STRAP JAM TANGAN BISA DIPAKE BOLAK-BALIK ⁉️ HorologyStory X HNMD (Introducing Vice Versa Strap)

Image 3
Review

Kalau kalian bosan dengan jam tangan kalian, terdapat dua solusi untuk mengatasinya. Pertama, adalah membeli jam tangan lagi. Dan yang kedua adalah mendandani lagi jam tangan yang sudah kalian punya dengan menggunakan strap yang bermacam-macam baik dalam segi warna ataupun materialnya. Itulah alasannya mengapa industri strap jam tangan selalu berjalan beriringan dengan perkembangan industry jam tangan itu sendiri. Tapi, banyaknya jenis strap terkadang membingungkan. Ada macam-macam dimulai dari materialnya, warnanya, jenisnya, harganya, dan sebagainya.

Dalam artikel ini akan lebih fokus membahas tentang segala sesuatu yang ada di industri strap jam tangan sebagai penunjang industry jam tangannya itu sendiri. Kita akan membahas tentang custom leather strap dulu. Alasan pertama, karena di Indonesia banyak strap maker atau para pembuat strap untuk jam tangan dan biasanya mereka menjalankannya dalam sebuah usaha berskala mikro. Kedua, masih banyak orang-orang di Indonesia yang belum memahami secara detail terkait custom strap. Dan yang ketiga adalah strap jam tangan merupakan perpaduan antara seni dengan keterampilan, ditambah dengan pengetahuan dari jam tangan itu sendiri. Jadi, strap jam tangan dan jam tangan itu sendiri adalah dua karya seni yang dapat dipandang dari sudut pandang yang berbeda.

Disamping keterampilan mereka yang bisa membuat custom leather strap, mereka juga punya kemampuan untuk membangun sebuah system produksi yang integrated. Sehingga, proses pembuatan custom leather strapnya jauh lebih cepat. Mereka dapat menyelesaikan hanya dalam waktu 3 hari untuk pemesanan custom strap mereka dengan kualitas dan quality control yang bagus. Mereka bernaung dalam sebuah perusahaan bernama HNMD. Perusahaan ini diberi nama HNMD karena merupakan kepanjangan dari Hand Made. Jadi, semua strap yang mereka buat adalah 100% hand made yang sangat affordable untuk custom leather strap jam tangan.

Sedikit background tentang HNMD ini, berawal dari sebuah obrolan di garasi yang dibangun oleh tiga orang bernama Fajar, Boulder, dan Azam yang berniat untuk membuat leatherwerks bernama HNMD. Alasannya sesimple mereka melihat sebuah peluang yang bagus untuk mengembangkan industry custom leather strap yang terus meningkat seiring dengan perkembangan dunia jam tangan dan fashion. Dan mereka juga melihat ada flows dalam industry custom leather strap yaitu proses pengerjaan yang biasanya memakan waktu yang cukup lama, rata-rata dua minggu sampai dengan satu bulan dari sejak order customer baru akan terima custom leather strap. Kemudian, mereka mulailah membuat sebuah system produksi yang integrated. Proses pembuatan customnya tidak dibuat oleh satu orang dari a sampai z, tapi dibuat system integrated sehingga mampu membuat waktu produksi yang jauh lebih singkat hanya tiga hari dengan tetap memiliki kualitas yang bagus untuk membuat sebuah strap jam tangan pesanan customer. Selain itu, mereka juga mengerti detail-detail jam tangan, sehingga hasilnya memiliki kualitas bagus, detailnya juga bagus, fitmentnya bagus dengan price point dibawah rata-rata harga pasar custom leather strap. Saat ini mereka sudah menjual sebayak 20.000 lebih custom strap yang mereka buat ke-11 negara, yaitu diantaranya Amerika, Inggris, Italy, Germany, Canada, dan local market di Indonesia. Lini produknya juga udah banyak dan mereka saat ini masih fokus di digital market platform seperti Tokopedia dan websitenya masih di develop kata mereka.

Sekarang kita lihat storenya di Tokopedia HNMD leatherwerks. Saat ini, mereka fokus ke material non eksotik seperti calfskin, dan harganya untuk custom strap hand made sangat murah. Rata-rata mungkin 79 sampai dengan 99 US dollar atau 700-1 juta rupiah yang kualitasnya bagus dan 100% hand made. Setelah dipegang pun, secara fisik kualitasnya bagus. Kemasannya kotak dengan logo HMND yang simple dan tegas, didalamnya dikasih pouch lagi dan ada juga strap remover dengan regular box cukup nice dan detail. Dan inilah beberapa strap kreasi dari mereka.

 

Yang coklat merupakan material calfskin yang keren dan rapi.

Dari semua strap yang mereka kirim, ada beberapa highlight untuk HNMD ini. Pertama yaitu memiliki finishing yang rapi banget. Kedua, yaitu stitchingnya rapi. Gambar diatas bertema vintage jadi minimalis stitches. Sedangkan yang dibawah ini full stitch dan dibuat sangat rapi. Dimana, ini merupakan hand stitching atau manual stitching bukan dijahit oleh mesin.

Ketiga, yaitu Edge nya sangat rapi dan di coating dengan sangat baik.

Keempat, liningnya bagus dan hal ini merupakan yang penting karena bersentuhan langsung dengan kulit kalian.

Dan HNMD ini tidak sayang bahan, bagian belakangnya atau liningnya memakai material yang sama, bukan kulit tipis yang asal-asalan yang gampang rusak ketika dipakai dan bersentuhan dengan kulit dalam waktu yang cukup lama.

Branding mereka pun oke di bagian liningnya, stampnya sangat rapi.

Kelima, yaitu holesnya yang terlihat rapi membentuk garis yang lurus.

Keenam, strap ini lentur atau tidak kaku. Walaupun materialnya menggunakan bahan yang sama dan sangat nyaman dipakai.

Ketujuh, yaitu keepernya yang presisi. Buatan HNMD ini very nice, ukurannya pas, fitmentnya pun pas ditambah dengan aksen garis yang bagus. Jadi, ketika memasukkan strap yang satunya fitmentnya bagus.

Dan yang terakhir yaitu mekanisme Quick Release yang penting untuk sekarang ini karena orang punya kecenderungan untuk ganti strap dan dengan fitur quick release akan lebih memudahkan untuk mengganti strapnya. Selain itu, spring bar juga terkadang menjadi isu.

Saat ini mereka memiliki banyak varian, ada vintage, flat strap, full stitching, faded strap, bahkan mereka juga bikin yang full fading yang artinya seluruh bagian strapnya gemuk dari atas sampai bawah.

Strap model baru yang akan mereka launching. Calfskin leather strap berwarna merah yang special karena strap ini kalian bisa pakai bolak balik. Bisa kalian pakai sisi merahnya sebagai main color, dan bisa menggunakan sisi satunya lagi yang warnanya beda. Ada warna hitam, blue, dan green. Mereka menyebut model strap baru mereka akan launching dengan nama Vice Versa dan bisa menghemat satu strap. Bisa dibuat Red-Blue (Pepsi), Red-Black, Red-Green, dan lain-lain. Dan bisa di mix menjadi tiga kombinasi untuk gonta ganti.

Ide dibalik model Vice Versa ini ketika membeli 1 strap, jadi 2-3 kombinasi warna. Kalau kalian memiliki jam tangan pepsi atau warna apapun, cukup punya 1 strap Vice Versa, kalian bisa kombinasikan warnanya. Menghemat beli 1 strap. Dan material yang digunakan adalah Buffalo Calf Leather yang unik dan Teknik finishingnya disebut Vegetable Tanned yang 100% bisa dibuat dengan Teknik finishing vegetable tanned yang mampu memberikan aksen warna yang keren dengan material yang lentur dan tidak meninggalkan bekas walaupun bersentuhan dengan kulit tangan kalian dalam periode yang cukup lama.

Yang ini misalnya merupakan kombinasi Red-Blue, main colornya adalah red dan jahitannya mengacu ke warna main colornya adalah red, sementara sisi satunya adalah warna blue. Untuk keepernya mereka kasih 2, satu keeper warna merah dan satu keeper warna blue makanya mereka pakai loose dengan ukuran lebar agar cukup satu keeper saja. Lalu diatas keepernya di stamp dengan sangat rapi yaitu Vice Versa dan menggunakan push pin buckle.

Dipakainya nyaman, ukurannya pas, karena ini memang dibuat khusus biar pas untuk ukuran tangan yang di custom 17cm.

Atau bisa diubah warna bluenya diluar dengan jahitan warna merah dan dasar berwarna biru. Atau kalian bisa mix yang Panjang berwarna red dan yang pendek berwarna blue. Cukup antic dan belum pernah ditemukan antimainstream. Vice Versa ini tidak menggunakan Quick Release karena kulitnya bisa dibolak balik dan dual tone edge sesuai dengan yang kalian pilih dan sangat detail.

Ketika digunakan di jam tangan Reise yang tampilannya menarik seperti ini.

Tampil beda dengan perpaduan aksen warna yang nyentrik tanpa kehilangan unsur warna greennya.

Dan yang tampilan selanjutnya yaitu Red-Black seperti gambar dibawah ini.

Menariknya, meskipun sudah dipakai lama, tidak meninggalkan bekas pemakaian di kedua sisinya. Jadi materialnya memang dipilih untuk memiliki ketahanan yang lebih baik.

Diluar dari kualitasnya, ide Vice Versa ini adalah ide yang bagus banget, unik, dan pas banget buat kalian yang punya jam tangan yang memiliki aksen warna berbeda-bed jadi dapat menghemat 1 strap jam tangan. Walaupun warna memang lagi-lagi ke masalah selera karena tidak semua orang suka warna merah, makanya mereka sedang mendevelop warna-warna yang lain.

Produknya sudah mereka listing di Tokopedia. Dan terkait dengan harga, Vice Versa membutuhkan sedikit effort yang lebih. Lebih detail, proses pewarnaan, jahitan, dan lain-lain. Namun, harga yang mereka publish cukup reasonable yaitu sebesar Rp 799.000 kalian sudah bisa mendapatkan sebuah strap dengan ide yang fresh dan dapat kalian kombinasikan warnanya menjadi dua atau tiga kombinasi. Selain itu, kualitasnya pun bagus 100% hand made bisa di custom sesuai ukuran kalian dan sangat worth it.

Semoga artikel ini bermanfaat dan untuk Vice Versa di HNMD, Congratulation for your Vice Versa, great idea, good job, dan ditunggu varian-varian warna yang lainnya.

Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya !!!

 

Related Posts: