salah satunya jam tangan dibawah ini.

Pada tahun 1896 Waterbury Clock Company membuat satu pocketwatch buat Ingersoll bernama Ingersoll Yankee.

Ini adalah pocketwatch termurah sedunia yang harganya cuma 3x harga permen. Harga banderolnya Cuma 1 dollar amerika dan ini langsung seketika jadi pocketwatch yang paling populer sedunia yang dijuluki The Watch That Made The Dollar Famous.

1898 : SOLD TO ENGLAND WATCH COMPANY

Tapi dibalik kesuksesan tadi ternyata manajemen Waterbury Clock Company ini bobrok. Time sales yang kurang bagus dan terlalu banyak give away untuk promosi yang akhirnya perusahaan ini pun bangkrut dan dibeli sama perusahaan inggris pada tahun 1898 dengan nama England Watch Company yang malah fokus ke jam tangan yang harganya lebih mahal yang akhirnya juga gak berhasil dan mereka bangkrut juga.

1912 : SOLD TO ROBERT H. INGERSOLL

Karena England Watch Company yang fokus ke jam tangan yang harganya lebih mahal yang akhirnya juga gak berhasil dan mereka bangkrut juga, pada tahun 1912 dibeli Kembali oleh Robert H. Ingersoll untuk memproduksi jam tangan bermerek Ingersoll sejak tahun 1914.

WORLD WAR

Singkat cerita memasuki perang dunia pertama, dimana era ini adalah era nya jam tangan bukan pocketwatch lagi karena tingginya demain dari para tantara untuk memiliki sebuah jam yang lebih practical di tangan. Dan Waterbury Clock Company under Robert Ingersoll pun berhasil dan menyuplai hasil modifikasi pocketwatch yang dijadiin jam tangan.

WAR ENDED, GREAT DEPRESSION

1922 : INGERSOL US UNDER ROBERT INGERSOLL BOUGHT LONDON BASED INGERSOLL

Kemudian, setelah perang dunia pertama berakhir, masuk ke era Great Depression di Eropa. Perusahaan Robert H. Ingersoll di London pun gak kuat dan akhirnya dibeli sama Waterbury Clock Company di under Robert Ingersoll juga di Amerika pada tahun 1992. Lucu sih Ingersol dibeli sama Ingersol.

1930 : LONDON BASED INGERSOLL SOLD TO BRITISH COMPANY

Tapi sayangnya si Waterbury Clock Company under Robert Ingersoll ini gak berhasil memberikan garansi kualitas di pasar Eropa. Maka mereka menjual London Based Ingersoll yang sebelumnya udah dibeli it uke sebuah perusahaan Inggris di tahun 1930. Jadi, ada 2 produsen Ingersol. Yang pertama adalah di Amerika Under Waterbury Clock Company (Owned by Robert H. Ingersoll) sampai 1950’s. Dan yang kedua adalah di Inggris Ingersoll Ltd Under British Company yang terus memproduksi Ingersol sampai dengan sekarang dan inilah salah satunya.

1930 : REGAIN POPULARITY

Pada tahun 1930 Waterbury Clock Company mendapatkan kembali popularitasnya dan melakukan langkah cerdas dengan approaching Walt Disney dan akhirnya dapat licence buat bikin jam tangan Mickey Mouse yang masih menggunakan merek Ingersol.

 

 

 

1933 : MICKEY MOUSE WATCH IN CHICAGO WORLD’S FAIR

Mulailah beredar Mickey Mouse Watch di Chicago World’s Fair pada tahun 1933 dan inilah milestone penting yang bikin kaya lagi dan berada diatas lagi gara-gara Mickey Mouse Watch.

1940 : NEW MANAGEMENT

Berikutnya tahun 1940 adalah tahunnya manajemen baru buat Waterbury Clock Company yang lebih fokus banget bikin jam tangan buat para tantara sampai mendapat award.

1942 : BECAME UNITED STATES TIME CORPORATION

Dan pada tahun 1942, Waterbury Clock Company ganti nama jadi United States Time Corporation.

KOREAN WAR ERA

Masuk ke era perang korea tahun 1944-an, permintaan jam tangan dari departemen pertahanan Amerika menurun drastic. Tapi manajemen baru Waterbury yaitu United States tetap menyakini bahwa dengan harga murah, jam tangannya tetap bisa tahan banting dan akurat dengan menggunakan teknologi Fuse Timer with Armalloy yang lebih kuat dari alloy biasa. Akhirnya US Time masih tetap bertahan dengan tetap membuat jam untuk para perawat dengan harga yang terjangkau. Inilah kali pertama jam mereka menggunakan nama TIMEX.

1948 : COLABORATE WITH POLAROID CORP

Pada tahun 1948 US Time Corporation bekerja sama dengan Polaroid. Polaroid meminta US Time Corporatuon untuk membuat kamera. Dan cukup sukses juga ternyata.

 

1969 : BECAME TIMEX CORPORATION

Kemudian pada tahun 1969 US Time Corporation pun berganti nama menjadi Timex Corporation.

MID 1980’s RE FOCUS TO TIMEPIECES PRODUCTION

Lagi-lagi Quartz Crisis berhasil bikin gonjang ganjing perusahaan jam tangan, termasuk di Amerika juga, begitupun Timex Corporation. Udah gitu, kontrak dengan Polaroid juga kelar, kontrak Walt Disney juga berakhir makanya dipertengahan tahun 1980 mereka memutuskan meninggalkan consumers good dan fokus ke jam tangan. Mereka pun mulai bikin strategi mendevelop baterai movement yang lebih lama. Tetap fokus di durability dan accuracy dengan tetap menyuguhkan harga yang gak mahal.

1986 : IRONMAN TRIATHLON

Akhirnya muncullah TIMEX Ironman Triathlon pada tahun 1986 yang menjadikannya sebagai The Most Successful TIMEX Watch setelah era mechanical movementnya lewat. Si Iromman ini jadi bener-bener best seller watch di Amerika dan bahkan di seluruh dunia.

1992 : INDIGO NIGHT LIGHT

Keputusan TIMEX Corporation buat tetap fokus di jam tangan adalah keputusan yang paling tepat, mereka terus berinovasi dan inovasi berikutnya adalah Indigo Night Light. Sebuah teknologi dial yang bisa menyala dengan terang sekarang banyak diimplementasikan melalui luminous di jam tangan mekanik. Ini adalah inovasi yang sangat revolusioner saat itu dan seketika sangat populer ditambah lagi pas kebeneran tahun 1993 terjadi pengeboman di WTC, beberapa karyawan yang bekerja disana menggunakan TIMEX Indiglo sebagai senter untuk menerangi jalan keluar diantara puing puing dalam kondisi yang gelap. Bahkan, berita ini sampai masuk ke headline.

Sampai sekarang pun masih diproduksi, seperti jam tangan dibawah ini yang tidak mahal. Mungkin, sekitar 500-800 ribuan di beberapa varian yang berbeda.

Overall quality nya pun sangat bagus untuk harga segitu. Dialnya sangat regible, crystalnya clean, jadi dialnya keliatan banget walaupun bukan pake sapphire crystal, simple dial dan semua marker-markernya di print di permukaan warna putih yang bisa menyala. Indeks atau markernya bergaya military indeks, handsnya juga simple dan ini kalo lagi gak nyala dialnya, gak keliatan terlalu special. Semuanya hanya di print biasa. Dan jam tangan ini juga ringan, casenya bukan berbahan stainless steel, namun memiliki finishing yang sangat halus, rapi, dan di sisi satunya cuma ada crown biasa dan sekaligus juga berfungsi sebagai button atau saklar buat nyalain lampu di dialnya.

Flat sandar caseback dengan logo yang sangat rapi. Strap yang terpasang bukan strap bawaannya. Dan terkait dengan movement, mereka Cuma tulis Quartz Analog karena kalo lagi sepi kedengeran banget bunyinya lumayan kenceng. Tapi, kalo soal akurasi gak masalah karena ini quartz movement. Water resistant jam tangan ini cuma 30 meter. Dimensi ini yang gede, diameternya 40mm dengan ketebalan cuma 9mm yang tipis banget. Lug tip to lug tipnya kurang lebih 47mm, dengan lebar lug 20mm dengan bobot ringan 52 gram, dimensi yang pas untuk tangan berukuran 17cm.

Satu yang paling menarik dari jam tangan ini adalah night light, dialnya menyala penuh kalau kalian tekan crownnya. Dan ini cocok untuk dijadikan jam tangan untuk tidur karena dengan kondisi kamar yang gelap kita bisa tahu jam berapa dengan menekan crownnya, dan sama sekali gak mengganggu karena bobotnya yang ringan.

Jam tangan ini worth it dengan harga segitu, tegas di siang hari, tegas di malam hari, akurat dengan Quartz Movement. Kalau ada minor dikit kurang sini kurang sana masih bisa di toleransi dengan harga segitu. Very practical watch.

1991 : TOOK OVER CALLANEN INTERNATIONAL (GUESS & GUESS COLLECTION)

Pada tahun 1991 TIMEX mengakuisisi Callanen Internasional yang merupakan produsennya jam tangan Guess sebagai strategi multibrand tahun 1993. Licence Walt Disney pun akhirnya bisa diambil lagi oleh TIMEX dengan membuat Disney Classic Collection.

1994 : TOOK OVER NAUTICA LICENCE

Lalu pada tahun 1954, TIMEX mengakuisisi Nautica Licence dan mulai memperkenalkan TIMEX Datalink. Lalu pada tahun 1997 TIMEX bikin sub brand yaitu TIMEX Expedition yang kemudian dibeli juga oleh perusahaan Prancis bernama OPEX di tahun 2000. Lalu, di tahun 2002 juga membeli Marc Ecko, tahun 2003 membeli Vertime SA, tahun 2006 membuat TX Watch Company, tahun 2007 membuat perusahaan Sequel AG (Guess & Guess Collection), yang pada akhirnya tahun 2008 perusahaan ini melakukan restrukturisasi memisahkan TIMEX brand dan merek lain yang udah dia beli contohnya merek Guess menjadi dibawah Holding TIMEX GROUP BV  yang membawahi TIMEX GROUP USA, TIMEX BUSINESS UNIT, TIMEX SEQUEL, TIMEX LUXURY DIVISION, dan GIORGIO GALLI DESIGN LAB.

Sebagai grup, TIMEX ini bener-bener gede banget, tapi sebagai brand TIMEX lebih terkenal di jam tangan aja dengan banyak model dan varian dengan desain yang bagus, durability yang bagus, akurasi yang bagus, dengan harga terjangkau.

Oke sekian terkait dengan Sejarah Panjang TIMEX, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menikmati jam tangan apapun yang kalian punya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts: